Moderasi Beragama Gereja Kristen Jawa Purwokerto

Kami dari kelompok 1 yang bertugas untuk wawancara pada mata kuliah Pendidikan Agama dengan sukacita ingin mempersembahkan wawancara ini yang didedikasikan untuk menjelajahi salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, yaitu moderasi beragama. Dalam era keragaman yang semakin berkembang, pemahaman yang tepat tentang moderasi beragama menjadi semakin penting bagi masyarakat kita.

Dan dalam konteks ini, wawancara ini bertujuan untuk menggali lebih dalam dan mendapatkan perspektif dari individu yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam bidang moderasi beragama yaitu biarawati yang ada di GKJ Purwokerto (Gereja Kristen Jawa) . Kami berharap wawancara ini akan memberikan wawasan baru dan inspirasi bagi para pembaca, serta membantu mempromosikan toleransi, pengertian, dan kerjasama antarumat beragama, di wawancara ini, kami berupaya untuk menjelajahi berbagai aspek penting, termasuk makna moderasi beragama, peran dan tantangan yang dihadapi oleh individu dalam mempraktikkan moderasi, dan dampak yang dihasilkan oleh moderasi beragama dalam membangun hubungan harmonis antarumat beragama, kami mengucapkan terima kasih yang tulus kepada narasumber yang berkenan berpartisipasi dalam wawancara ini, karena telah menyumbangkan waktu dan pengetahuan mereka untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang moderasi beragama dalam sudut pandang agama lain yang berbeda kepada kita semua, semoga wawancara ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi pembaca untuk mempromosikan dialog antaragama yang konstruktif, toleransi yang lebih besar, dan penghargaan terhadap keberagaman agama dan keyakinan di tengah-tengah masyarakat kita.

Akhir kata, semoga wawancara ini menjadi jendela bagi pembaca untuk melihat betapa pentingnya moderasi beragama dalam membangun perdamaian, menghormati perbedaan, dan menciptakan dunia yang lebih baik bagi kita semua.

Sebagaimana yang sudah diketahui bersama bahwa Indonesia khususnya Purwokerto memiliki keberagaman agama seperti Islam, Kristen, Khatolik, Hindu, Budha, & Konghucu. Keberagaman agama ini sudah ada dari zaman dahulu hingga sekarang.  Setiap agama pasti mengajarkan kebaikan dan kebenaran. Masing-masing dari agama tersebut memiliki budaya dan adat istiadat dan cara beribadah yg berbeda.   Keberagaman agama memiliki dampak positif dan dampak negatif yang dapat mempengaruhi masyarakat, bahkan di seluruh dunia.  beberapa dampak dampaknya adalah ; Toleransi dan pemahaman antaragama: Keberagaman agama dapat mempromosikan toleransi dan pemahaman antaragama. Ini dapat menghasilkan dialog antaragama yang konstruktif, meningkatkan kesadaran tentang perbedaan kepercayaan dan praktik, serta mengurangi konflik antaragama. 

Keberagaman budaya; Keberagaman agama juga sering kali berkaitan dengan keberagaman budaya. Ini dapat menghasilkan berbagai tradisi, seni, musik, dan warisan budaya yang kaya. Interaksi antar budaya dapat memperkaya pengalaman dan mempromosikan saling pengertian,. Toleransi yang membuat kuat lagi dalamm beragama, karena kita juga makhluk sosial.  Sedangkan dari dampak negatifnya adalah ; Adanya konflik agama: Keberagaman agama juga dapat menyebabkan konflik, terutama jika ada perbedaan keyakinan yang dalam dan ketegangan antara kelompok agama. Perbedaan dalam interpretasi agama, praktik keagamaan, dan tuntutan keagamaan dapat menjadi sumber konflik yang serius.

Selanjutnya ada diskriminasi dan intoleransi; Di beberapa kasus, keberagaman agama dapat menyebabkan diskriminasi dan intoleransi. Ketidak percayaan, ketakutan, atau prasangka terhadap kelompok agama yang berbeda dapat menyebabkan perlakuan yang tidak adil, pemisahan, atau bahkan kekerasan. Pada dasarnya  Mayoritas dan Minoritas itu sangat mengganggu , karena itu hanya akan membuat tingkat kepedean beragama dalam masing masing    individu hilang sedikit demi sedikit. sedangkan Pluralitas agama merujuk pada keberagaman agama di dalam suatu masyarakat atau komunitas. dan Pengaruh pluralitas agama terhadap kehidupan sosial antar umat beragama dapat bervariasi tergantung pada factor-faktor seperti toleransi, pemahaman, dan keterbukaan antarindividu dan kelompok. pengaruh umum dari pluralitas agama itu ada dan sangat penting untuk kita pahami bersama, misalnya seperti ; kerjasama dan persatuan:

Pluralitas agama yang dijalankan dengan baik dapat memicu kerjasama dan persatuan antar umat beragama. Ketika masyarakat dengan latar belakang agama yang berbeda bekerja bersama untuk mencapai tujuan yang sama, mereka dapat menghargai kontribusi dan keunikan masing-masing. Hal ini dapat menguatkan ikatan sosial dan mempromosikan perdamaian serta kemajuan sosial. Pertukaran budaya dan pengetahuan: Pluralitas agama membawa peluang untuk pertukaran budaya dan pengetahuan yang kaya. Ketika umat beragama berinteraksi, mereka dapat saling berbagi tradisi, perayaan, seni, dan pemahaman tentang dunia spiritual. Ini dapat memperkaya pengalaman dan pengetahuan umat beragama secara keseluruhan.

Toleransi menghargai perbedaan, walau berbeda tetapi kita semua makhluk sosial. Yang membedakan ialah hanya karena akidah tidak bisa disatukan tapi kemanusiaan harus satu. menghormati perbedaan itu yang sangat penting, seperti menghargai dan menghormati perbedaan keyakinan, praktik, dan ritual agama yang berbeda. Mengakui bahwa setiap individu memiliki hak untuk memilih dan mengamalkan agamanya sendiri tanpa diskriminasi atau penindasan. serta harus di imbangi oleh komunikasi yang baik dan benar, yang bertujuan untuk membangun komunikasi yang terbuka, jujur, dan saling menghargai antara anggota beragama yang berbeda. Mendengarkan pandangan dan pemikiran orang lain dengan kesabaran dan sikap terbuka, tanpa menghakimi atau mencemooh.

Bertemu dengan umat beragama lainnya. pentingnya peran Pendidikan dan kesadaran karena penting untuk memberikan pendidikan dan kesadaran yang tepat tentang nilai-nilai toleransi, persamaan, dan penghargaan terhadap perbedaan agama kepada generasi muda. Ini dapat dilakukan melalui pendidikan formal di sekolahan, program dialog antaragama, dan pelatihan tentang kebebasan beragama, berdialog antaragama dengan rukun dan guyub karena dari situ akan membangun ruang dialog yang aman dan terbuka antara umat beragama berbeda efeknya penting agar memperkuat pemahaman dan toleransi. karena Melalui dialoglah, orang dapat saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan pandangan mereka tentang agama.

Ini membantu memecahkan stereotip dan prasangka yang mungkin ada pada masing masing individu beragama, jikalau daerah sekitar masih kondusif. Hanya harus menyikapi teknologi dengan bijaksana. karena dengan adanya tekhnologi seperti smartphone, banyaknya berita berita hoax yang tersebar, dan kita harus waspada dengan hal itu karena dapat menyebabkan timbulnya konflik, harus bijak dalam bersosial media, itulah yang di maksud dengan menyikapi tekhnologi dengan bijaksana  dan ada beberapa faktor lainya adalah karena keegoisan yang masih melekat dan ada orang yang mengkambing hitamkan hanya untuk keuntungan pribadi, contohnya adalah dahulu gereja kami yang pernah memiliki konflik persoalan tanah yang kami punya, dan tanah itu di permasalahkan oleh salah satu orang yang hanya memikirkan keuntungan pribadi saja. 

Informan : Ibu Mariya (Pendeta Gereja Jawa Purwokerto)

Penulis : . Rendy Ilhamsyah, M Fadhli Azriel H, Haidar Nashir, Rio Furqon, Wildan Aulin Nuha, Toriq Abdul Azis (mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama