Kekuatan Agama dengan Kontribusi Muhammadiyah

Agama adalah tatanan dalam hidup manusia mengenai hubungan manusia itu sendiri dengan Tuhan. Agama tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan Tuhan, namun juga hubungan manusia dengan dirinya sendiri, dengan orang lain dan lingkungan. Contoh hubungan seseorang dengan dirinya sendiri yaitu seperti bagaimana seseorang harus mengkonsumsi makanan dan apa saja makanan yang halal dan boleh dimakan, bagaimana cara mendapatkan nafkah. Contoh hubungan seseorang dengan orang lain yaitu seperti cara bersosialisasi, menjamin hubungan yang baik dan positif dengan orang lain, bagaimana mencari pasangan hidup dan bagaimana melaksanakan jual beli.

Agama dapat mempersatukan berbagai perbedaan yang terdapat dalam masyarakat. Agama memiliki peran dalam membangun dan membentuk tatanan masyarakat agar lebih terarah, teratur dan lebih maju karena agama mampu menciptakan kerukunan dan harmonisasi manusia dengan perbedaan agama agar senantiasa hidup berdampingan tanpa sifat yang negatif. Agama islam mengatur segala aspek kehidupan manusia. Dalam Al Qur’an, Islam adalah agama wahyu yang terakhir, maka dari itu Islam mengklaim bahwasannya Islam mampu mengatur kehidupan manusia mulai zaman kedatangan Islam hingga zaman setelah kedatangan Islam. Agama memiliki peran yang sangat penting dalam mengatur lembaran kehidupan manusia dan memberi arahan untuk kebaikan bersama.

Agama dan beragama adalah suatu kesatuan namun kedua hal tersebut memiliki arti dan makna yang berbeda. Agama adalah suatu ajaran kebaikan yang dapat menuntuk manusia dalam hakekat kemanusiaan. Sedangkan beragama yaitu upaya belajar manusia untuk mengamalkan ajaram agama dalam aspek kehidupan, yang bertujuan agar terjalin hubungan yang harmonis dan indah atar sesama, lingkungan, alam semesta dan dengan Tuhan.

Indonesia merupakan negara dengan masyarakat yang majemuk dan terdiri dari banyak suku, ras, budaya, adat istiadat dan agama. Agama dapat berfungsi sebagai pedoman hidup dalam keseharian, sebagai pembeda dan sebagai ciri khas dalam masyarakat, sebagai pedoman dalam memahami yang benar dan yang salah, sebagai pedoman dan pengakuan diri terhadap rasa persamaan diantara umat beragama. Di Indonesia sendiri terdapat banyak organisasi masyarakat dengan perbedaan masing – masing namun tujuannya tetap satu yaitu Allah Subhanahu wa Ta’ala. Di Indonesia banyak sekali organisasi organisasi Islam seperti Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU), Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (LDII), dan sebagainya. Namun didaerah tempat tinggal saya mayoritas adalah pengikut ajaran Muhammadiyah, maksud dan tujuan Muhammadiyah adalah menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Muhammadiyah adalah gerakan Islam amar ma’ruf nahi munkar dan tajdid yang bersumber pada al Quran dan as-Sunnah as-Sohihah. Muhammadiyah menyebarkan dakwah dimana pun dan kapan pun tanpa terbatas oleh ruang dan waktu. Muhammadiyah berdiri sejak tahun 1912 oleh K.H. Ahmad Dahlan. Muhammadiyah memiliki peran yang penting dalam kemajuan bangsa Indonesia. Bukan hanya berfokus pada keagamaan, Muhammadiyah juga memikirkan mengenai pendidikan, kesehatan, sosial, pemerintahan dan politik.

Dengan melakukan dakwah, Muhammadiyah dapat merangkul masyarakat dengan tujuan amar ma’ruf nahi munkar. Muhammadiyah mengajak masyarakat untuk menyeimbangkan kehidupan dengan Islam. Muhammadiyah memiliki misi modern dan Islami. Pergerakan dan dakwah Muhammadiyah diselaraskan dengan perkembangan zaman dengan tetap menjunjung keagamaan. Perbedaan setiap gerakan ormas bukanlah menjadi suatu kekurangan, namun perbedaan tersebutlah yang menjadikan masyarakat mampu untuk menyikapi dan memahami perbedaan yang ada.

Dibidang keagamaan Muhammadiyah memiliki peran yang penting dalam masyarakat. Muhammadiyah membangun masjid sebagai tempat beribadah para umat. Muhammadiyah memberikan pengajaran keagamaan Islam seperti dalam kegiatan kajian, ceramah, dan sebagainya. Adanya pengajaran keagamaan Islam memiliki tujuan untuk memperkuat keimanan dan kesadaran keagamaan.

Dibidang pendidikan, Muhammadiyah menerapkan program yang berkualitas dan sangat bermanfaat di masa depan. Pengaruh yang besar dituangkan oleh Muhammadiyah dalam sistem pendidikan nasional. Muhammadiyah memiliki landasan filosofis yang disesuaikan dengan prinsip pendidikan di Indonesia. Prinsip pendidikan di Indonesia yaitu seperti keselarasannya dengan realita masyarakat dan kebudayaan serta sistem sosial, ekonomi dan politik. Sifat keterbukaan gerakan pendidikan Muhammadiyah terhadap pengalaman yang baik (hikmah) dan bersifat universal dengan standar kelimuan yang berkualitas dan mutakhir. Sehingga, Muhammadiyah memiliki pengaruh yang besar dalam perkembangan pendidikan di Indonesia.

Fakta lapangan di sekitar saya, banyak lembaga pendidikan yang didirikan oleh Muhammadiyah dari PAUD, TK, SD, MI, SMP, MTS, SMA, SMK, MA, Pondok Pesantren hingga perguruan tinggi. Bukan hanya menjungjung tinggi pendidikan, namun Muhammadiyah menyeimbangkan antara pendidikan dengan keagamaan.

Peran Muhammadiyah dibidang ekonomi di daerah saya juga memberikan manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat. Masyarakat merasa sangat terbantu seperti melalui amal usaha dengan mengoptimalkan faktor – faktor produksi yang dimiliki persyarikatan, yaitu peningkatan kualitas Sumber Daya Manusianya. Muhammadiyah mengembangkan jiwa entrepreneur masyarakat dan meningkatkan produktivitas masyarakat. Banyak program sosial Muhammadiyah dalam membantu masyarakat seperti bantuan sosial pada fakir miskin, pemberdayaan ekonomi dengan pemberian modal usaha dan koperasi. Adanya koperasi yang berperan bagi anggota Muhammadiyah dan memberdayakan warga Muhammadiyah dalam kegiatan di bidang ekonomi dengan mengembangkan usaha milik anggota Muhammadiyah. Program tersebut membantu umat dalam menghadapi berbagai masalah seperti pengangguran dan kemiskinan.

Dibidang kesehatan, Muhammadiyah juga memiliki peran dalam peayanan dan peningkatan mutu kesehatan masyarakat. Sebagai organisasi sosial, masalah kesehatan dan lingkungan hidup bukanlah menjadi masalah yang dapat ianggap sepele. Dua hal tersebut adalah hal yang sangat kompleks dan membutuhkan perhatian yang lebih besar. Muhammadiyah memiliki misi sebagai penggerak terwujudnya masyarakat dan lingkungan hidup masyarakat. Muhammadiyah mengembangkan pusat kegiatan pelayanan masyarakat dan peningkatan mutu kesehatan masyarakat serta pelesterian lingkungan hidup. Didaerah saya, pelayanan kesehatan yang didirikan oleh Muhammadiyah yaitu sepert RS PKU (Rumah Sakit Pembinaan Kesejahteraan Umat).

Secara keseluruhan, Muhammadiyah memiliki peran dan kontribusi bagi masyarakat. Bukan hanya berkaitan dengan kualitas hidup masyarakat, namun juga pembentukan karakter dan peningkatan keimanan umat.

Penulis : Raju Septi Nugroho (mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama