Peran Kemuhammadiyah di Masyarakat

Salah satu syarat kehidupan manusia yang teramat penting adalah keyakinan, yang oleh Sebagian orang  dianggap  menjelma  sebagai agama.Agama  ini  bertujuan  untuk  mencapai  kedamaian  rohani  dan kesejahteraan  jasmani.Untuk  mencapai  kedua  ini  harus  diikuti  dengan syarat yaitu percaya dengan adanya Tuhan Yang Maha Esa. Agama  Islam  memiliki  konsep-konsep  dasar  mengenai kekeluargaan, kemasyarakatan, kenegaraan, perekonomian dan lain-lain. Konsep  dasar  tersebut  memberikan  gamabaran  tentang  ajaran  yang berkenaan dengan: hubungan manusia dengan manusia atau disebut pula sebagai ajaran kemasyarakatan.

Muhammadiyah adalah gerakan Islam amar ma’ruf nahi mungkar. Karena itu, setiap perjuangan, gerakan, langkah maupun Amal Usaha Muhammadiyah harus sesuai dengan prinsip-prinsip yang terkandung dalam ajaran Islam. Pedoman tersebut adalah seperangkat nilai dan norma Islami yang bersumber pada Al Qur’an dan As Sunnah untuk menjadi pola tingkah laku warga Muhammadiyah dalam menjalani kehidupan sehari-hari sehingga tercermin kepribadian Islami menuju terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Maksud dan tujuan Muhammadiyah adalah menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Sementara itu, Muhammadiyah merupakan gerakan Islam dakwah amar ma'ruf nahi munkar dan tajdid (pembaruan tentang pokok ajaran Islam) yang bersumber pada al-Qur'an dan as-Sunnah as-Sohihah.

Kehidupan Islami warga Muhammadiyah secara pribadi ialah terbentuk dalam akidah, dalam akhlak, dalam ibadah dan dalam Mu’amalah Duniawiyah. Sedangkan dalam Keluarga ialah terhadap kedudukan keluarga, fungsi keluarga, dan aktivitas keluarga. Kehidupan bermasyarakat seperti menjalin persaudaraan, memiliki keteladanan, berlainan agama dan melaksanakan gerakan jamaah dan dakwah jamaah.

Belajar agama dapat memberi banyak manfaat bagi setiap orang. Dengan mempelajari agama, orang dapat memahami nilai-nilai dan ajaran-ajaran yang ditawarkan oleh agama tersebut. Hal ini dapat membantu seseorang atau bahkan setiap manusia dalam mengambil keputusan yang lebih baik dan bermoral. Selain itu, belajar agama juga dapat membantu seseorang menjadi orang yang lebih sabar, berakhlak mulia, dan memiliki rasa hormat terhadap orang lain.

Tujuan diturunkannya agama Islam adalah untuk menunjukkan manusia agar dapat mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Islam membawa ajaran yang akan mengantarkan pemeluknya kepada kebahagiaan dunia dan akhirat. Belajar dan memahami agama Islam akan membantu menjadi manusia yang bermoral dan berintegritas. Belajar tentang ajaran Islam, nilai-nilai, dan budaya akan memberikan seseorang dengan kualitas moral yang lebih baik.

Menanamkan kesadaran dan takwa.Agama berperan sangat penting dalam mengatur sendi-sendi kehidupan manusia dan mengarahkannya kepada kebaikan bersama. Agama dan beragama adalah satu kesatuan namun memiliki makna yang berbeda. Agama merupakan sebuah ajaran kebaikan yang menuntun manusia kembali kepada hakekat kemanusiaannya.islam sangat mendukung nilai luhur yang menyeru kepada prinsip kebaikan, seperti keadilan, kejujuran, toleransi, dan tolong-menolong. Dalam proses kehidupan yang dijalani manusia, islam sangat mendukung untuk tindakan kebaikan.

Islam adalah agama yang sempurna, yang mengatur segala aspek dalam kehidupan manusia, baik aspek ibadah (hubungan manusia dengan Allah SWT) maupun aspek muamalah (hubungan manusia dengan sesama manusia). Allah SWT telah berfirman dalam al-Qur‟an bahwasannya agama Islam itu adalah agama yang sempurna. Keistimewaan Agama Islam Secara umum yang dimaksud dengan agama Islam adalah agama yang diridhoi Allah, yang paling benar dan sempurna serta agama yang membawa rahmat bagi semesta alam.

Islam merupakan wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi terakhir yakni Nabi Muhamad SAW. "satu-satunya agama yang Allah Ridhoi bagi manusia adalah islam". manusia yang mulia adalah manusia yang mengenal Tuhannya, manusia harus berpegang pada agama dalam menemukan jalan dan aturan hidup sebagai pedoman mengenal Allah dan satu- satunya jalan untuk mengenal Allah adalah melalui agama islam.

Penulis : Algani Darojati (mahasiswa Prodi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Purwokerto)




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama