Menumbuhkan Semangat Berwirausaha

“Sepertinya saya tidak cocok untuk menjadi wirausahawan?”

Terkadang keputusan seperti itu memanglah hal yang sangat sering, karena dengan tidak adanya untuk mencoba. Menjadi wirausahawan memanglah tidak mudah tetapi bisa jika alangkah baiknya untuk mencoba.

“Sebenarnya apa yang di maksud dengan wirausahwan?

Wirausaha adalah orang yang mempunyai jiwa pemberani untuk mengambil resiko dalam membuka usaha di berbagai kesempatan. Sedangkan semanagat berwirausaha adalah jiwa kemandirian yang dimiliki oleh seseorang untuk mencari sumber pendapatan dengan cara membuka usaha ataupun menyalurkan bakat yang ia miliki untuk menjadikan lahan usaha. Wirausaha disini ialah yang berasal dari kata wira dan usha. Wira artinya pejuang dan usaha adalah perbuatan/bentuk pekerjaannya yang dilakukan oleh seseorang itu sendiri.

Wirausaha menurut ahli adalah dalam bahasa inggris disebut dengan entrepreneur yang berasal dari kata Prancis yaitu entreprendre yang berarti “melakukan”. Kewirausahaan merupakan hal penting yang menyangkut wirausahawan, yaitu seseorang yang mempunyai sifat pekerja kera yang memusatkan segala daya agar gagasan-gagasan yang dimiliki bisa terwujud dengan benar.

Menurut pandangan saya kewirausahaan adala proses untuk meningkatkan kesenangan. Kesenangan ini diciptakan oleh individu-individu yang mampu mengambil resiko berupa waktu ataupun karirnya dalam menciptakan sesuatu yang berharga. Sebagai wirausahawan tentunya harus kreatif dan inovatif,dan tentunya juga jangan malu untuk memuali untuk berwirausaha. Adapun ciri-ciri seorang wirausahawan, yaitu : percaya diri, mempunyai sikap jujur, disiplin waktu, cerdas finansial, memiliki komitmen yang tinggi, kreatif dan inovatif. Adapula karakter-karakter untuk menjadi seorang wirausahawan , adalah sebagai berikut :

1.       Daya gerak, seperti inisitaif, semangat, tanggung-jawab, ketekunan dan kesehatan.

2.       Kemampuan berfikir, seperti kreatifitas, kritis, dan analitis.

3.       Kemampuan membina relasi, seperti mudah bergaul, mempunyai tingkatan emosi yang stabil, ramah, suka membantu, dan bijaksana.

4.       Keahlian Khusus, menguasai proses produksi atau pelayanan yang dibidanginya.

Setelah kita mengatahui karakter-karakter dari seorang wirausahawan, tentunya akan ada beberapa unsur utama agar menjadi wirausahawan yang sukses. Sebagai berikut :

1.       Motivasi. Yaitu keinginan untuk menjadi orang yang berguna untuk masyarakat melalui prestasi kerja sebagai wirausahawan.

2.       Pengatahuan. Yaitu, keinginan belajar secara terus menerus agar mengerti dalam perubahan situasi persaingan usaha.

3.       Menjalani. Yaitu, keinginan untuk mencapai keberhasilan yang didukung dengan perencanaan matang yang telah di persiapkan sesuai dengan kebutuhan untuk menghadapi persaingandan kemampuan melaksanakannya.

Rahasia seperti itulah mungkin dapat mengaktifkan kemampuan diri kita agar berminat untuk menjadi seorang wirausahawan. Dari ciri-ciri, karakter seorang wirausahawan, dan unsur utama untuk menjadi wirausahawan adalah dorongan untuk mencapai keberhasilan seseorang menjadi wirausahawan.

Penulis : Rica Wahyu Hidayati (mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyyah Purwokerto)



1 Komentar

  1. Untuk menjadi wirausahawan memang kita tidak memandang dari segi gelar, asalkan kita juga mendapatkan ilmu serta belajar dalam wirausahawan. Agar kita juga dapat menanggapi atau cara beretika terhadap masyrakat. Menjadi wirausahawan harus ada percaya diri untuk memulai. Siapapun bisa menjadi wirausahawan yang sukse. Tanpa melihat gelar atau pendidikan tinggi dapat memulai suatu usaha yang kita minati

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama