Dampak Kenaikan BBM Bagi Masyarakat

Di tahun ini masyarakat indonesia dikabarkan tentang kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM). Kenaikan BBM ini menimbulkan pro dan kontra pada masyarakat Indonesia khususnya masyarakat yang notabenya menengah kebawah, kenaikan BBM sekarang melonjak tinggi sehingga membuat masyarakat tidak terima dengan kenaikan BBM saat ini. Karena yang sangat terdampak dari kebijakan ini adalah masyarakat, wajar jika masyarakat tersebut itu bereaksi/merespon dengan cepat seperti melakukan demo,protes besar besaran, dan berkomentar di semua media social mereka. Karena saya sendiri juga merasakan dampak tersebut.

Karena menurut saya kebijakan tersebut kurang tepat, dampaknya juga terlalu besar bagi masyarakat. Contohnya, jika harga BBM naik otomatis semua harga kebutuhan pokok menjadi ikut naik misalkan tarif transportasi, sembako, tagihan listrik, dll dan itu sangat merugikan masyarakat. Banyak masyarakat yang mengeluhkan hal itu. Dan mungkin bagi Sebagian orang yang notabenya berada hal itu tidak masalah bagi mereka. Dampak kenaikan BBM juga berpengaruh pada hal negative terhadap ekonomi , apalagi ditahun sekarang Indonesia baru saja pulih dari pandemic yang mana masih banyak pengangguran korban PHK. Dan sekarang ditambah dengan naiknya harga BBM, disituasi seperti sekarang ini yang akan menimbulkan angka kriminalitas yang tinggi.

Harga tarif transportasi umum pun sekarang naik karena kenaikan BBM ini, misalnya seperti angkot itu juga merugikan orang yang jika berpergian menggunakan transportasi umum, apalagi jika ada orang yang berangkat dan pulang kerja menggunakan transportasi umum itu sangat terlihat perbedaan hargannya. Kenaikan BBM ini juga menyebabkan antrian panjang di semua SPBU. Banyak juga pengendara yang memakai kendaraan pribadi (mobil pribadi) mereka malah mengisi BBM nya diantrian subsidi (pertalite), menurut saya hal itu yang membuat tidak adil karena yang seharusnya mereka pakai khususnya mobil pribadi tidak berada diantrian BBM subsidi (pertalite) dan mereka juga rela antri padahal jalur khusus mobil pribadi masih ada yang kosong. Kenaikan harga BBM akan berdampak beberapa hal pada masyarakat menengah ke bawah :

Pertama, timbulnya penurunan daya beli karena dampak pendapatan yang secara riil mengalami penurunan, meskipun bebannya akan berbeda menurut kelas pendapatan rumah tangga. Khususnya kelompok rumah tangga terbawah/miskin yang tidak memiliki ruang yang cukup untuk menghadapi masalah tersebut.

Kedua, kenaikan harga BBM akan menaikkan harga-harga bahan pokok lain yang tentu memberatkan bagi masyarakat menengah ke bawah yang masih dalam proses pemulihan ekonomi setelah terdampak adanya pandemic Covid-19 dan PHK.

Ketiga, pada aspek sosial masyarakat mendorong peningkatan angka pengangguran. Pasalnya, BBM merupakan bahan dasar operasional perusahaan, dengan adanya kenaikan harga maka akan membebani biaya produksi. Untuk pertimbangan efisiensi produksi, maka pilihan yang harus diambil perusahaan adalah menghentikan proses perekrutan karyawan baru hingga terpaksa pemutusan hubungan kerja (PHK). Sehingga berpotensi meningkatkan angka pengangguran.

Keempat, dengan meningkatnya angka pengangguran, maka akan berujung pada peningkatan juga tingkat kemiskinan Indonesia dan kriminalitas

Dan kenaikan harga BBM juga tidak hanya berdampak pada masyarakat saja tetapi mahasiswa pun merasakan dampak ini, karena kenaiakn BBM banyak mahasiswa yang ikut aksi dalam kenaikan BBM ini. Sejumlah mahasiswa mendorong agar pemerintah mengatasi dampak akibat kenaikan BBM terutama pada sector Pendidikan, ditambah mahasiswa juga kelompok yang terkena dampak dari kenaikan BBM karena bahan kebutuhan pokok pun harganya ikut melambung. Dan pemerintah juga perlu memprioritaskan kesejahteraan masyarakat terlebih dahulu Beberapa dampak kenaikan BBM bagi mahasiswa :

Pertama, berhati hati dalam mengeluarkan uang. Mahasiswa harus peduli berhemat mulai sekarang. Beli kerudung pakaian baru, dan nongkrong di kafe mulai diminimalkan. Daripada bersusah kemudian, mahasiswa mulai berhemat dengan tidak mengeluarkan uang yang berlebihan. Naiknya BBM mempengaruhi semua harga barang dan jasa.

Kedua, mengurangi bermain ketempat yang tidak penting. Dengan kendaraan mahasiswa bisa ke mana saja. Namun dengan naiknya BBM, mahasiswa harus mengurangi bepergian.

Dengan adanya kenaikan harga BBM saat ini jangan membuat kita terlalu resah atau panik, dan menyalahkan pemerintah karena membuat perekonomian menjadi sulit, Dampak kenaikan BBM juga berimbas pada mahasiswa karena untuk biaya transportasi menjadi naik serta pengeluaran sehari-hari. Mulai dari kebutuhan untuk anak kos yang ikutan naik.

Jadi bagaimana kita menyikapi hal tersebut dengan baik?

Penulis : Kiki Tri Utama (mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah Universitas 





Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama