Wirausaha Kesehatan Tradisional

Wirausaha adalah usaha yang dimodali diri sendiri maupun orang lain. Adapun wirausaha dalam pengobatan tradisional, yaitu merupakan usaha dalam pengobatan tradisional secara alami dengan alat yang alami. Pengobatan tradisional adalah pengobatan yang dilakukan secara turun temurun. Dengan cara diterapi, pijat, dan meminum minuman herbal, sesuai dengan penyakit pasien atau sesuai dengan dosisnya. Dengan cara itu, pasien bisa dibantu kesembuhannya dalam minum obat secara teratur sesuai dosisnya. Pengobatan tradisional tidak memiliki efek samping, dikarenakan bahan-bahannya alami. Seperti tanaman sambirata, brotowali, mengkudu atau pace, bawang putih, bunga telang, kecubung, tapak liman, tapak dara, daun salam, cengkeh, krokot, puring, akar alang-alang dan masih banyak lagi.

Dengan adanya tanaman tersebut, akan dihasilkannya berbagai ramuan obat untuk menyembuhkan pasien. Disamping itu, pasien  juga harus mengkonsumsi madu. Karena dengan mengkonsumsi madu pasien bisa menambah stamina. Adanya beberapa makanan yang harus dihindari sesuai kasus penyakitnya.

Kembali ke Pengobatan Alami Kunci Hidup Sehat. Bagi Anda yang belum menerapkan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan, Anda bisa mencoba proses pengobatan alami yang banyak bermanfaat bagi kesehatan. Pengobatan alami memicu proses penyembuhan mandiri oleh tubuh Anda. Kuncinya adalah selalu memilih makanan, nutrisi dan melakukan proses detoksifikasi secara alami untuk menyembuhkan penyakit Anda. Mengonsumsi obat-obatan herbal juga bisa menjadikan hidup Anda lebih sehat dan ramah lingkungan serta membantu Anda terhindar dari obat-obatan kimia yang akan berefek samping ketubuh. Hampir semua proses penyembuhan penyakit di Barat, saat ini selalu menggunakan obat-obatan kimia yang mengandung toksin tinggi dan seringkali harus digunakan secara terus menerus saat keluhan penyakit timbul. Walaupun khasiatnya sering diragukan, obat-obatan kimia itu masih menjadi solusi utama di dunia kesehatan. Mereka bersaing dengan industri obat-obatan alami untuk meraup pasar. Obat-obatan herbal masih sekedar menjadi alternatif. Masih banyak yang enggan mencoba proses pengobatan alami ini. Padahal sudah banyak yang mengakui khasiat obat-obatan alami dalam menyembuhkan penyakit-penyakit berat.

Bagi mereka, lebih mudah untuk menelan pil dibanding mengubah gaya hidup. Gaya hidup ramah lingkungan (green living) dibangun atas tiga fondasi besar yaitu dari sisi individu, komunitas lokal dan global. Pada level individu, masyarakat saat ini benar-benar membutuhkan makanan yang sehat bagi keluarga. Komunitas lokal membutuhkan lingkungan yang bersih, tempat kerja yang bersih dan lokasi publik lain yang juga bersih. Sementara dunia membutuhkan tanah, hutan dan udara yang selalu terjaga. Setiap individu butuh untuk mengonsumsi suplemen alami. Siapapun Anda, Anda membutuhkan suplemen, vitamin dan mineral yang jelas asal-usulnya agar tetap bugar dan sehat. Makanan organik semakin dicari dan diminati karena selain mengandung lebih banyak gizi, kandungan racun dalam makanan organik juga jauh lebih sedikit. Program detoksifikasi alami ini bisa membantu menghilangkan racun yang berasal dari makanan dan air yang Anda konsumsi, juga dari udara. Menerapkan gaya hidup ramah lingkungan kini juga semakin mudah karena semakin banyak masyarakat yang sadar atas efek negatif makanan terhadap tubuh kita. Nutrisi dalam makanan hilang saat makanan tersebut dikirim dari satu lokasi ke lokasi yang lain, sehingga mengonsumsi makanan organik dari pasar lokal jauh lebih bermanfaat bagi kesehatan.

Semakin bersih makanan yang dikonsumsi oleh seseorang, semakin baik kualitas hidupnya. Anda bisa mencoba mengonsumsi makanan organik selama beberapa hari dan rasakan manfaatnya. Minum air yang terjaga kualitasnya juga penting bagi kesehatan. Kita tahu bahwa sumber air kita sudah banyak tercemari oleh sampah yang dibuang sembarangan. Air yang mengandung fluorida dan chlorine, berefek negatif bagi kesehatan. Minum air yang tercemar bagaikan mengonsumsi obat-obatan kimiawi. Gunakan filter air untuk memastikan air yang Anda konsumsi bersih. Gunakan juga pembersih rumah yang ramah lingkungan. Sebisa mungkin, hindari pemakaian bahan-bahan kimia di rumah. Jika semakin banyak orang yang beralih ke proses pengobatan alami, jumlah obat-obatan beracun di pasar juga akan semakin berkurang sehingga membawa manfaat bagi semua orang.

Dari penjabaran diatas, saya ingin menelaah lebih dalam terkait berwirausaha dalam pengobatan tradisional. Narasumber tersebut Bernama Bapak Nakun Slamet Setiawan beliau merupakan seorang pengobat herbal. Pada proses wawancara, saya mendatangi langsung rumah narasumber yang pada saat itu ada beberapa pasien. Berdasarkan penjelasan pasien, pasien mengalami beberapa penyakit.  Berikut penjelasan beberapa penyakit dan juga jenis obatnya.

Darah tinggi (hipertensi)

Darah tinggi adalah penyumbatan sel darah di saraf atau organ di bagian kepala. Hal ini dikarenakan terlalu banyak pikiran yang tidak diimbangi dengan kemampuan. Penyakit ini membutuhkan obat yang mengandung jenis tanaman pala, lenglengan, mengkudu, dan juga sambirata yang dikonsumsi sesuai anjuran pengobat yang sudah mempunyai izin dari dinas Kesehatan.

Darah rendah

Darah rendah adalah kekurangan nutrisi. Maka pasien yang terkena penyakit ini membutuhkan jenis herbal  yang bersifat hangat. Seperti mengonsumsi sate kambing. Adapun jenis herbalnya seperti, jahe, habbatussauda (jinten hitam),dan juga madu. Selain itu, pasien yang terkena penyakit ini dilarang mengonsummsi minuman dingin dan juga tidak berada di ruangan yang ber-AC. Pasien dianjurkan untuk berjemur di pagi hari dari jam 07.00-09.00 agar mendapatkan inframerah pada saat terkena sinar matahari langsung. Disamping itu pasien juga melakukan olahraga ringan.

Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang terlalu berlebihan mengonsumsi gula. Perpaduan herbal dan rempah berkualitas seperti madu hitam, propolis, jamur lingzhi, sereh, kayu manis dan banyak rempah yang diproses secara fermentasi, sehingga menghasilkan herbal yang lebih cepat dan mudah diserap organ tubuh.

Maag

Penyakit ini sering dijumpai di kalangan masyarkat, karena akibat dari menunda waktu makan. Maag merupakan penyakit yang mengganggu lambung. Apabila terasa nyeri di lambung, maka ada usus yang terluka. Penyakit ini membutuhkan jenis obat herbal. Seperti sagu, mengonsumsi madu, kunyit putih, sambirata, jinten hitam dan teh hijau.

Dari beberapa contoh jenis penyakit dan juga jenis obat herbalnya diatas. Bahan-bahan pengobatan ini dihasilkan dari rempah-rempah dan juga tanaman apotik hidup di lingkungan sekitarnya.

Penulis : Khusniyatun Nur Shofi (mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



1 Komentar

Lebih baru Lebih lama