Media pembelajaran untuk Motivasi siswa

Media pembelajaran ialah suatu benda yang dapat di pergunakan untuk menyampaikan materi pelajaran di dalam ruang kelas kepada siswa siswi di sekolahan. Media pembelajaran yang di gunakan saat ini banyak yang menggunakan teknologi canggih untuk memudahkan proses belajar mengajar di sekolahan. Di era 4.0 teknologi sangatlah membantu manusia dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari. Sehingga teknologi di manfaatkan sebaik baiknya sebagai alat media pembelajaran di sekolahan.

Teknologi ini menjadi sarana fisik yang di pakai guru dalam memberikan materi pelajaranya kepada para siswa-siswi sebagai generasi penerus bangsa. Dengan adanya teknologi sebagai alat yang di gunakan dalam pembelajaran di dalam kelas tentunya membuat menarik bagi siswa-siswi dalam kelas sehingga antusias belajar siswa-siswi menjadi meningkat karena adanya media pembelajaran yang canggih seperti proyektor. Tentunya dengan alat media pembelajaran ini akan membantu guru dalam mensukseskan tujuan pembelajaran yakni mencerdaskan anak bangsa dengan memanfaatkan teknologi canggih sebagai alat media pembelajaran. Berbagai macam media pembelajaran yang sering di gunakan

Media audio visual

Media audio visual dapat menjelaskan materi pembelajaran dengan menampilkan suara dan gambar. Alat tersebut yang di gunakan ialah proyektor yang di sambungkan dengan laptop dan di tampilkan di tembok atau layar monitor di depan kelas. Biasanya siswa-siswi sangat senang dan antusias pembelajaran akan naik dan disini guru mempunyai kesempatan untuk menjelaskan materi pembelajaran yang akan di ajarkan. Selain itu juga siswa-siswi di tuntut untuk menuliskan materi di buku tulisnya lalu di pertemuan selanjutnya akan di nilai sama guru sebagai nilai tugas yaitu menulis materi yang di dapat saat pembelajaran di kelas.

Bagi siswa-siswi yang hanya melihat layar monitor proyektor tanpa menuliskan materi maka tidak akan mendapatkan nilai tugas dari guru. Namun, dalam mempersiapkan pembelajaran semacam ini guru haruslah bisa menjalankan laptop dan proyektor sehingga tidak perlu memerlukan bantuan guru lain untuk mempersiapkan pembelajaran dengan proyektor. Komponen lain yang harus di perhatikan ialah jendela kelas di tutup rapat dengan gorden supaya cahaya matahari dari luar tidak masuk ke dalam ruang kelas supaya layar monitor proyektor dapat di lihat secara jelas oleh siswa-siswi.

Untuk mendapatkan suara yang keras maka guru juga mempersiapkan shound system yang bisa terconnect lewat bluethooth yang di sambungkan dengan laptop.tentunya dalam mempersiapkan alat dan bahan ajar semacam ini maka di butuhkan uang yang sangat banyak untuk membeli laptop,proyektor,shound system maka sarana dan prasarana sekolahan tersebut haruslah di anggarkan demi kelangsungan pembelajaran berbasis teknologi yang bertujuan untuk memudahkan dan memberi motivasi belajar bagi siswa-siswi.

Media audio

Media audio ini yaitu shound system yang di gunakan sebagai media pembelajaran yang biasanya di gunakan oleh guru bahasa inggris untuk listening test. Guru yang baik ialah yang siap mempersiapkan media audio ini yang di gunakan untuk siswa-siswi mendengarkan soal bahasa inggris lalu di kerjakannya saat ujian berlangsung.

Media audio ini kadang terkendala bagi siswa-siswi yang duduk di barisan belakang kelas yang jaraknya jauh dengan shound system sehingga mereka tidak bisa mendengarkan soal test bahasa inggris secara jelas dan biasanya jika ruang kelasnya bersebelahan langsung dengan jalan raya maka akan terganggu juga dengan suara motor dan mobil yang lewat. Namun guru yang bijak akan selalu mengulang dua atau tiga kali listening testnya agar supaya siswa-siswi dapat mendengarkan secara baik dan benar. Media audio ini juga tidaklah sedikit untuk membeli alat shound sistemnya maka sarana dan prasarana dari sekolahan di tuntut untuk selalu siap mengadakan media audio tersebut agar guru bahasa inggris dapat menggunakan teknologi tersebut guna berjalannya pembelajaran bahasa inggris pada saat listening test.

Media peta dan globe

Media peta dan globe ini biasanya di pakai oleh guru IPS untuk sebagai media menjelaskan materi IPS. Peta merupakan media yang di gunakan untuk melihat jarak dan luas suatu wilayah. Misalnya, wilayah negara Indonesia yang terbentang luas dari sabang sampai merauke yang terdapat banyak pulau-pulau dan lautan yang sangat luas. Guru akan menjelaskan symbol-simbol yang ada di buku peta seperti gambar segitiga biasanya artinya yaitu gunung dan jika ada warna biru maka artinya itu lautan. Dengan media peta ini maka siswa-siswi akan tahu dan menambah wawasan bahwa Indonesia ini luas dan banyak terdapat pulau-pulau sehingga menumbuhkan rasa cinta tanah air Indonesia.

Globe yaitu alat media yang bentuknya bundar seperti bola yang menggambarkan bumi itu bulat dengan sekala kecil. Globe ini melingkupi berbagai benua di dunia dan terdapat banyak Negara-negara di dunia. Dengan globe ini maka siswa-siswi sangatlah senang karena globe menggambarkan bumi yang secara keseluruhan dan di globe juga  terdapat symbol-simbol yang nantinya guru IPS biasanya menjelaskannya secara mendetail. Hikmah adanya media peta dan globe ini yaitu memudahkan siswa-siswi untuk mengetahui luas dan jarak dan isi bumi yang terdapat banyak Negara dan terbagi di berbagai dunia dan luasnya lautan yang mana itu semua adalah ciptaan Allah swt. Untuk mengadakan alat dan bahan ajar berupa peta dan globe ini juga dibutuhkan uang untuk membeli peta dan globe yang mana sarana dan prasarana dari sekolah ini juga penting adanya untuk berlangsungnya pembelajaran IPS. Tujuan adanya media peta dan globe ini ialah untuk menambahkan wawasan ilmu pengetahuan social bagi siswa-siswi baik secara kecil dalam Negara maupun di manca Negara. Setelah belajar bumi dengan globe tersebut maka membuat motivasi belajar siswa-siswi itu naik karena anak-anak cenderung suka terhadap alam metafisik.

Buku

Buku merupakan media pembelajaran yang di gunakan guru di semua mata pelajaran yang menjadikan sumber ajar bagi guru dan siswa-siswinya. Dalam menyiapkan alat dan bahan sumber ajar ini yaitu buku juga di butuhkan uang untuk membeli buku sesuai mata pelajarannya yang sesuai kurikulum yang sedang berlaku dalam hal ini biasanya siswa-siswi di wajibkan beli LKS di semua mata pelajarannya. Buku sebagai media pembelajaran yang paling sering di gunakan oleh guru dan siswa-siswi maka editor buku sering mendisain buku sangat menarik dengan tulisan, gambar, dan cover yang bagus di lihat dengan tujuan menumbuhkan motivasi belajar bagi siswa-siswi selagi melihat buku dari covernya yang menarik maka akan membuat siswa-siswi mau membaca buku tersebut.

Papan tulis

Papan tulis adalah media pembelajaran yang ada di dalam kelas yang di gunakan untuk menulis oleh guru dalam menjelaskan materi pembelajaran di dalam kelas. Papan tulis yang berbasis whiteboard menjadikan motivasi belajar siswa-siswi menjadi tumbuh semangat karena dengan whiteboard tulisannya lebih jelas dan tidak kotor di bandinkan dengan papan tulis biasa yang menggunakan kapur yang sekarang sudah ketinggalan jaman. Dalam mengadakan alat dan bahan papan tulis whiteboard ini juga di butuhkan uang untuk membeli papan,spidol, dan penghapus yang biasanya dananya bersumber dari pemerintah untuk sekolahan.

Ali Syafiaturohim (mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Univesitas Muhammadiyah Purwokerto)



4 Komentar

  1. πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  2. πŸ™πŸ»sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Sofia Rokhmah NIM 1906010030, media pembelajaran mempunyai peran penting untuk meningkatkan minat belajar siswa di sekolah dasar terutama kelas rendah, karena siswa kelas rendah belum mampu berpikir secara luas, sehingga materi yang diajarkan oleh guru perlu disampaikan menggunakan media supaya lebih nyata dan mudah dipahami oleh siswa, selain bisa membantu siswa dalam memahami suatu konsep tertentu juga mempermudah seorang guru dalam menyampaikan suatu materi.

    BalasHapus
  4. Syifa Dhiya Azhari 1906010018 Media Pembelajaran sangatlah penting yang dapat digunakan dan memudahka seorang pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada seorang siswa. Dengan adanya media pembelajaran, seorang pendidik dapat menyampaikan berbagai materi pembelajaran dengan berbagai cara juga contohnya menggunakan Proyektor, Audio dan lain sebagainya.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama