Definisi dan Tujuan Muhammadiyah

Muhammadiyah adalah sebuah organisasi Islam besar di Indonesia. Bersumber pada Alquran dan Sunnah, organisasi Muhammadiyah didirikan oleh KH. A. Dahlan pada tanggal 8 Dzulhijjah 1330 Hijriyah yang bertepatan dengan tanggal 18 November 1912 Miladiyah di Kota Yogyakarta. Muhammadiyah secara etimologis berarti pengikut nabi Muhammad, karena berasal dari kata Muhammad, sementara secara terminologi berarti gerakan Islam, dakwah amar ma’ruf nahi mungkar dan tajdid, bersumber pada Alquran dan as-Sunnah.

visi Muhammadiyah adalah sebagai gerakan Islam yang berlandaskan Alquran dan as-Sunnah dengan watak tajdid yang dimilikinya senantiasa istiqamah dan aktif dalam melaksanakan dakwah Islam amar ma’ruf nahi mungkar di segala bidang, sehingga menjadi rahmatan li al-‘alamin bagi umat, bangsa dan dunia kemanusiaan menuju terciptanya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya yang diridhai Allah swt dalam kehidupan di dunia ini. Sementara, misi Muhammadiyah adalah:

  • Menegakkan keyakinan tauhid yang murni sesuai dengan ajaran Allah SWT yang dibawa oleh Rasulullah yang disyariatkan sejak Nabi Nuh hingga Nabi Muhammad saw.
  • Memahami agama dengan menggunakan akal pikiran sesuai dengan jiwa ajaran Islam untuk menjawab dan menyelesaikan persoalan-persoalan kehidupan yang bersifat duniawi.
  • Menyebarluaskan ajaran Islam yang bersumber pada Alquran sebagai kitab Allah yang terakhir untuk umat manusia sebagai penjelasannya.
  • Mewujudkan amalan-amalan Islam dalam kehidupan pribadi, keluarga dan masyarakat.

Maksud dan tujuan organisasi Muhammadiyah ialah menegakkan dan menjunjung tinggi Agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Penjelasan mengenai masyarakat Islam yang sebenar-benarnya oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah dimaknai sebagai masyarakat tauhid yang moderat, teladan, inklusif dan toleran, solid dan peduli sesama.

Selain itu, tujuan organisasi Muhammadiyah juga mempunyai makna kesadaran mengemban amanah sebagai wakil Allah SWT di bumi yang bertugas menciptakan kemakmuran, keamanan, kenyamanan dan keharmonisan. Untuk mencapai tujuannya, Muhammadiyah mendirikan lembaga-lembaga pendidikan, mengadakan rapat-rapat dan tabligh di mana membicarakan Islam, mendirikan lembaga wakaf dan masjid-masjid serta menerbitkan buku-buku, brosur-brosur, surat-surat kabar dan majalah Tak banyak orang yang paham akan organisasi ini,sebagian orang menganggap ini adalah ajaran yang salah pada masa K.H. Ahmad Dahlan masih hidup. Padahal muhammadiyah ini adalah Organisasi yang mendahulukan ajaran alqur'an dan Hadist. Bahkan ada orang yang secara terang-terangan membicarakan akan ketidak sukaan terhadap ajaran yang di pelajari muhammadiyah.

Masyarakat menganggap bahwa Muhammadiyah adalah organisasi yang banyak aturan, dan organisasi yang kaku, yang hanya mengikuti apa yang dilakukan Nabi Muhammad SAW pada zaman dahulu, serta tidak mengikuti perkembangan zaman.

Saya pernah bertanya kepada teman saya Bagaimana pandagan anda mengenai Muhammadiyah?”

Dia menjawab muhammadiyah ini berbeda dengan ajaran lain,muhammadiyah merupakan ajaran yang aneh dan ajaran yang tak menghargai orang di sekeliling nya atau biasa disebut mau menang sendiri.

Disini lah saya menjelaskan kepada nya bahwasanya muhammadiyah bukan lah agama tapi organisasi,dan organisasi tak pernah memaksa seseorang untuk mengikuti seperti apa dia memahami al-quran dan hadist.

Organisasi muhammadiyah merupakan organisasi yang saling berkerja sama dan tak pernah mau menag sendiri. muhammadiyah organisasi yang memiliki banyak simpati terhadap kalangan bawah seperti yang di lakukan K.H Ahmad Dahlan dia membantu orang-orang miskin dalam, pendidikan, kesehatan, ekonomi,dl.

Terus kenapa masih ada juga yang tak suka akan organisasi muhammadiyah? Dimana letak kesalahan organisasi ini?

Menurut saya bukan organisasi ini yang salah tapi orang yang salah akan memahami maksud dan tujuan muhammadiyah ini didirikan,jelas dari awal muhammadiyah ini didirikan untuk meluruskan ajaran yang tak sesuai akan alquran dan hadist, jadi bagi orang-oarang yang menggap organisasi ini salah maka coba pelajari dulu apa maksud dari tujuan berdirinya muhammadiyah.

Rizky Nuraziz (mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Purwokerto)




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama