Tujuh Kemampuan dalam Berwirausaha

Menjadi seorang wirausaha dan memiliki usaha adalah impian banyak orang. Namun kemampuan apa aja yang diperlukan seseorang untuk menjalankan sebuah usaha? Berikut adalah kemampuan-kemampuan yang diperlukan untuk menjalankan suatu usaha agar bisa sukses.

Pengetahuan

Untuk menjalankan suatu usaha diperlukan pengetahuan. Pengetahuan bisa didapat dari riset pasar, yang artinya kita mau berjualan apa yang sekiranya itu tidak musiman dan memiliki keuntungan yang besar, riset pasar memberi tahu jika ada peluang untuk mengubah ide menjadi bisnis yang sukses.

Riset pasar memberikan pengetahuan tentang keadaan dan minat pasar, pesaing yang ada, peluang, dan juga resiko menjalankan usaha. Pengetahuan juga bisa didapat dari belajar baik secara otodidak, maupun dari pengalaman orang lain.

Perencanaan Usaha

Kemampuan yang diperlukan seseorang untuk menjalankan usaha selanjutnya adalah perencanaan usaha. Karena perencanaan usaha sangat lah penting, mungkin tanpa perancanaan usaha ini tidak bisa berjalan dengan baik atau mungkin lebih buruk nya tidak terealisasikan. Mengapa begitu? Karena dengan rencana kita bisa mengetahui apa saja yang akan kita lakukan kedepan nya, karena dalam berwirausaha harus ada strategi yang dijalankan agar usaha yang kita jalani bisa berjalan dengan baik dan mendapatkan keuntungan yang besar. Misalnya produk yang mau kita jual, pemasaran nya, lokasinya harus strategis dan Langkah-langkah selanjutnya.

Seorang wirausaha harus bisa merancang bisnisnya berdasarkan tujuan usahanya dan pengetahuan yang didapatnya. Perancangan usaha digunakan sebagai dasar untuk menjalankan usaha agar tujuan bisa tercapai.

Kreativitas dan Inovasi

Untuk menjalankan usaha dibutuhkan sumber daya dan juga pendanaan atau modal. Sumber daya dapat berupa tenaga kerja, peralatan, bahan baku, dan juga tempat usaha yang biasa diakses oleh modal.

Penting untuk dapat mengatur keuangan agar penggunaan dana dan sumber daya efektif dan tidak merugikan usaha. Sangat penting kita memiliki kemampuan ini, karena tanpa kemampuan ini kita dalam mengelola uang nya bisa asal-asalan dan bisa sangat berpengaruh dengan usaha yang sedang dijalani, bisa menyebabkan kerugian ketika kita dengan menjalani usaha. Maka dari itu kemampuan ini bisa sangat berguna dalam mengelola atau mendata uang masuk dan pengeluaran.

Keterampilan

Untuk menjalankan usaha, seseorang harus memiliki keterampilan kewirausahaan. Menjalankan suatu usaha, artinya seseorang harus mengelola usaha tersebut secara keseluruhan dari mulai pengalokasian sumber daya, dana, pengaturan system kerja, pemasaran, hingga cara memimpin usaha dengan baik.

Oleh karena itu, seorang wirausaha harus memiliki keterampilan. Keterampilan penting yang harus dimiliki wirausaha adalah keterampilan komunikasi, organisasi, manajemen waktu, pengambilan keputusan data berdasarkan, pemikiran strategis, dan dasar-dasar akuntansi.

Konsistensi

Konsisten adalah komponen kunci untuk menghasilkan uang dalam usaha. Untuk menjalankan usaha, kita harus membentuk kebiasaan positif dan menglelola usaha secara konsisten dan disiplin.

Arti konsisten dalam berwirausaha adalah ketika usaha awal kita yang sedang dijalani mengalami tidak laku atau tidak banyak peminatnya, jangan berganti usaha yang lain, jalani terus usahanya yang sedang dijalani jangan berganti ke usaha yang lain, sambil memikirkan gimana usaha yang sedang dijalani saat ini bisa laku dan banyak peminatnya.

Kegigihan

Hal lain yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha adalah kegigihan dan semangat. Konsistensi tidak bisa dijalankan tanpa adanya kegigihan dan semangat. Apalagi usaha baru rentan mengalami kegagalan terutama di tahun-tahun pertama. Ketika ia mempunyai kemampuan kegigihan yang begitu baik, ia akan selalu bertahan dengan usahanya yang sedang ia jalani dan tidak berganti usaha lain, justru ia akan berinovasi lagi agar usahanya bisa lebih menarik dari sebelumnya.

Seorang wirausaha harus gigih untuk Kembali bangkit dari kegagalan yang dialaminya, dan tidak mudah menyerah begitu saja. Apabila seorang wirausaha tidak mempunyai kemampuan ini, ia mudah menyerah ketika usaha nya itu gagal atau belum berhasil, dan ketika seorang wirausaha mempunyai kemampuan ini, ia bisa mencari ide atau solusi ketika usaha nya gagal ditengah jalan, entah apapun itu pasti ia lakukan agar usahanya bisa bangkit lagi seperti biasanya.

Jaringan Sosial

Untuk menjalankan usaha dibutuhkan jaringan sosial yang luas. Seorang wirausaha harus membangun hubungan yang baik dengan berbagai pihak untuk memperluas jaringan sosial nya dan mendapatkan kemudahan untuk usahanya. Pihak-pihak tersebut adalah rekan kerja, pemasok bahan baku, distributor, dan juga pembeli.

Mengapa kemampuan jarangan sosial sangat penting? Karena agar usaha kita bisa laku, mungkin tanpa jaringan sosial media pembeli nya hanya itu itu saja dan keuntungan nya sedikit, apabila kita bisa menggunakan sosial media dengan baik, pembeli akan lebih banyak dari berbagai daerah diseluruh pelosok negeri dan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Dengan jaringan sosial pun kitab isa mencari rekan untuk ikut membantu usaha kita agar berhasil, maka dari itu kemampuan jaringan sosial sangat penting dalam berwirausaha.

Penulis : Ariq Majid Muzakki (mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama