Berwirusaha Butuh Jam Terbang

Kewirausahan bagi saya merupakan upaya yang dilakukan untuk mengembangkan suatu usaha yang didirikan. Ada beberapa jenis kewirausahaan menurut saya, ada yang dilakukan dalam skala kecil dalam hal ini pribadi, ada juga dalam skala besar seperti PT. Contoh kewirausahaan dalam skala kecil adalah kegiatan UMKM seperti berjualan makanan kecil, toko kelontong, dll. Sedangkan contoh kewirausahaan dalam skala besar yaitu seperti pabrik sepatu, tas, jeans, dll.

Dalam kegiatan ini memerlukan jam terbang serta pengamatan yang jeli dalam melihat peluang dan mengerti cara merealisasikan apa yang dipikirkan secara baik dan bijak. Biasanya suatu kegiatan wirausaha menggambarkan pemilik atau pendirinya. Seperti hobi atau kegemaran dari pemilik usaha atau juga bisa saja lewat keturunan dari orang tua, dapat juga terpengaruh oleh daerah tempatnya tinggal. Para wirausahawan selalu berada di bawah tekanan ketidakpastian dan risiko keuangan cukup besar. Wirausahawan bisa menjalankan usahanya sendirian atau bermitra dengan pengusaha lain untuk mendirikan bisnis bersama-sama.

Kegiatan kewirausahaan dapat mewujudkan impiannya yaitu mengembangkan usahanya jika produk yang dihasilkan sesuai dengan apa yang diharapkan dalam hal ini harapan pemilik usaha dan juga pembeli. Dalam mewujudkan impian tersebut seseorang yg terjun dalam bidang kewirausahaan harus bisa memanfaatkan sumber daya yg ada secara maksimal dan effisien dalam hal ini sumber daya alam yg digunakan sebagai bahan, maupun sumber daya manusia yang ada. Tetapi sebagai pelaku bisnis seseorang yang terjun dalam bidang kewirausahaan harus dapat mengelola bisnisnya, serta mencari peluang untuk memasarkan produknya agar usahanya terus mendapatkan keuntungan serta berkembang.

Sebagai suatu bentuk upaya tentu saja kewirausahaan memiliki banyak resiko yang dapat muncul sewaktu waktu. Seseorang yang terjun dalam bidang kewirausahaan harus berani dan juga siap untuk menghadapi segala resiko yang ada. Selain itu, seorang wirausahawan atau pengusaha juga sebaiknya mampu menerima masukan, baik itu kritik maupun saran dari orang-orang di sekitarnya. Dengan kritik itulah, biasanya sebuah bisnis bisa tumbuh semakin besar. Selain berani mengambil resiko harus ada pun dorongan lain dari dalam diri seperti rasa ingin tahu , menguji, dan juga beresksperimen untuk menciptakan hal hal baru agar usahanya bisa terus ada ditengah perkembangan yang semakin pesat.

Perkembangan pesat tersebut  mendorong seseorang yang terjun dalam bidang kewirausahaan harus jeli dalam menggunakan media internet yang sekarang menjadi fokus utama semua pelaku wirausaha yang menginginkan barangnya laku dan cepat terjual. Perkembangan suatu kegiatan wirausaha selain dipandang dari diri sendiri dapat juga dilihat dari sisi lain seperti kemakmuran pegawai, menumbuhkan ekonomi bagi warga sekitar, serta dapat mengembangkan Sumber Daya Manusia yang berkecimpung di dalam-Nya. Selain pemilik usaha ada juga peran dari seorang investor atau penyumbang dana. Investor sangat berpengaruh dalam kelancaran suatu kegiatan wirausaha. Baik itu untuk pembelian bahan baku, maupun untuk pengadaan inovasi atau pengembangan kegiatan wirausaha.

Dalam menjalankan kegiatan wirausaha lebih baik memisahkan uang pribadi dan juga uang modal yang sudah dipersiapkan untuk menjalankan wirausaha, agar mengetahui sudah seberapa besar perkembangan dari usaha tersebut. Manfaat kewirausahaan selain dapat meningkatkan taraf hidup pelakunya juga dapat menumbuhkan sifat jujur juga dapat menghasilkan manusia yang berorientasi ke depan dalam hal ini tidak merasa aman dan nyaman saja dengan keadaannya saat ini.

Segala bentuk upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup/upaya untuk bertahan hidup dan juga meningkatkan taraf kehidupan dapat disebut kegiatan kewirausahaan, maka kewirausahaan dapat juga diartikan kegiatan seseorang atau sekelompok orang yg berusaha memenuhi kehidupan dan juga meningkatkan taraf hidupnya dengan menggunakan keahlian/kemampuannya.

Bagi saya kegiatan kewirausahaan memerlukan beberapa modal seperti kemauan untuk terjun dalam suatu kegiatan jual beli, modal yang cukup untuk mempertahankan usahanya ketika tidak stabil, realistis dalam menjalankan suatu usaha seperti mengikuti perkembangan zaman dan juga mengikuti keinginan pasar yang ada.

Kegiatan kewirausahaan juga dapat memancing pertumbuhan ekonomi sekitar seperti memunculkan usaha usaha kecil, dan juga meningkatkan semangat dalam berinovasi secara cepat di era modernisasi seperti sekarang ini. Sekedar sekelas info dari saya di era pandemi seperti sekarang banyak jenis usaha yang mengalami perubahan dan juga perkembangan dengan semakin banyaknya jenis usaha dari mulai usaha kecil sampai usaha yang berskala besar.

Usaha usaha yang saya maksud di atas relatif memerlukan modal yang kecil jadi siapa saja dapat memulai kegiatan kewirausahaan dari diri sendiri atau dapat juga melibatkan orang orang terdekat untuk lebih meringankan modal dan juga meminimalisir resiko kerugian. Sekian pendapat saya tentang kegiatan kewirausahaan, sebagai penerus bangsa alangkah lebih baiknya kita dapat lebih jeli dalam melihat peluang yang ada agar dapat menjalankan kegiatan wirausaha yang bisa menambah pengalaman serta dapat meningkatkan taraf hidup kita sendiri dan juga orang orang di sekitar kita.

Penulis : Suci Ramdhani Wulan (Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama