Potret Muhammadiyah dan Sebagian Ortomnya

Muhhamadiyah merupakan organisasi dakwah Islam yang ada di Indonesia. Organisasi ini lahir di Yogyakarta pada tanggal 8 Dzulhijjah 1330 H, bertepatan dengan tanggal 18 November 2014. Muhammadiyah menjadi alat perwujudan dari gerakan praksis agar membebaskan umat Islam dan bangsa Indonesia dari keterbelakangan dan ketertindasan.

Muhhammadiyah menjadi salah satu organisasi yang kuat dan konsisten dalam menyuarakan kepentingan masyarakat. Kiprah Muhammadiyah sendiri ada di berbagai bidang, antara lain bidang pendidikan, bidang kesehatan, dan bidang sosial.

Dalam hal ini, muhammadiyah memiliki kontribusi besar untuk masyarakat. Dalam bidang pendidikan, Muhammadiyah memberikan kontribusi berupa sekolah gratis bagi masyarakat yang kurang mampu. Selanjutnya untuk bidang kesehatan, Muhamadiyah ikut berkontribusi dalam memberikan pelayanan kesehatan, contoh yang paling dekat adalah ketika adanya wabah Covvid-19 menyerang, Muhammadiyah ikut berkontribusi memberikan pelayanan kesehatan berupa penyediaan vaksin gratis seusai dengan anjuran pemeritah. Dan dalam bidang sosial kemasyarakatan, Muhammadiyah berkontribusi dengan adanya dakwah yang mengimplementasikan ayat ayat Al Qur’an yang mempunyai dimensi sosial. Ada beberapa organisasi Muhammadiyah yang berdiri di lingkungan masyarakat, salah satu diantaranya adalah:

Aisyiyah

Aisyiyah adalah suatu organisasi yang beranggotakan wanita yang merupakan anggota dari Muhammadiyah. Aisyah ini biasanya membantu warga di desa yang mengalami berbagai permasalahan. Beberapa kegiatan yang dilakukan Aisyiyah seperti: (1) pendidikan, yaitu membantu masyarakat yang kesulitan ekonominya yang dapat disalurkan contohnya beasiswa LAZISMU sampai ke perguruan tinggi juga bisa. (2) kesehatan, yaitu membantu masyarakat biasanya mengadakan penyuluhan kesehatan dan pengobatan gratis sehingga masyarakat merasa terbantu dengan adanya pelayanan kesehatan yang baik. (3) agama, yaitu mengadakan pengajian rutin setiap satu Minggu sekali tujuannya untuk mempererat ibu ibu Aisyiyaah dari berbagai desa.

Bukan hanya di Aisyiyah saja,tetapi Muhammadiyah juga mengadakan pengajian rutin 1 bulan sekali pada Jumat kliwon, untuk tempatnya bergilir tergantung dekatnya lembaga Muhammadiyah. Tujuan diadakan pengajian rutin Jumat Kliwon ini menyatukan orang orang Muhammadiyah dengan orang terdahulu Muhammadiyah agar hubungannya semakin solid dalam mencari informasi mengenai Muhammadiyah yang lebih dalam.

KOKAM (Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muhammadiyah)

Kokam sebagai sub ortom di Pemuda Muhammadiyah menjadi suatu organisasi yang beranggotakan laki-laki yang merupakan anggota dari Muhammadiyah. Kokam ini biasanya membantu masyarakat yang tertimpa bencana alam seperti longsor dengan memberikan bantuan dengan cara mendonasikan dana maupun tenaga. Bukan hanya itu,biasanya juga memberikan sebagian logistik,obat-obatan dan kebutuhan yang dibutuhkan.Tentunya kokam juga bekerja sama dengan organisasi Muhammadiyah - nya dan masyarakat sekitar untuk menciptakan tujuan yang telah ditentukan demi menghindari Miss komunikasi.

Penulis : Ayu Diana Putri Lestari (mahasiswa Prodi Manajemen Universtas Muhammadiyah Purwokerto)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama