Gerakan Penghijauan: Potret Gerakan Muhammadiyah

Muhammadiyah merupakan gerakan Islam dakwah amar ma’ruf nahi munkar dan tajdid (pembaruan tentang pokok ajaran Islam) yang bersumber pada Al-Qur’an dan as-Sunnah as-Sohihah. Kemudian apa itu kemuhammadiyahan? Kemuhammadiyahan merupakan mata pelajaran yang dipelajari diseluruh perguruan tingggi, dan menjadi bagian dalam Pendidikan Muhammadiyah. Tujuan Muhammadiyah sebagai gerakan islam yaitu untuk menegakkan dan menjunjung tinggi agama islam sehingga terwujud masyarakat islam yang sebenar-benarnya.

Lalu bagaimana Gerakan Muhammadiyah di lingkungan sekitar? Dilihat dari banyaknya warga di lingkungan yang hampir 100% merupakan tokoh NU dan sedikitnya tokoh Muhammadiyah di lingkungan saya banyak perbedaan yang menurut saya sangat jauh beda. Sebagai contoh tokoh NU yang menurut saya banyak sekali kegiatan doa bersama, seperti contoh jika di lingkungan ada salah satu warga yang meninggal para warga NU setiap malam melakukan doa Bersama sampai 7 hari dirumah orang yang meninggal tersebut. Jika sudah sampai 7 hari melakukan doa bersama, maka para warga yang ikut berdoa diberi sembako yang berupa beras, minyak goreng, mie, teh, dan uang 5000 rupiah. Kemudian masih ada acara doa Bersama untuk orang yang sudah meninggal yaitu antara 40 hari, 100 hari, bahkan 1000 hari. Untuk doa 40 hari biasanya warga yang hadir diberikan sarung dan sembako yang isinya sama seperti pada hari ke 7. Untuk tokoh Muhammadiyah sendiri tidak melakukan doa bersama ketika ada warga yang meninggal.

Kemudian Muhammadiyah di lingkungan saya terdapat beberapa orang saja, bahkan tokoh Muhammadiyah tidak melakukan solat jamaah di dekat mushola dari rumahnya. Beliau setiap hari melakukan jamaah solat di beda desa yang kebanyakan dari mereka merupakan tokoh Muhammadiyah, dilihat dari solatnya pun berbeda jika NU menggunakan qunut maka Muhammadiyah tidak menggunakan qunut dan untuk bacaan solatnya pun berbeda.

Menurut saya bacaan solat Muhammadiyah lebih mudah dihafal. Kemudian jika pada bulan Ramadhan tokoh NU melakukan solat tarawih sebanyak 23 rakaat berbeda dengan Muhammadiyah yang melakukan solat tarawih sebanyak 11 rakaat. Tidak hanya itu saja untuk awal puasa saja Muhammadiyah melakukan puasa terlebih dahulu dibandingkan dengan masyarakat NU, untuk lebaran juga kadang Muhammadiyah yang terlebih dahulu melakukan lebaran dibandingkan NU.

Para pemuda Muhammadiyah juga melakukan gerakan peduli lingkungan di sekitar masyarakat. Gerakan tersebut berupa melakukan kegiatan penghijauan, mengelola sampah, melakukan bersih-bersih sungai atau jalanan dan masih banyak hal-hal yang dilakukan oleh pemuda Muhammadiyah. Untuk bulan puasa para pemuda dan pemudi Muhammadiyah juga sering melakukan berbagi takjil untuk warga sekitar. Pemuda Muhammadiyah di lingkungan saya juga sering melakukan perkumpulan untuk membahas apa saja yang akan dilakukan dikemudian hari. Tidak hanya pemuda saja, tapi untuk para orang tua juga sering melakukan perkumpulan di masjid. Dengan diadakannya perkumpulan tersebut menambah tali silaturahmi yang kuat dan tidak menimbulkan perbedaan pendapat.

Jika dilihat dari masyarakat Muhammadiyah di lingkungan saya, saya jarang melihat para tokoh Muhammadiyah melakukan ziarah ke makam tokoh-tokoh islam. Bahkan yang saya sering lihat yaitu tokoh NU yang sering melakukan ziarah ke makam tokoh-tokoh islam di berbagai daerah. Kemudian untuk masyarakat NU para pemuda setiap malam jumat melakulan tahlilan dan memainkan hadroh. Kegiatan tersebut dilakukan di rumah pemuda yang nantinya bergiliran dengan pemuda lainnya.

Kesimpulannya tokoh Muhammadiyah di lingkungan saya tidak sebanyak dengan tokoh NU, tapi kami yang merupakan tokoh Muhammadiyah tidak membeda-bedakan gerakan lainnya kami saling menghormati dan tetap menjaga kesopanan dalam berbagai hal. Bahkan pemuda NU dan pemuda Muhammadiyah sering melakukan kerja sama dan tidak saling membedakan satu dengan yang lainnya.

Penulis : Cecillia Jhovanca Pramudita (mahasiswa Prodi Sastra Inggris Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama