Toleransi Beragama di Lingkungan Rumah

 

 KERUKUNAN BERAGAMA WARGA PERUMAHAN DI BEKASI 



    Indonesia merupakan
negara yang memiliki banyak keberagaman, seperti halnya keberagaman agama dan budaya. Pemerintah Indonesia mangakui bahwa terdapat enam agama yang
ada
dianut masyarakat Indonesia, ada agama Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Buddha dan Konghucu. Keberagaman budaya merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang dapat diamati dari bentuk-bentuk kebudayaan dengan ciri khasnya masing-masing seperti adat istiadat, rumah adat, upacara adat, tarian daerah dan alat musik daerah.

Toleransi merupakan suatu sikap atau perilaku manusia yang tidak menyimpang dari aturan dimana seseorang menghargai atau menghormati setiap tindakan yang orang lain lakukan. Toleransi juga dapat dikatakan sebagai sikap atau perilaku yang menerima dan menghargai suatu perbedaan agama dan budaya yang ada di wilayah mereka. Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat terwujud dengan adanya sikap dan perilaku toleran masyarakat.

Perumahan Mutiara Gading Timur, Kota Bekasi tempat saya tinggal sangat menjujung tinggi akan toleransi dalam berbagai aspek. Seringkali warga warga di sana berkumpul dalam suatu tempat untuk mempererat ikatan kekeluargaan tanpa memandang ras, suku, dan agama. Islam sebagai agama mayoritas disana bersifat mengayomi agama minoritas yang ada. Begitu juga agama minoritas seperti Kristen, Hindu, dan Budha mereka pun menghargai agama Islam. Menurut saya itulah kunci dari toleransi itu sendiri sehingga tidak terjadi kericuhan dalam beragama di masyarakat.

Dengan menerapkan sifat seperti itu masyarakat di sana sudah menerapkan salah satu Undang Undang Dasar 1945 pasal 29 yang menyatakan bahwa Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa dan Negara Menjamin Kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.

Menurut saya, mempunyai sikap toleransi dalam beragama sangatlah penting, apabila tidak adanya toleransi maka dapat menimbulkan salah paham antar agama sehingga mengakibatkan permusuhan antar masyarakat. Contoh dari toleransi keberagaman agama yaitu menghargai jika ada suatu agama yang ingin melakukan ibadah atau menyelengggarakan kegiatan keagamaan. Adapun kejadian yang kerap kali terjadi tentang toleransi antar budaya yaitu seperti halnya suatu agama yang sedang melaksanakan acara dengan menggunakan tuntunan dari ajaran agamanya masing-masing biasanya dalam suatu lingkungan masyarakat mereka selalu mendukung walaupun berbeda agama, hal yang dilakukannya biasanya dengan cara seperti turut membantu kelancaran acara yang sedang berlangsung.

Ini adalah cara menjaga keberagaman budaya agar tetap tertib:

1.      Toleransi antar umat beragama.

    Sifat toleransi harus ditanamkan sejak dini agar bisa bertumbuh menjadi manusia yang bisa menerima perbedaan yang ada. Contoh sifat toleransi adalah tenggang rasa, tidak menggap agamanya lebih baik dari agama yang lain, menerima keberagaman agama yang ada dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

2.      Prinsip Bhineka Tunggal Ika.    

    Prinsip ini mengharuskan kita mengakui bangsa Indonesia merupakan bangsa yang memiliki keanekaragaman suku, bahasa, agama dan adat kebiasaan.

3.      Prinsip nasionalisme Indonesia.

     Nasionalisme merupakan paham yang mencintai tanah air, adanya kesiapsiagaan warga negara untuk membela tanah airnya. Meski mencintai bangsa kita, bukan berarti mengagung-agungkan bangsa sendiri. Nasionalisme di sini tidak berarti kita merasa lebih dari bangsa lain.

4.      Prinsip wawasan nusantara.

       Wawasan Nusantara ini merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya yang merupakan satu kesatuan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan. Dengan wawasan Nusantara ini, manusia Indonesia merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa dan setanah air, serta mempunyai satu tekad dalam mencapai cita-cita pembangunan nasional.

5.      Prinsip kebebasan yang bertanggung jawab.

       Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kebebasan dan tanggung jawab tertentu terhadap dirinya, sesamanya, dan dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Kebebasan yang dimaksud di sini adalah kebebasan yang bisa dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan Yang Maha esa, kepada sesama manusia, serta kepada bangsa dan negara.

6.      Prinsip persatuan pembangunan untuk mewujudkan cita cita reformasi.

   Dengan semangat persatuan Indonesia kita dapat mengisi kemerdekaan serta melanjutkan pembangunan menuju masyarakat yang adil dan makmur sebagai cita-cita bangsa di era reformasi ini.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa ketidak rukunan antara umat beragama menghasilkan berbagai ketidak harmonisan dalam kehidupan bermasyarakat. Sering kali terjadinya salah pengertian, beda persepsi dan lain sebagainya yang kemudian berujung menjadi konfik antar umat beragama yang memiliki keyakinannya masing-masing, namun bisa di selesaikan dengan cara kekeluargaan sehingga tidak menjadi konflik yang berkelanjutan. Oleh karena itu, perlu orang-orang yang sadar akan perdedaan, berwawasan terbuka, toleran, dan rukun dengan sesama umat beragama.


Penulis : 
Hafidz Firmansyah Utama (Mahasiswa Hukum Ekonomi Syari'ah Universitas Muhammadiyah Purwokerto)

Editor : Nesa Ashlih Rachmawati



12 Komentar

  1. Nama: Halda Nurohmah (2102010348)

    Dari artikel diatas saya setuju dengan pembahasan isi yang dilampirkan karena menurut saya memang betul adanya toleransi di lingkungan sekitar rumah merupakan sikap yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sikap ini dilakukan demi mencapai kerukunan dan kedamaian antar sesama. Perbedaan menjadi suatu hal yang wajar dalam hidup bermasyarakat. Setiap manusia pasti memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Tak hanya itu, keanekaragaman bangsa budaya membuat perbedaan tersebut semakin jelas adanya.
    Toleransi mengajarkan kita untuk menerima segala perbedaan yang ada dan kita harus menjaga sikap toleransi ini agar tidak menimbulkan perselisihan dan perpecahan. Sikap toleransi dapat mulai diterapkan dari lingkup terkecil, yaitu di rumah, tepatnya dalam lingkungan keluarga.

    BalasHapus
  2. Nama : Tri Utami
    Nim : 2102010327

    Toleransi beragama di lingkungan rumah.
    Menurut artikel diatas didalam lingkungan masyarakat pastinya tidak hanya 1 agama dan budaya yang berbeda-beda. Dengan adanya sikap toleransi dalam kehidupan pastinya akan tercipta nya kenyamanan dan ketentraman masyarakat sehingga memungkinkan tidak adanya konflik karena perbedaan tertentu. Padahal dilingkungan kita sendiri masih banyak manusia menganggap apa yang dianutnya atau apa yang telah menjadi sejarah nenek moyangnya merupakan hal yang paling benar, padahal kita semua hidup di dunia masih penuh dengan kekurangan dan banyaknya perbedaan. Oleh karena itu sikap toleransi sangat penting diperlukan untuk mempersatukan perbedaan.

    BalasHapus
  3. Nama : Indah Firliyani
    NIM: 2102010312
    Sesuai dengan artikel diatas, menurut saya manusia sebagai makhluk sosial yang artinya tidak dapat hidup sendiri tanpa adanya orang lain disekitarnya sudah sepatutnya saling mengasihi, menghormati orang disekitarnya. Karena kita membutuhkan satu sama lain, walaupun banyaknya perbedaan tapi jangan menjadikan perbedaan tersebut untuk menjadikan kita menjadi seorang individualis. Saling tolong menolong dan berbagi walaupun terdapat perbedaan, sekalipun perbedaan tersebut addalah perbedaan keyakinan, apalagi terhadap tetangga kita, walaupun memiliki perbedaan keyakinan kita harus menghargai perbedaan keyakinan tersebut. Karena apabila kita menghargai orang lain maka kita juga akan mendapat perlakuan yang sama dari orang lain.

    BalasHapus
  4. Nama : Muhammad Rizky Chaidar R
    Nim : 1902010135

    Toleransi beragama di lingkungan rumah merujuk pada kemampuan dan kesediaan anggota keluarga atau penghuni rumah untuk hidup bersama dengan penuh rasa saling menghormati dan memahami perbedaan keyakinan agama masing-masing.

    Beberapa contoh toleransi beragama di lingkungan rumah antara lain:

    Menghargai keyakinan agama masing-masing anggota keluarga dan memberikan ruang untuk beribadah sesuai keyakinan mereka.
    Membicarakan perbedaan keyakinan dengan terbuka dan saling mendengarkan pendapat satu sama lain.
    Menghindari melakukan tindakan yang dapat merendahkan keyakinan agama orang lain atau menimbulkan konflik agama.
    Menjalin hubungan yang baik dan harmonis dengan tetangga yang memiliki keyakinan agama berbeda.
    Dengan mempraktikkan toleransi beragama di lingkungan rumah, kita dapat menciptakan lingkungan yang ramah dan damai bagi semua anggota keluarga atau penghuni rumah, serta turut membangun kerukunan dan harmoni di tengah-tengah masyarakat.

    BalasHapus
  5. Ainun Putri Rayhan_Menurut saya dengan adanya artikel ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan, memang benar toleransi sangat penting dalam kehidupan, agar tentram dan damai dalam sebuah lingkungan, selain toleransi juga memang semua warga negara harus sadar akan perbedaan yang ada, dan harus belajar seperti "Bhinneka Tunggal Ika" berbeda-beda tetapi tetap satu jua, dimana dengan landasan ini bisa menjadikan kita, memiliki toleransi tinggi. Menghargai perbedaan agama dan saling tolong menolong tanpa memandang agama dan juga RAS karena semua sama dengan begitu akan muncul sikap toleransi tersebut.

    BalasHapus
  6. Dinda Permatasari


    Setelah saya membaca artikel ini, menurut saya pribadi ini artikel yang sangat menarik dan dapat di fahami. Seperti pada isi artikel ini, bahwasanya yang namanya toleransi itu sangat penting karena jika tidak adanya sikap toleransi maka akan menimbulkan dampak negatif antar sesama. Misalnya dalam agama,didalam agama juga kita harus saling memiliki sikap toleransi agar tidak menumbuhkan lingkungan yang tidak baik, tidak tentram dll. Jika kita mampu bersikap toleransi antar sesama, maka akan menimbulkan dampak baik, seperti lingkungan yang rukun, aman dan damai antar sesama. Begitu pentingnya sikap toleransi bagi kita, jadi alangkah baiknya kita bisa menanamkan sikap toleransi sejak dini.

    BalasHapus
  7. Nama : Afga Aditya marsal
    Nim :1902010308
    Saya setuju dengan Dengan semangat persatuan Indonesia kita dapat mengisi kemerdekaan serta melanjutkan pembangunan menuju masyarakat yang adil dan makmur sebagai cita-cita bangsa di era reformasi ini.

    BalasHapus
  8. Nama : Siti Nur Halisah Putri Wasch
    NIM : 2102010021

    Menurut saya, toleransi sangatlah penting bagi kehidupan sosial, untuk menghindari perpecahan, meningkatkan rasa persaudaraan, mencipatakan rasa nasionalisme dan lain sebagainya. yang dimana di indonesia banyak perbedaan baik suku, ras, budaya, agama danlain lain. bukan hanya di indonesia namun dilingkup yang cekil saja sudah ada perbedaan. Jadi setuju adanya penerapan toleransi dilingkungan.

    BalasHapus
  9. Muhammad Fajar Fadhlurrahman
    Nim 1902010187

    Saya setuju dengan artikel di atas, karena dalam kehidupan bertoleransi itu penting karena dikehidupan kita tidak bisa hidup sendiri atau kita membutuhkan orang lain. Dan kita harus menanamkan sikap saling menghormati, saling menghargai setiap keyakinan orang, tidak memaksakan kehendak, serta tidak mencela ataupun menghina agama lain dengan alasan apapun. Bahwa sikap toleransi ini mengarah pada sikap terbuka dan mau mengakui adanya berbagai macam perbedaan. Perbedaan yang dimiliki oleh dirimu sendiri dan orang lain itu dapat beragam, mulai dari suku bangsa, warna kulit, bahasa, adat-istiadat, budaya, bahasa, agama, hingga pola pikir.

    BalasHapus
  10. Nama: fedri Robi Hidayah
    Nim: 2103030004


    Saya setuju dengan artikel diatas karena kita harus bisa bertoleransi antar umat beragama apalagi kita tinggal di Indonesia yg mempunyai berbagai macam agama maka dari itu kita harus bisa bertoleransi dengan yg lainnya, dan di Indonesia itu mempunyai prinsip bhinneka tunggal Ika mempunyai beragam suku, budaya, bahasa, agama.
    Apalagi kalo kita hidup di lingkungan yg ada warga non muslim kita harus bisa menerapkan sifat toleransi supaya kita bisa saling menghargai satu sama lainya, supaya kita bisa hidup berdampingan dan bisa hidup rukun dengan adanya sifat toleransi yang kita miliki

    BalasHapus
  11. Nama : BINTANG PRAYOGA UTAMA
    NIM : 2103030027

    Dari artikel diatas ini toleransi merupakan sikap yang paling penting dan harus di miliki oleh setiap individu. Karena dilihat dari banyaknya perbedaan yang ada di lingkungan tanpa toleransi hidup di Indonesia pun tidak akan senyaman sekarang. Tujuan dari toleransi tersebuat agar setiap manusia dapat menghargai perbedaan yang di miliki orang lain. Dampak nya sangat baik contonya saja dapat menghindari dari adanya konflik

    BalasHapus
  12. Nama : Nanda Virgi Septian
    Nim. : 2103030011

    Dari artikel tersebut dapat di simpulkan bahwa Tloleransi bermanfaat untuk mempererat tali plersaudaraan. Dengan menerapkan sikap toleransi, masyarakat bisa saling berinteraksi dengan siapa saja tanpa melihat latar belakang agama dan sukunya sehingga mampu mempererat persaudaraan dengan sesama.Perilaku toleran akan mengajarkan kita supaya bisa saling menghargai serta hidup dengan damai, tentram, nyaman, dan terhindar dari perpecahan. Sikap seperti ini mampu memberikan rasa aman di tengah kehidupan masyarakat yang majemuk.Hidup rukun akan membuat masyarakatnya merasa nyaman dan bahagia. Jika terjadi masalah, masyarakat tidak akan merasa sendiri karena kerukunan dengan tetangga membuat mereka semakin kuat. Tingkat kerukunan di masyarakat sangat menentukan kesejahteraan masyarakatnya.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama