My Story Pemuda Muhammadiyah Cabang Kalibagor

Tanggal 30 Juni 2011 merupakan sejarah dimana saya menjadi warga Desa Pekaja Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. Beberapa bulan kemudian mencari informasi tentang Pimpinan Ranting Muhammadiyah Pekaja, dan didepan rumah beliau terdapat Papan Pimpinan Ranting Muhammadiyah Pekaja beliau adalah Bapak Nohidi ( Almarhum ). Selang beberapa bulan saya bersilaturrahim dengan Ketua Pimpinan Cabang Kalibagor Periode Muktamar 2010 – 2015 yaitu Bapak Drs. Agus Sumbodo ( Kepala SMP N 2 Kalibagor) pada waktu itu.

Waktu demi waktu, hari demi hari, bulan demi bulan, tahun demi tahun saya diberi amanah untuk membentuk Pemuda Muhammadiyah Cabang Kalibagor, karena kepemimpinan terputus dan tidak ada kaderisasi di tubuh Pemuda Muhammadiyah Cabang Kalibagor. Dengan diberi tugas asaya mencoba mengumpulkan teman-teman pemuda yaitu M. Fariqi, Ahmad Gufron, Agus dan Saya. Akan tetapi beberapa kali pertemuan tidak ada perkembangan kuantitas atau jumlah dan sulitnya pertemuan karena kepentingan keluarga masing-masing. Hingga akhir kepemimpinan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kalibagor berakhir kami tidak bisa membentuk Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Kalibagor.

Bulan September 2016 dilaksanakanlah Musyawarah Cabang Muhammadiyah Kalibagor bertempat di TK ABA 1 Kalibagor. Dalam rapat lanjutan setelah formatur dirapatkan sebelum pelatikan saya diberi amanah sebagai Wakil Sekretaris Pimpipnan Cabang Muhammadiyah Kalibagor Periode Muktamar 2015 – 2020. Dalam perjalanan saya masih berfikir dan merenung bagaimana agar dalam sebuah organisasi Muhammadiyah harus selalu adanya kaderisasi agar organisasi ini tetap berjalan. Dari sini saya mulai melihat potensi dan kekuatan ranting yang ada di Cabang Kalibagor dan merekrut teman-teman yang usia muda.

Pada hari Jum’at – Ahad, 27 – 29 Januari 2017 Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kab. Banyumas mengadakan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) KOKAM Kab. Banyumas bertempat di MI Muhammadiyah Gandatapa Kec. Sumbang. Dari ini saya momohon agar adanya pendelegasian dari Cabang Kalibagor, dengan mengutus Sdr. Solichin dan Sdr.Agung Dwi Cahyo agar mengikuti kegiatan Diklatsar KOKAM dengan harapan titik awal gerakan dan kaderisasi di tingkat Pemuda Muhammadiyah. Setelah mengikuti Diklatsar KOKAM mereka mulai bergeliat mencari teman sebaya agar ikut berpartisipasi di Pemuda Muhammadiyah.

Pada bulan Mei 2017 sebelum bulan Ramadhan, kami berkumpul bersama teman-teman yang berusia muda agar dengan motor penggerak sdr. Solichin dan sdr. Agung Dwi Cahyo bermusyawarah di Masjid Baitul Arqom Desa Suro dan dibentuklah Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Kalibagor. Dengan kepimpinan baru dengan Ketua Sdr. Cahyanto, Sekretaris Sdr. Wisnu dan Bendahara Sdr. Arsim. Program pertama yang dilaksanakan adalah mendirikan Posko MudikMu 2017 di Kec. Kalibagor. Kegiatan ini memberikan semangat bagi teman-teman sebaya dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kalibagor  agar selalu sinergi dalam pergerakan.

Pada bulan Juni 2017 tetapnya Bulan Syawal  Kami dilantik menjadi Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Kalibagor Periode Muktamar 2014 – 2018 dari Pimpinan daerah yang melantik yaitu Ketua Sdr. Nur Fauzi dan Sekretaris Sdr. Tungguh Kasiyanto di Masjid As Salam Desa Suro. Disinilah kami mulai merekrut teman-teman sebaya melalui Pemuda Muhammadiyah dan mendelegasikan Diklatsar KOKAM dimana Pimpinan Daerah mengadakan.

Bulan Januari 2018 Kami Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Kalibagor melaksanakan dan menjadi panitia lokal untuk Diklatsar KOKAM bertempat di TK ABA 2 Desa Suro Kec. Kalibagor dengan harapan teman-teman ikut berpartisipasi bagi yang belum mengikuti Diklatsar KOKAM dan bagi yang sudah mengikuti menjadi Panitia.

Di akhir Tahun 2018 kami dari Angkatan Muda Muhammadiyah Kalibagor, mulai ikut berpartisipasi dalam penyelenggara Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. Adapun yang menjadi penyelenggara Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 yaitu Sdr. Heri Purwanto sebagai Panwascam  Kalibagor, Sdr. Cahyanto sebagai Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kalibagor , Sdr. Agus Awaludin sebagai Panwas Desa Pajerukan, Sdr. Arsim sebagai Panitia Pemnungutan Suara (PPS) Desa Suro dan Sdr. Septi Andriyani sebagai Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Pekaja. Dengan Partisipasi teman-teman di penyelenggaran pemilu kami dapat berkomunikasi dengan pemerintahan setempat, karena anggota Muhammadiyah bukan hanya sebagai anggota partai politik tetapi dapat berpatisipasi di penyenggara pemilu agar mewujudkan demokrasi yang baik untuk bangsa dan negara.   

Pada Bulan Februari 2020 kami menyelanggarakan Musyawarah Cabang Pemuda Muhammadiyah I bertempat di TK ABA 1 Kalibagor di terbentuklah 7 Formatur yaitu Cahyanto, Solichin, Agung DC, M. Fariqi, Ruswanto, Heri Purwanto, Muh. Dzikri. Dalam rapat formatur diputuskanlah kepengurusan Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Kalibagor yaitu Sdr. Cahyanto sebagai Ketua, Agus Awaludin sebagai Sekretaris, dan Teguh Prayitno sebagai Bendahara, sedangkan kawan-kawan yang masuk farmatur menjadi ketua bidang di jajaran Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Kalibagor.

Pada hari Ahad, 8 Maret 2020 dilantiklan Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Kalibagor Periode Muktamar 2018 – 2022  oleh Bapak. Dr. H. Hizbul Muflihin, M.Pd dari PDM Kab, Banyumas. Sedangkan Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kab. Banyumas datang dengan terlambat karena bersamaan dengan Pelantikan Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Kembaran Periode Muktamar 2018 – 2022 sehingga PDPM Kab. Banyumas secara simbolis menyerakhan SK PCPM Kalibagor terbaru. 

Satu pekan setelah pelantikan ternyata adanya Pandemi Covid-19 sehingga program-program yang sudah direncanakan kita mencoba menyesuaikan dengan peraturan dari pemerintah dengan instruksi lockdouwn, akan tetapi kami tetap berkoordinasi dan konsilidasi salah satunya setiap bulan Ramadhan adanya Posko MudikMu diganti dengan program kewirausahaan yaitu menjual takjil untuk berbuka ditempat yang biasa untuk Posko MudikMu.

Tepatnya pada saat perpanjangan SK PCM Kalibagor Periode 2020 – 2022 adanya resuffle bulan Maret 2021 yaitu Ketua Bapak H. Asep Saeful Anwar, S.P., M.M dan Wakil Sekretaris Sdr. Agus Awaludin, S.M dan Saya berpindah ke Majelis Pendidikan Kader PCM Kalibagor.   

Demikian sejarah perjalanan pembentukan dan kaderisasi  Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Kalibagor, atas masukan dan kritik kami harapkan dapat meningkatkan kualitas pimpinan dan anggota.

Nama     : Cahyanto, S.Pd.I (SD Muhammadiyah Purwokerto)




 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama