Berjualan Zam-Zam Time Usai Kuliah

Untuk memulai sebuah usaha kita tidak perlu memikirkan rugi atau gagal menjalani sebuah usaha. Seharunya kita harus coba dan terus mencoba apapun resikonya pasti akan ada jalan keluarnya, bukan hanya itu aja, yang membuat banyak orang beralasan untuk tidak memberanikan diri untuk usaha seperti tidak punya modal besar untuk membangun sebuah usaha diawal.  Seharusnya untuk memulai usaha, kita bisa belajar terlebih dahulu kepada orang lain agar memudahkan kita untuk membuka usaha di kemudian harinya, setelah sekiranya kita memahami dasar dasar usaha, salah satunya seperti mempromokasikan suatu benda atau makanan yang kita akan jual kepada orang lain, dengan system poster atau mengupload ke sosial media agar orang lain mengetahui apa yang kita usahakan / jual.

Sebagai contohnya, seperti saya sendiri yang mencoba untuk belajar berujualan Zam-Zam time setelah selesai kuliah. Awal mulanya saya mencari sebuah loker di daerah Purwokerto dengan satu alesan untuk belajar berjualan, setelah berjalanya waktu saya mendapatkan konfirmasi bahwa saya dapat undangan untuk wawancara di sebuah tempat, tak lama kemudian saya di nyatakan lulus wawancara dan diarahkan unuk training. 

Kenapa kita harus training terlebih dahulu? Karena dengan kita mengikuti training dalam kerja atau usaha orang lain, kita bisa tau bagaimana cara berjualan dengan baik dan bener, setalah selesai tahap awal untuk masuk dalam dunia jualan, saya pernah menglami suatu kesalahan ketika berjualan menurut saya kecil tapi beresiko, mungkin ada beberapa juga penjual yang mengalami kekurangan uang saat mengitung omset harian entah itu kurang sedikit atau banyak, mungkin beresikonya ya bisa mengalami kerugian itu kita sendiri yang itu melakukan kesalahan seperti ceroboh atau tidak teliti dalam melalukakan jual–beli. Jika itu terus menerus terulang kesalahan yang sama akan berisoko fatal seperti akan mengalami saat kritis uang karena kerugian. Dan berakibat bangrut. Apa lagi jika kita kerja untuk orang lain dalam berjualan dan sering melalukakan kesalahan berulang kali mungkin akan di pecat dan mengganti uang kerugian.

Jika melakukan kesalahan seperti salah satu yang pernah saya alami atau kebanyakan orang dalam berrjualan, Sebaiknya jangan panik dalam mengerjakan sesuatu yang akan merugikan diri kita sendiri dan lebih teliti apa yang sedang dikerjakan apakah ada kekurangan atau masalah maka jangan ceroboh, jika emang ada masalah lebih baik di diskusikan bagaimana caranya menyelesaikan masalah yang terjadi. Jika kesulitan atau permalasahanya untuk membangun suatu usaha karena modal yang cukup banyak, maka kita bisa membangun usaha atau kerja sendiri itu dengan menjalin kerja sama antara teman atau orang lain yang ingin menjalin kerja sama. Kemungkinan hasil pendapatan akan di bagi dua.

Mungkin bukan hanya soal keuntungan dalam soal uang tetapi yang menonjol adalah seberapa besar posisi, kita dengan kemauan untuk menjalani sebuah usaha. Soal hasil itu bisa kita sampingkan terlebih dahulu, Karena hasil bisa mengikuti ketika usaha itu sukses nantinya.

Dalam suatu usaha ada yang namanya prinsip yang kebanyakan orang usaha sudah memahami yaitu A T M atau S W O T, untuk A T M kepanjangan dari  ( Amati ) seperti yang saya jelaskan di awal bahwa langkah awal menjalani usaha kita mengamati apa yang di liat dan telah kita kerjakan dengan orang lain terlebih dahulu. Setelah itu kita bisa ( meniru ) usaha yang bisa kita lola sendiri dengan system yang kita kelola, mungkin jika mempunyai imajinasi untuk mengelola usaha tersebut, kita bisa aja (memodifikasi usaha ) dengan system atau layanan menjadi menarik maka akan menambah pelanggan.

S W O T adalah kepanjangan dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), Threatsss (ancaman), Mungkin SWOT di anggap bisa menganalisis praktis yang berguna untuk meningkatkan kinerja seseorang untuk mencapai target yang sesuai dengan ketentuanya. Dengan kita memahami cara cara SWOT mungkin akan memudahkan kita menjalankan usaha, Untuk menjalan sebuah usaha seharusnya mencari tempat yang strategis agar terlihat mudah dan enak ditemukan lokasinya.

Jika usaha itu memiliki harga yang cocok untuk bisa dijual oleh pelanggan maka kemungkinan akan ramai. Berwirausaha memiliki ancaman yang dapat membuat usaha kita bangkrut, seperti persaingan dengan industri besar atau bisnis makanan kekininan yang semakin berkembang dan meluas. Sebaiknya jika ada persaingan maka solusinya kita harus mengubah stretegi agara tidak tersaingi dengan cara mengamati sekitara atau meminta saran kepada orang lain yang menurutnya itu ide terbaik, jangan pernah menyerah jika terjadi kendala atau ancaman yang merugikan maka cari solusi bersama. Berwirausaha itu seperti rota berputar kala di atas dan juga dibawah kemungkinan ada sesuatu yang salah yang harus di perbaiki. Sering terjadi permasalahan seperti menurunya penghasilan Karena di sebabkan oleh konsumen yang bosen dengan cara yang seperti itu.

Jangan takut untuk melangkah mengambil tindakan, seorang yang beriwirausaha itu sebagaian berani mengambil tindakan karena suka tantangan, Dalam dunia usaha ada namanya gagal mungkin adanya kegagalan kita sebaiknya mencoba lagi karena semua butuh proses dan  untuk mencapai sebuah kesuksesan tidak bisa instan. Sebaiknya di persiapkan matang–matangg apa yang harus di rancang terlebih dahulu agar memudahkan menjalani usaha di awal. Rancangan persiaapan awal membuat usaha atau menjalani seperti mempromosikan dan membuat target pasar yang mencakup luas kemungkinan suatu saat nanti akan ada daya tarik penasaran dengan yang di promosikan. Seperti saya sendiri yang belum tertaarik dengan suatu usaha, tetapi setelah saya mengetahui ada promosi yang di buat oleh pemilik Zam-Zam time maka saya mencoba mendaftarkan ke informasi yang di promosikan.

Awal saya mencoba ada rasa takut dan khawatir apakah saya bisa menjalani atau tidak, Seiring waktu saya mulai berani unuk berkerja agar saya mendapatkan pengalaman dan cara berusaha dari yang tidak mengerti apa yang di lakukakn berjualan, Ternyata kalau kita bisa menyeselesaikan suatu kendala dan memberanikan diri maka usaha itu akan berjalan dan berkembang, atau suatu saaat ini saya berencana membuka sendiri usaha dan memodifikasi apa yang harus dikembangkan metodenya di suatu saat nanti.

Penulis : Jericho Gaza Palestine (mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama