Inovasi Pembelajaran Dengan Menggunakan Teknologi

Inovasi Pembelajaran sangat diperlukan dalam pembelajaran khususnya pada satuan Pendidikan. Inovasi pembelajaran dapat membuat pembelajaran lebih menjadi inovatif dan juga dapat menarik perhatian peserta didik untuk lebih semangat belajar. Selain hal tersebut inovasi pembelajaran juga diperlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan berinovasi dalam pembelajaran tentu pembelajaran akan di rancang sesuai dengan kebutuhan siswa ataupun dengan perkembangan zaman.

Salah satu inovasi pembelajaran yaitu dengan menggunakan dan memanfaatkan teknologi yang berkembang pesat di zaman sekarang ini, karena pada zaman sekarang perkembangan teknologi sangat berkembang pesat, Siswa juga diharapkan agar dapat memanfaatkan teknologi yang diimplementasi pada proses pembelajaran. Dengan adanya inovasi pembelajaran dengan menggunakan teknologi ini menjadikan siswa lebih semangat dan giat untuk mengikuti pembelajaran yang berlangsung diaharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi ketidak berkembangan kreativitas dalam pembelajaran peserta didik maaupun guru dalam proses pembelajaran di sekolah. Maka dengan adanya teknologi yang sudah terjun di dalam proses pembelajaran, maka dibutuhkan seorang guru atau pendidik yang kreatif, professional, aktif, dan mampu melakukan inovasi dalam pembelajaran. Maksudnya adalah guru diharapkan mampu untuk memanfaatkan teknologi yang ada untuk kepentingan dalam proses pembelajaran.

Faktanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap berbagai dimensi kehidupan manusia, khususnya dalam bidang pendidikan. Beruntungnya sudah sejak lama pendidikan selalu bersikap terbuka terhadap penemuan-penemuan baru dalam bidang teknologi. Hal ini membuat sistem pendidikan bisa menyeimbangi seiring perkembangan zaman. Untuk dapat menyeimbangi perubahan zaman, peningkatan kualitas pendidikan harus diusahakan secara maksimal. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk dapat menyeimbangi perkembangan zaman adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran secara efisien dan lebih efektif, sehingga bisa memberikan hasil kualitas belajar yang maksimal. Maka dari itu, penggunaan dan pemilihan media pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan itu sendiri.

Teknologi dan media pendidikan termasuk salah satu yang memegang peranan penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam proses pembelajaran, dalam hal ini guru dan murid diharapkan untuk bisa mengikuti perkembangan zaman, dengan cara menggunakan teknologi informasi sebagai media pembelajaran. Dengan adanya media teknologi dalam pembelajaran dapat dikatakan sangat membantu peningkatan pemahaman murid dengan penyajian data atau informasi lebih menarik. Dan juga, media teknologi bisa dikatakan berfungsi sebagai alat bantu dalam kegiatan pembelajaran.

Selain itu, penggunaan media dalam kegiatan belajar mengajar memiliki pengaruh yang besar khususnya yang berpengaruh terhadap pemahaman isi pelajaran. Media pembelajaran juga mampu membangkitkan dan membawa pembelajar ke dalam suasana rasa senang, gembira dan tidak membosankan, di mana ada variasi dan inovasi baru dalam proses pembelajran yang berlangsung di ruang kelas. Pada saat ini media pembelajaran erat kaitannya dengan penggunaan teknologi yang telah diyakini banyak membantu proses kegiatan belajar mengajar baik dari sisi guru, murid, maupun sekolah.

Pada saat ini teknologi memiliki banyak peran penting dalam Pendidikan, seperti adanya berbagai media elektronik yang bisa digunakan sebagai sumber belajar, adanya metode pembelajaran baru seperti blended learning yang menggunakan teknologi dalam pembelajaran, Selain hal tersebut pembelajaran juga dapat dilakukan secara online menggunakan internet. Namun, pemanfaatan internet sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran di sekolah tidaklah sesederhana dan semudah yang dibayangkan, karena banyak hal yang harus dipelajari, diperhatikan dan dilakukan dengan sungguh-sungguh sebelum menerapkannya.

Kondisi yang harus mampu didukung oleh internet tersebut terutama berkaitan dengan strategi pembelajaran yang akan dikembangkan, yang kalau dijabarkan secara sederhana, bisa diartikan sebagai kegiatan komunikasi yang ditakukan untuk mengajak siswa mengerjakan tugas dan membantu siswa supaya dapat memperoleh ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dalam rangka mengerjakan tugas tersebut (Boettcher 1999).

Strategi pembelajaran yang meliputi pengajaran, diskusi, membaca, penugasan, presentasi dan evaluasi, secara umum keterlaksanaannya tergantung dari satu atau lebih dari tiga mode dasar dialog komunikasi sebagai berikut (Boettcher 1999): dialog/komunikasi antara guru dengan siswa, dialog/komunikasi antara siswa dengan sumber belajar, dan dialog/komunikasi di antara siswa. Apabila ketiga aspek tersebut bisa dijalankan dengan perpaduan yang serasi, maka diharapkan akan terjadi proses pembelajaran yang maksimal. Sebagaimana ditegaskan oleh Bottcher (1995), bahwa perancangan suatu pembelajaran dengan mengutamakan keseimbangan antara ketiga diaiog komunikasi tersebut sangat penting pada lingkungan pembelajaran berbasis Web.

Dari beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa internet memang bisa dipergunakan sebagai media pembelajaran, seperti studi telah dilakukan oleh Center for Applied Special Technology (CAST) pada tahun 1996, yang dilakukan terhadap kurang lebih 500 murid kelas lima dan enam sekolah dasar. 500 murid tersebut dimasukkan ke dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang dalam kegiatan belajarnya dilengkapi dengan akses ke Internet dan kelompok kontrol. Setelah dua bulan menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mendapat nilai yang lebih tinggi dan memuaskan berdasarkan hasil tes akhir.

Internet mempunyai fungsi yang sangat strategis, bahkan dengan karakteristiknya yang khas maka pada masa yang akan datang Internet bisa menjadi media pembelajaran yang paling terkemuka dan paling dipergunakan secara luas. Dalam penerapan pada satuan Pendidikan, teknologi dapat digunakan sebagai inovasi sebagai wujud merdeka belajar pada saat ini. Dengan hadirnya teknologi dalam pendidikan dapat mencukupi kebutuhan belajar peserta didik yang serba digital seperti pada zaman sekarang ini.

Dilakukannya beberapa inovasi pada teknologi tersebut maka pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai media digital. Selain itu, dengan menerapkan pembelajaran yang menggunakan teknologi tersebut juga akan mengjarkan peserta didik mengenai hal yang berhubungan dengan teknologi digital seperti informatika. Hal tersebut karena pada saat ini generasi modern pada saat ini lebih senang pembelajaran yang berbasis digital menggunakan teknologi daripada pembelajaran yang menggunakan cara konvesional seperti ceramah karena itu merupakan metode yang membosankan.

Inovasi pembelajaran berbasis teknologi ini dapat membantu untuk menjawab segala permasalah pada lingkungan Pendidikan, seperti kurangnya motivasi peserta didik dan juga pembelajaran yang kurang efektif dan efisien. Sangat diharapkan dengan adanya invoasi pembelajaran berbasis teknologi ini yang di implementasikan dalam pendidikan dapat mewujudkan peserta didik yang mampu bersaing secara global seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi. Dan mampu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Penulis : Nabila Rahma Hafizhah (mahasiwa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muuhammadiyah Purwokerto)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama