Mendoan Waduk Sempor

Pernah dengar makanan "Mendoan"? Bagi warga Jawa Tengah dan sekitarnya tentu bukanlah hal yang asing. Makanan khas Banyumasan dengan bahan baku utama kedelai dan termasuk jenis makanan sebagai varian tempe kedelai. Dengan penyajian dalam kondisi hangat dengan tambahan kecap pedas atau kecap dengan potongan cabe rawit menambah kelezatan menyantap makanan ini.Diberbagai tempat di daerah Banyumas sangat mudah untuk menemukan makanan ini, baik di restoran maupun di warung-warung di sepanjang perjalanan. Karena makanan ini sudah menjadi ciri khas daerah tersebut.Buat para pembaca yang sering melakukan perjalanan, tentunya membutuhkan tempat untuk beristirahat setelah menempuh perjalanan jauh. Baik sekedar melepaskan lelah, mengisi perut yang sudah mulai keroncongan kalian bisa mencoba makanan ini.

Sekarang kita menuju daerah yang cukup populer dengan MENDOAN yaitu Waduk Sempor.Waduk Sempor terletak di Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah yaitu berada di jalur selatan Jawa Tengah. Untuk mencapai Wisata Waduk Sempor dapat melalui Banjarnegara ke arah selatan melewati Jalan Klampok - Gombong. Perjalanan dengan pemandangan yang sangat menawan di sepanjang perjalanan, berupa perbukitan dan air terjun yang berderet di jalan. Tetapi jangan parkir di jalan sepanjang perbukitan, selain jalanan yang sempit dan berkelok akan sangat membahayakan pengendara lain. Persiapkan saja kamera untuk mengabadikan gambar atau video sepanjang perjalanan. Tikungan tajam dan menanjak juga menurun membutuhkan konsentrasi dari pengendara. Tetaplah waspada dan berhati hati dalam perjalanan.

Setelah memasuki Kawasan Waduk Sempor akan tersedia beberapa lokasi parkir di sepanjang perjalanan. Lokasi yang paling favorit adalah lokasi di dekat Pintu Air untuk mengalirkan air ketika level air waduk sudah naik. Parkiran cukup sejuk dan aman untuk kendaraan anda dengan biaya parkir mobil Rp 30.000 per mobil.Menuju Bendungan Waduk Sempor cukup berjalan kaki sejauh 50 M dari lokasi parkir. Traveler langsung akan melihat hamparan air yang dikelilingi perbukitan yang berbaris rapi. Spot selfi yang sangat cocok bagi pecinta "Instastory" untuk menambah koleksi foto foto anda. Dan yang paling penting jangan lupa untuk menikmati mendoan jumbo dengan harga sangat bersahabat dengan kantong anda. Jangan terlalu bernafsu dalam memesan mendoan ini. Biasanya di tempat lain akan mampu menghabiskan 3 buah mendoan, di tempat ini anda akan "Kaget", Karena ukuran nya yang jumbo .

Bagaimana tidak ukuran mendoan ini seperti kertas HVS yang sangat besar. Dan juga harganya yang sangat murah, untuk satu porsi mendoan jumbo ini diberi harga Rp5.000. ditambah juga bumbu atau sambal kecap yang terdiri dari cabai kecap bawang merah ada juga tambahan bawang putih sesuai selera. Jika kita hanya memiliki uang rp10.000 kita sudah bisa menikmati mendoan jumbo ditambah es teh seharga rp3.000 dan sisa rp2.000 bisa untuk membeli rokok 1 Batang. Ini seperti yang saya alami dan saya rasakan sebagai warga asli di kecamatan Sempor.Selain mendoan juga ada masakan ikan air tawar dapat anda santap dibeberapa rumah makan di sekitar Waduk Sempor.

Jika ada warung tempe mendoan yang begitu viral dan heboh dalam sebulan terakhir ini, tak lain warung mendoan milik Suci “Syahrini” Betapa tidak. Tiap hari pengunjung terus berdatangan ke warung sederhana di dekat pintu masuk di atas turbin Waduk Sempor tersebut. Sebelumnya di sini akan sedikit membahas sejarah tentang Waduk Sempor. Waduk Sempor yang agak sepi sontak menjadi ramai. Maklum Waduk Sempor ini dibangun sejak 1970-an di utara Gombong dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada sekitar 1976 .Waduk ini memiliki panorama indah dan udara sejuk. Bahkan beberapa keunikan dan daya tarik terus saja mengundang minat pengunjung datang. Meski saat musim kemarau airnya semakin dangkal, pemandangan yang asri dan udara sejuk tetap menjadi jujugan pelancong.

Belum lagi adanya wisata naik perahu, lokasi memancing yang teduh, warung atau resto apung di tengah Waduk Sempor dengan menu ikan air tawar hingga memasuki Desa Kedungwringin yang paling atas waduk bisa dijangkau dengan perahu.Namun yang tengah viral belakangan ini tak lain warung mendoan dan kopi miliki mbak Suci Rohmayanti (36). Ibu dua anak yang beruntung karena memiliki paras mirip artis tersohor Syahrini.

Bahkan warung mendoan tersebut makin sering diunggah di media sosial. Mulai di Youtube, Tiktok hingga diliput media cetak dan televisi. Warung mbak Suci Syahrini Sempor ini pun semakin ramai dan selalu dipadati pengunjung. Pendeknya, dikagumi ibu-ibu sekaligus dilirik lelaki.Tak kurang yang menjadi tamu pelanggannya adalah H Adi Pandoyo SH MSi, mantan sekda Kebumen. Adi mengaku awalnya penasaran ada informasi warung tempe mendoan yang pemiliknya cantik dan mirip wajah artis papan atas tersebut. Jadi tunggu apa lagi ayo coba dan rasakan kenikmatan mendoan jumbo yang ada di Waduk Sempor. Untuk kalian pecinta kuliner, kalian bisa langsung datang ke Waduk Sempor untuk menikmati kelezatan mendoan ini. Ditambah paras dari penjual yang cantik dan baik hati.

Terima kasih telah membaca blog ini, walaupun saya mengerjakan di jam 02.00 pagi, saya berharap kalian para pembaca bisa mendapatkan tambahan wawasan. Dan mudah-mudahan kalian mendapatkan manfaat setelah membaca blog yang saya buat ini.

Penulis : Nama : Angga Adi Saputra (mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



7 Komentar

  1. Nama : Rifki Putra Ramadhan
    Nim : 2006010081
    Membuka usaha kuliner apa lagi di tempat wisata adalah tempat yang strategis dan dapat menambah keuntungan tersendiri bagi usaha kuliner apa lagi berjualan makanan khas suatu daerah tertentu menambah kesan menarik bagi pengunjung yang datang

    BalasHapus
  2. nama : trisna sanubari
    nim : 1906010089

    tempat wisata merupakan tempat yang pas untuk sebuah usaha apalagi, usaha yang menonjol kan daerah tersebut seperti yang telah di jelaskan di atas menjual makanan yang berbeda dari daerah lain akan menjadikan daya tarik bagi pembeli dan penasaran akhirnya mencoba dan ingin kembali lagi di lain waktu untuk mencicipi makanan tersebut.

    BalasHapus
  3. Nama :Harvi nadhif
    Nim: 1806010029
    Strategi bisnis memang bermacam2 bentuknya, mbak suci termasuk orang yang mempunyai keunggulan serta pikiran yang cerdas. Keunggulan yang beliau punyai adalah paras yang cantik serta lokasi yang mendukung untuk menjalankan usahanya, sehingga dengan pikiran cerdasny beliau menggunakan dua hal itu untuk berwirausaha

    BalasHapus
  4. Roikhan Albar
    2006010048
    Memang mendoan adalah salah satu makanan khas jawa yang populer dan sangat mudah didapat dan dibuat sehingga ramah pula dikantongi kita, seperti pada kalimat
    "Jika kita hanya memiliki uang rp10.000 kita sudah bisa menikmati mendoan jumbo ditambah es teh seharga rp3.000 dan sisa rp2.000 bisa untuk membeli rokok 1 Batang"
    Jadi bila anda ingin membuka usaha mungkin mendoan salah satu produk yang mudah bagi pemula wirausaha, karena selain mudah dibuat mendoan juga sangat diminati dikalangan masyarakat atas dan bawah apalagi dengan tempat dan waktu yang mendukung seperti pusat keramaian, orang pemalas yang tidak bisa membuat lauk, bahkan orang kelaparan pun sangat meminatinya, apalagi disaat cuaca yang mendukung seperti musim dingin dan hujan.
    Maka mendoan waduk Sempor memang sangat enak dinikmati apalagi jika makan nya di gratisin bareng kamu:v

    BalasHapus
  5. Nama : Alfan Nur Najmi Fatkhan
    Nim : 1906010062
    Memang disetiap wisata sangat strategis untuk tempat usaha kuliner karena usaha kuliner di setiap wisata biasanya tidak menawarkan benda atau barang, melainkan pelayanan jasa ataupun destinasi bermain dan lainya

    BalasHapus
  6. Nama : Alfan Nur Najmi Fatkhan
    Nim : 1906010062
    Memang disetiap wisata sangat strategis untuk tempat usaha kuliner karena di setiap wisata biasanya hanya menawarkan benda atau barang bahkan pelayanan jasa ataupun destinasi bermain dan lainya.maka dari itu jika kita usaha kuliner sangat cocok dan strategis

    BalasHapus
  7. Nama: Bimo Satrio
    NIM: 1906010052
    Waduk Sempor memang merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Kabupaten Kebumen khususnya bagian barat. Akses jalan yang mudah, letaknya yang tidak terlalu jauh, dan suasana yang sejuk menjadi daya tarik dari waduk Sempor. Apalagi, ditambah dengan adanya mendoan yang memiliki ukuran sebesar kertas HVS, walaupun nyatanya tidak sebesar itu tapi orang-orang menyebut seperti itu karna ukurannya yang lebih besar daripada mendoan pada umumnya.

    Waduk sempor terletak di Desa Sempor Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen. Dalam artikel, penulis hanya menyebutkan satu jalur menuju Waduk Sempor, yaitu jalur selatan. Padahal, Waduk Sempor bisa ditempuh melalui jalur lain. Pengunjung lokal biasa menggunakan jalur melalui jalur gombong, rowokele, buayan dan sekitarnya.

    Jika kalian datang dari arah gombong maka hanya akan membutuhkan waktu 10-15 menit untuk sampai. Setelah melewati gerbang beberapa meter, kita akan bertemu dengan jalur bercabang, jika kita tetap lurus maka itu akan mengarahkan kita ke bendungan bagian barat. Disana kita akan melihat bendungan sempor dan jika musim hujan, maka air akan mengalir seperti air terjun, tapi tidak berderet hanya satu saja. Pada bagian barat pula, kita akan menemukan mendoan Syahrini yang terkenal dikalangan wisatawan karena terletak dijalur antar kabupaten. Selain mendoan Syahrini, di sana juga terdapat deretan warung mendoan yang juga tidak kalah enak dengan mendoan Syahrini.

    Bagi wisatawan lokal seperti saya, maka akan lebih tertarik melewati kanan yang menanjak. Karena di sana nanti akan ada pertigaan kemudian belok kiri, maka akan menuju bendungan bagian timur dan jika lurus kita akan menuju sisi lain bendungan yang ternyata di sana lebih banyak warung yang menjual mendoan. Warung-warung di bagian timur biasanya berbentuk saung-saung dekat dengan tepi waduk. Sehingga kita bisa bersantai menikmati pemandangan sambil menikmati mendoan. Harga di saung bagian timur relatif lebih murah, yaitu sekitar 3.000-4.000 rupiah saja.

    Selain digunakan berwisata, Waduk Sempor juga sering dijadikan tempat jogging, senam, bulu tangkis dan berbagi olahraga lainnya. Biasanya, mereka melakukannya di akhir pekan. Itu sebabnya, jumlah pengunjung akan lebih banyak ketika akhir pekan telah tiba.
    Secara keseluruhan, artikel ini telah ditulis dengan cukup baik. meskipun tajuk utamanya adalah mendoan, tapi tidak hanya mengulas mendoannya saja namun dengan hal-hal lain yang ada di sekitar Waduk Sempor. Bahasa yang digunakan pun cukup mudah dipahami, hal ini membuat pembaca bisa menangkap informasi yang diberikan.
    Namun ada sedikit kekurangan, karena penulis hanya menyorot mendoan Syahrini saja. Padahal, yang berjualan mendoan tidak hanya di bagian situ saja. Di sebelah barat terdapat beberapa warung yang berjualan dan di sebelah timur juga akan menemukan banyak penjual yang pemandangannya langsung mengarah ke waduknya.
    Informasi jalan menuju waduk yang diberikan juga hanya dari arah Banjarnegara, padahal memiliki jalur lain, yaitu dari arah jalur selatan atau dari arah gombong

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama