Wirausaha dan Kondisi Perekonomian di Indonesia

Banyak hal yang telah terjadi di dunia ini mulai dari ada perang lalu ada kejadian alam missal gempa tsunami dan lain sebagainya lalu ada pemberontak dan salah satu yang paling signifikan perkembangan teknologi. Manusia itu makhluk yang unik dan juga berbakat kenapa saya bilang gitu karena mereka selalu melakukan sesuatu yang mana akan merasa kurang atau kita pasti ingin melakukan sesuatu yang di minati hingga dapat membuat sesuatu yang mana itu bisa berkembang pesat. Teknologi adalah salah dari ciptaan manusia.nah selain itu manusia mengembangkan suatu yang membuat kemajuan dalam melakukan sesuatu.

Jadi kita selain membuat sesuatu juga kita mencari penghasilan yaitu salah satunya berwirausaha, dalam berwirausaha itu memiliki keuntungan yang besar dalam pendapatan, selain itu juga disana kita melatih skiil kita mulai dari skill mengatur uang atau membuat sesuatu yang di minati hingga disana kita melatih speaking ke masyarakat. Jadi dalam berwirausaha itu memiliki keuntungan yang besar tapi disamping itu juga ada kerugiannya.

Pada saat itu duna sedang dilanda oleh virus corona yang membuat seluruh dunia dalam keadaan panik dan banyak masalah lainnya.salah satunya yaitu perekonomian.dalam perekonomian tersebut mengalami krisis yang serius yang dimana pasca corona banyak perusahaan yang sempat mandek atau berhenti sesaat dikarenakan takutnya corona itu menyebar ke warga

Banyak negara mengalami kerugian akibat virus corona ini salah satunya Indonesia.Indonesia itu salah satu negara berkembang pada saat virus corona Indonesia juga negara yang palng banyak terkena virus corona.juga perekonomian di Indonesia juga mengalami kerugian.dilansir dari djkn kemenkeu atau kementrian keuangan pada tahun 2020 mengalami deflesi atau penurunan ekonomi karena perkembangan Indonesia yang pergerakan yang kurang stabil diakibatkan pengaruh dari virus corona 19.

Pemerintah sudah melakukan berbagai tindakan atau kebijakan guna mengurangi rantai virus corona tapi kebijakan itu menyebabkan berkurangnya jumlah konsumsi rumah tangga dan konsumsi Lembaga non profit yang melayani rumah tangga (LNPRT)yang mana kedua konsumsi itu sangat berpengaruh atas kontraksi pada produk domestic bruto (PDB). Banyak sekali usaha yang mengalami kerugian dan bahkan ada usaha yang bangkrut yang di akibatkan covid 19 ini.dari hasil survey singkat saya banyak usaha yang menaikan harga jual missal konter sendiri pada salah satu kartu Xl yang tadinya 35.000 menjadi 38.ribu atau warung menaikan harganya juga supanya tidak rugi

Jadi pada dasarnya perekonomian di Indonesia mengalami krisis pasca covid 19 ini yang mengakibatkan menurunnya perekonomian di Indonesia. Pemerintah berusaha untuk menekan covid19 dengan berbagai cara walau beberapa oknum yang memanfaatkan kondisi ini untuk mengumpulkan uang dengan mengambil Sebagian yang dimana seharusnya untuk masyarakat tetapi malah diambil untuk kepentingan pribadi.

Banyak sekali kerugian-kerugian yang disebabkan oleh si covid 19 ini semoga keadaan Indonesia bisa lagi bangkit dan bisa menetralisir kerugian yang di sebabkan si covid 19 ini. Jadi Kondisi Perekonomian masyarakat indonesia saat ini sedang tidak stabil. akibat pandemi Covid-19 telah mempengaruhi aktivitas ekonomi secara nasional khususnya aktivitas masyarakat. aktivitas masyarakat mualai saat pandemic berlangsung sudah mulai dikurangi atau bahkan di hentikan akibatnya berpengaruh pada aktivitas bisnis yang kemudian berimbas pada perekonomian. Dalam hal ini,kondisi ekonomi pada masa covid itu hanya akan tertutupi apabila krisis dapat diakhiri sebelum menimbulkan kebangkrutan usaha secara massal. Semoga  kondisi tersebut diharapkan bisa menghilang dan kegiatan yang sebelumnya bisa dilaksanakan atau kondisi perekonomian bisa kembali stabil.

Penulis : Risky Nasywa Hermawan (mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



8 Komentar

  1. Sofia Rokhmah 1906010030, dengan adanya covid 19 berwirausaha memang mempunyai peran yang sangat penting dalam perekonomian di Indonesia karena berwirausaha sangat diperlukan untuk menciptakan bisnis baru agar dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat. Selain itu dengan menciptakan lapangan kerja baru,peran kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia adalah mengurangi pengangguran dan kemiskinan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat.

    BalasHapus
  2. Nama bayu hanggoro
    Pandemi memang membuat beberapa sektor perekonomian terhambat karna faktor aktifitas manusia yang di batasi, namun dengan berwira usaha setelah pandemi adalah langkah awal dalam mengembalikan ekonomi seperti semula bahkan lbih baik.

    BalasHapus
  3. Recki Ayuningtyas (1906010015). Saya sependapat dengan penulis artikel ini. Perekonomian di Indonesia memang sedang kacau saat pandemi covid melanda, seperti wirausahawan yang mulai sepi pelanggan. Sebenarnya tanpa ada pandemi covid pun, perekonomian di Indonesia sudah cukup buruk. Banyaknya pengangguran dan sedikitnya lowongan kerja membuat perekonomian di Indonesia tidak stabil. Akhirnya banyak yang memilih untuk memulai berwirausaha dan membuka lowongan pekerjaan bagi orang lain. Berwirausaha adalah salah satu jalan yang sangat menguntungkan apabila kita pintar dalam pengelolaan nya. Berwirausaha juga membuka ide baru dan memberi kebebasan bagi seseorang dalam berkreasi.

    BalasHapus

  4. Alfina Damayanti 1906010016. Dari artikel di atas saya menyimpulkan bahwa perekonomian di Indonesia terkena dampak yang begitu nyata dari adanya wabah virus covid 19, hal ini khususnya paling di rasakan oleh para pelaku usaha kecil ataupun usaha yang besar yang terkena dari dampak tersebut. Jika dilihat di lapangan secara langsung hal ini memang benar adanya terjadi. Banyak para usahawan terutama usahawan kecil terutama di bidang makanan yang akhirnya berhenti dari pekerjaannya karena tidak adanya pembeli karena adanya pembatasan jarak yang diberlakukan oleh pemerintah. Tak hanya itu, semenjak wabah virus covid 19 melanda banyak bahan baku di pasaran seperti minyak, telor, dll yang naik, bahkan setelah wabah virus covid 19 ini sudah mereda pun perekonomian Indonesia masih belum stabil. Hal ini tentu saja pr bagi pemerintah untuk mengurangi beban perekonomian rakyatnya agar rakyat Indonesia sejahtera di bidang ekonomi bisnis dan lainya.

    BalasHapus
  5. salman faiz alaudin. tentang penulisan ini saya setuju. perekonomian indonesia saat masa pandemi mengalami penurunan drastis. banyak karyawan yang di phk oleh pihak instutisinya. pemerintah juga mengalami kesulitan menangani masyarakat masyarakatnya. banyak bantuan2 yang di berikan tp bantuan tersebut juga tidak membantu perekonomian masyarakat.solusi masyarakat ketika di phk yaitu banyak yang berwirausaha secara mendadak demi memenuhi kebutuhan sehari harinya.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Indonesia merupakan negara berkembang mengingat jumlah penduduknya yang relatif banyak. Hal ini tentu berdampak pada kondisi ekonomi dan sosial yang belum merata kesejahteraannya. Masalah yang umumnya dihadapi oleh negara berkembang seperti Indonesia adalah tingginya tingkat kemiskinan dan pengangguran, rendahnya tingkat kesejahteraan dan pendidikan, mahalnya harga pangan dan kesehatan, dan sebagainya. Cara untuk mengatasi masalah-masalah tersebut diperlukanperan kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia. Mukhamad Nafngan Hidayat

    BalasHapus
  8. Miftahul Ghufron
    1906010088
    Dalam perekonomian Indonesia mengalami dampak yang sangat signifikan terhadap kalangan masyarakat kelas bawah sampai atas.
    Sekarang dalam tahap pemulihan maka terjadi persaingan yang sangat hebat dalam perekonomian sebagai seorang yang berjuang menghadapi tantangan ini perlu adanya kreatifitas yang sangat tinggi karena banyaknya jumlah pedagang baru terjun ke lapangan. Terutama dampak yang sekarang sedang dialami seperti kenaikan harga bahan baku pangan yang Naim fantastis atau perubahan harga. Dalam hal ini perlu adanya perubahan mindset agar terhindar dari kemelaratan kreafitas membangun ekonomi yang maju

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama