Pentingnya Pendidikan Sejak Usia Dini

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk kita ketahui, karena pendidikan merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang dan seluruh insan yang ada di dunia ini. Jika kita membahas tentang pendidikan apalagi di Negara kita ini di Indonesia mau tidak mau kita berkata tentang kemajuan suatu bangsa. Pendidikan merupakan salah satu upaya agar tidak terjadi suatu kebodohan dan kemiskinan pada Negara kita Indonesia ini.  Bangsa yang sangat maju menjadikan salah satunya bukti daripada keberhasilan pendidikan di Negara tersebut. Dan pendidikan yang diselenggarakan memang untuk menyusun kecerdasan suatu bangsa. Dan sedangkan masih amat sangat banyak sekali masyarakat di Indonesia ini terutama di seluruh pelosok kesulitan untuk mendapatkan akses pendidikan. Tata letak masyarakat pelosok ini yang cukup terpencil sehingga tidak dapat dijangkau. Lalu, dengan adanya ini maka kita sebagai salah satu generasi penerus bangsa ini harus mejadikan satu masalah ini sebagai dorongan bagi kita agar mencari cara agar bangsa Indonesia ini sebagai bangsa yang maju akan pendidikan yang kita capai.

Pendidikan merupakan hal yang penting bagi kehidupan kita yang berarti bahwa setiap manusia harus mempunyai ataupun mendapatkan dan mengharapkan untuk selalu berkembang dalam pendidikan. Pendidikan secara umum yang berarti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupannya. Seperti yang kita ketahui bahwasannya pendidikan itu bisa kita dapatkan di mana saja dan kapan saja dengan waktu yang kita mau, hanya saja semua tergantung lagi pada diri kita masing-masing. Banyak cara untuk kita mendapatkan pendidikan salah satunya yaitu dengan adanya niat dari diri kita masing-masing untuk tetap berjuang dan mendapatkan pendidikan tersebut.

Pendidikan mempunyai dampak yang sangat besar dan berpengaruh dalam perkembangan masa depan kita. Tidak hanya berdampak untuk diri sendiri tetapi berdampak juga bagi bangsa kita Indonesia ini. Bagaimana pun cara yang kita punya untuk menempuh pendidikan tersebut, asalkan kita niat, mau, tidak putus asa dan serius dalam menjalankannya maka sangat berdampak besar bagi diri sendiri, masa depan, orang lain bahkan untuk Negara republik Indonesia ini.  Sehingga dengan pendidikan yang kita dapatkan setiap orang mampu menata masa depannya dengan baik.

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi setiap individu dan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi dalam kehidupan bermasyarakat. Dan pada dasarnya pendidikan merupakan salah satu proses untuk membantu setiap manusia dalam mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya sehingga mampu menghadapi setiap perubahan yang terjadi dalam kehidupan. Pendidikan merupakan peranan yang sangat penting bagi perilaku dan kehidupan manusia. Karena pendidikan jika tidak kita tanamkan pada sejak dini, maka kita tidak akan mengerti tentang dunia pendidikan.

Seperti yang saya tahu bahwa pendidikan tidak hanya bisa kita dapatkan di sekolah saja, tetapi kita juga bisa mendapatkannya melalui masyarakat, lingkungan, keluarga dan tempat lain sebagainya. Pendidikan disekolah mempunyai tujuan utama yaitu memberikan pendidikan untuk bisa membentuk karakter atau kepribadian bagi diri kita agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan menjadi senjata bagi kita untuk ke depannya. Contohnya yaitu kita diajarkan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi berdasarkan keyakinan kita masing-masing individu. Dengan pendidikan di sekolah yang kita dapatkan kita bisa lebih mengerti tentang pentingnya pendidikan di sekolah dan juga mendapatkan tabungan untuk bisa menjadi generasi muda yang lebih baik lagi dan bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, bangsa dan Negara kita ini.

Pendidikan sendiri mempunyai fungsi yang sangat banyak yaitu untuk membentuk diri yang baik dalam kemampuan, etika, akhlak untuk menjadikan pribadi yang lebih baik lagi. Pendidikan merupakan sarana dalam mengahdapi kehidupan bermasyarakat karena bukan hanya tentang penegtahuan melainkan meliputi dalam lingkup etika, sosial maupun adab kita dalam kehidupan bermasyarakat. Dan dalam berkehidupan bermasyarakat kita harus saling mengerti satu sama lain agar selalu hidup rukun dan selalu menjalin hubungan yang baik dari setiap inividu lainnya. Setiap manusia yang berpendidikan atau berilmu pasti akan berbeda dengan manusia yang tidak berpendidikan atau berilmu. Dapat kita bedakan dalam segi berperilaku, bersikap, bertutur kata yang sopan dan cara berfikir dengan apa yang dia dapatkan.

Betapa pentingnya pendidikan terhadap masyarakat sekitar, sebagai pendidik pun kita juga harus bisa menjadi seorang pendidik yang baik dan harus pintar-pintar dalam berpendidikan, supaya agar ilmu yang kita dapatkan bisa memperoleh banyak manfaat dan bermanfaat bagi diri kita sendiri, maupun untuk orang lain. Karena pendidikan merupakan hal yang penting dalam kehidupan kita. Dengan pendidikan kita bisa mengetahui tentang bagaimana bisa mencapai ide yang baik, juga banyak ide kreatif yang bisa kita tuangkan maupun kita gunakan dalam berkehidupan di dalam bermasyarakat.

Manusia mutlak ada dan menjadi semakin manusiawi karena pendidikan. Manusia terlibat langsung dalam pendidikan dan pembelajaran sejak lahir. Ia mencapai tingkat kedewasaanya di bawah asuhan, pendidikan dan pelatihan dari orang tua, keluarga, masyarakat dan lingkungan hingga mencapai mengembangkan potensi kemandirian dirinya sendiri. Seluruh umat manusia sangat membutuhkan pendidikan karena melalui pendidikan manusia mampu mengatur, mengontrol dan menentukan siapa dirinya sendiri yang sebenarnya. Pendidikan juga dapat membimbing kepribadian seseorang dengan baik. Dan seperti yang kita tahu bahwasannya manusia secara keseluruhan dapat melaksanakan pedidikan.

Tanpa kita sadari bahwa setiap orang dapat memperoleh pendidikan dari pengalaman sehari-harinya dalam keadaan sadar ataupun tidak sadar yang akan berlangsung seumur hidup. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan kita, hal ini mengartikan bahwa setiap umat manusia berhak mendapatkan dan berharap untuk selalu berkembang dalam pendidikan. Dan pendidikan juga merupakan suatu proses dalam kehidupan untuk mengembangkan diri dan untuk hidup dan melangsungkan kehidupannya masing-masing. Pendidikan juga dapat meningkatkan kualitas diri serta mampu juga memberikan manusia atau menuntun untuk menjadi manusia yang jauh lebih baik lagi.

Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam upaya peningkatan sumber daya manusia kea rah yang lebih baik. Pendidikan juga mempunyai peran di masa depan yaitu seperti untuk membentuk SDM yang berkualitas. Dengan adanya pendidikan, bangsa kita tidak lagi tertinggal jauh namun memiliki masa depan yang cerah. Sistem pendidikan yang baik, maka akan menciptakan SDM yang unggul dan membuat suatu Negara menjadi maju dan baik. Semakin rendah kualitas sistem pendidikan suatu Negara maka Negara tersebut akan semakin terbelakang sebaliknya jika semakin tinggi kualitas pendidikan suatu Negara maka Negara tersebut akan menjadi lebih baik dan lebih maju.

Penting atau tidaknya suatu pendidikan bisa terlihat dalam aspek kehidupan dan sangtlah penting bagi tumbuh kembangnya suatu bangsa ataupun Negara. Dengan ini orang-orang dapat menjadi warga Negara yang lebih baik dan mengetahui mana yang benar dan mana yang salah, dan bisa memungkinkan masyarakat agar yang lebih baik dimana hukum dipatuhi dan ditaati. Pendidikan sangatlah penting untuk kemajuan suatu bangsa. Pendidikan merupakan sumber dari segala sumber kemajuan bangsa karena dengan melalui pendidikan kualitas sumber daya manusia maka bangsa tersebut dapat ditingkatkan lagi kualitasnya dan sumber daya manusia nya merupakan aset yang paling utama dalam membangun suatu bangsa ataupun suatu Negara.

Pada generasi muda untuk saat ini pendidikan adalah tujuan yang paling utama untuk kita pahami dan kita ketahui, karena di zaman sekarang ini masih banyak sekali hal-hal yang tidak berkenan dalam kehidupan bermasyarakat ataupun dalam lingkungan, sekolah dan bermasyarakat. Karena peran generasi muda saat ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan masa depan sebuah bangsa, yang menjadi dasar dalam pendidikan disini yaitu menanamkan pendidikan karakter pada para genarasi muda untuk masa yang akan datang. Dengan pendidikan karakter ini menanamkan nilai-nilai karakter yang mempelajari tentang penegtahuan, kemuan dan tindakan untuk melaskanakan nilai-nilai tersebut. Dengan pendidikan karakter ini memiliki tujuan untuk membentuk individu menjadi pribadi yang lebih baik lagi untuk kedepannya.

Pendidikan itu sangatlah penting bagi semua orang, yang bertujuan untuk mencerdaskan dan mengembangkan potensi dalam diri seseorang , dengan semakin tumbuh dewasa dan berkembang setiap individu lebih bisa memiliki pengetahuan dan kreativitas yang lebih luas, mempunyai kepribadian yang lebih baik lagi juga lebih menajdi pribadi yang lebih bertanggung jawab. Sehingga dengan pendidikan orang mampu untuk menata masa depannya dengan baik dan bijaksana , berfikir lebih kritis dalam memecahkan suatu masalah yang terjadi dalam kehidupannya.

Oleh karena itu, kita hendaknya kita harus menyadari betapa pentingnya pendidikan tersebut bagi setiap individu dan kelangsungan masa depan kita nantinya. Dan kita sebagai umat manusia terpelajar harus memahami betul tentang pentingnya pendidikan secara umum ataupun secara formal ataupun nonformal. Dan secara sederhana dapat kita simpulkan bahwa pendidikan yaitu merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan kita, yang berarti bahwa setiap manusia berhak mendapatkan dan menharapkan untuk selalu berkembang dalam pendidikan. Dan dapat mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupannya untuk selanjutnya dan masa depannya.

Penulis : Irfa Umi Chasanati (mahasiswa Pendidikan Agama Islam/Universitas Muhammadiyah Purwokerto)





2 Komentar

  1. Nama: Evan Alesandri Wibowo
    NIM: 1902010932

    Dapat kita simpulkan bahwa memang pendidikan adalah suatu hal yang sangat di butuhkan dan penting bagi setiap individu dalam bre proses untuk menjadi manusia yang baik dan bermanfaat di masa depan, dengan mendapatkan pendidikan yang baik dan layak akan memudahkan kita untuk bertumbuh dan berkembang sesuai dengan masanya. Pendidikan tidak selalu kida dapat di sekolah atau pendidikan secara formal saja, pendidikan juga bisa kita dapat dari orang orang yang berada di sekitar kita misalnya dari orang tua, kakak, atau saudara yang ada di sekeliling kita, maka dari itu kita harus berprilaku dan memiliki tutur kata yang baik sehingga orang orang yang berada di dalam lingkungan kita bisa menjadi orang yang baik di masyarakat kelak.

    BalasHapus
  2. Nama: Alfin Nuha
    NIM : 2103030006
    Prodi : Teknik Elektro

    Menurut saya pentingnya pendidikan sering kali disepelekan. Selain menjadi sarana untuk menambah wawasan, pendidikan pun dapat mengasah kemampuan dalam menyelesaikan masalah, meningkatkan perekonomian, hingga menciptakan kesempatan kerja yang lebih baik dan juga Pendidikan di usia dini dapat menstimulus perkembangan emosional anak dan intelektual anak. Karena anak akan belajar bagaimana untuk bersabar, mandiri, serta bergaul dengan orang lain.Pentingnya pendidikan tidak boleh diremehkan dan perlu ditanamkan sejak dini.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama