Dinamika Pengurus Masjid Perumahan Nurul Huda

Masjid Perumahan Nurul Huda ini terletak di Jalan Rasamala 1, Karang Malang, Teluk, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Untuk narasumber yang kami wawancarai kali ini adalah seorang pengurus masjid tersebut yang bernama Muhammad Nabil Afara Wicaksono, namun saat kami akan mewawancara, beliau sedang tidak dirumah sehingga kami berwawancara melalui video call.

Beliau sudah menjadi pengurus masjid selama hampir 2 tahun dan menceritakan kepada kami tentang apa saja kegiatan yang dijalaninya selama menjadi pengurus masjid. Melalui platform video call, saya dapat berinteraksi dengan beliau. Walaupun kami berkomunikasi dari tempat yang berbeda, semangatnya yang tulus terpancar melalui layar. Saya pertama-tama bertanya kepada beliau tentang sejarah Masjid Nurul Huda. Beliau menjelaskan bahwa masjid ini didirikan lebih dari 22 tahun yang lalu. Kemudian, saya menanyakan peran pengurus dalam menjalankan masjid ini secara online.

Beliau juga menjelaskan bahwa seiring dengan perkembangan teknologi, masjid juga telah beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan umat Muslim dalam dunia digital. Pengurus masjid menjalankan tugas-tugas mereka dengan menggunakan platform online untuk mengatur jadwal kegiatan, mengirimkan pengumuman melalui media sosial. Kemudian saya juga menanyakan mengenai kegiatan sosial yang dilakukan oleh masjid tersebut. Beliau menjelaskan bahwa meskipun kegiatan fisik terbatas selama pandemi, masjid tetap aktif dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Selama wawancara, saya merasakan semangat dan kepedulian beliau dalam memberikan pendidikan agama yang bermakna bagi umat Muslim. Beliau juga menekankan bahwa masjid berperan sebagai lembaga pendidikan yang tidak hanya mengajarkan ajaran agama, tetapi juga memberikan nilai-nilai kehidupan yang positif dan mengajarkan toleransi, kasih sayang, dan kepedulian sosial. Wawancara online ini membuktikan bahwa pengurus Masjid Nurul Huda memiliki semangat dan komitmen yang tinggi dalam menjalankan tanggung jawab mereka, tidak peduli apa kendala yang dihadapi.

  • Sudah berapa lama masjid ini berdiri?
  • Narasumber : Masjid ini dibangun sekitar tahun 2000 jadi sudah sekitar 23 tahun yang lalu
  • Apa saja kegiatan yang dilakukan oleh masjid dalam sepekan terakhir?
  • Narasumber : Ada beberapa kegiatan seperti kajian yang sudah terlaksana 3x di minggu ini
  • Bagaimana cara anda menjaga kebersihan masjid dan kerapihan ruang ibadah?
  • Narasumber : Cara menjaga kebersihan masjid disini menggunakan vaccum cleaner setiap jum’at kemudian karpet dicuci dan disemprot pewangi karpet
  • Apakah ada kegiatan khusus yang diadakan untuk masyarakat seperti bazar atau seminar agama?
  • Narasumber : Kalau disini sering mengadakan kajian rutin yang pasti undangannya di post melalui media sosial
  • Apakah masjid memiliki program sosial atau kemanusiaan, seperti kegiatan amal atau bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan?
  • Narasumber : Disini contohnya membagikan zakat saat idul fitri kemudian membagikan daging qurban ketika idul adha kepada masyarakat sekitar dan juga kepada masyarakat yang membutuhkan
  • Bagaimana masjid mendukung dan memfasilitasi kegiatan ibadah jamaah yang berbeda, seperti sholat jum’at, sholat idul fitri, dan semacamnya?
  • Narasumber : Ketika saat sedang memasuki bulan puasa misalnya, disini selalu membuat extra tempat untuk sholat para jamaah nya seperti misalnya membuat tarub dan panggung untuk tempat sholatnya, kemudian ketika sholat idul fitri diselenggarakan di lapangan
  • Bagaimana masjid menjalankan program kegiatan ramadhan, seperti tarawih, dan kajian-kajian misalnya?
  • Narasumber : Program selama kegiatan bulan ramadhan disini ada kuliah subuh setiap hari selama bulan ramadhan, kemudian mengadakan pengajian dalam menyambut malam lailatul qadar.

Penulis : Muizz Doni Kurniawan, Hardian Rifanza, Imam Arief Sa’roni, Alek Firliansa, Azis Nur Alamsyah (mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama