Kemuhammadiyah dalam Lingkungan Masyarakat

Kemuhammadiyah adalah salah satu organisasi islam yang cukup besar di Indonesia. Kemuhammadiyah ini merupakan sebuah organisasi yang mendahulukan ajaran alquran dan hadist. Organisasi ini didirikan pada tahun 1912 oleh KH A hmad Dahlan dengan tujuan untuk membentuk masyarakat yang lebih baik melalui Pendidikan, dakwah, dan amal. Di sekitar lingkungan masyarakat, Kemuhmammadiyah sering dikenal sebagai salah satu organisasi islam yang memiliki banyak kegiatan sosial, seperti bakti sosial, pengobatan gratis, dan lain sebagainya.

Banyak orang dimasyarakat menghargai kontribusi kemuhhamadiyah dalam memajukan Pendidikan dan kesejahteraan sosial. Kemuhammadiyah telah membangun banyak sekolah, universitas, dan Lembaga Pendidikan lainnya yang memberikan kesempatan Pendidikan bagi masyarakat yang kurang mampu. Selain itu, kemuhammadiyah juga aktif dalam memberikan bantuan sosisal kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti korban bencana alam, orang miskin, dan lain sebagainya.

Kemuhammadiyah di lingkungan masyarakat saya tidak terllau aktif karena kebanyakan dari mereka hanya penganut Muhammadiyah saja bukan seperti organisasi Muhammadiyah yang dimana mereka menjalankan sebuah program dengan maksud dan tujuan. Tetapi terkadang masyarakat melakukan sosialisasi dalam bentuk membantu orang lain seperti yang tertimpa musibah, mereka dengan senang hati menolongnya. Selain itu di lingkungan masyarakat saya selalu mengadakan pengajian sore yang di lakukan setiap seminggu dua kali.

Seperti halnya organsisasi lainnya, Kemuhammadiyah juga memiliki berbagai kontorversi dan perbedaan pendapat di antara anggotanya sendiri maupun dengan masyarakat luas. Beberapa kontroversi yang seringkali dibahas adlaha terkait pandanagan Kemuhammadiyah terhadap isu-isu sosial seperti LGBT dan peran Wanita dalam masyarakat. Ada pihak yang mendukung pandangan Kemuhammadiyah, tetapi ada juga yang berpendapat bahwa pandangan ini kurang sesuai dengan semangat toleransi dan pluralisme yang seharusnya dianut oleh masyarakat yang majemuk.

Secara keseluruhan, Kemuhamammdiyah merupakan organisasi islam yang memiliki banyak kegiatan sosial dan Pendidikan yang bermanfaat bagi masyarakat. Namun, sebagaimana organisasi lainnya, Kemuhammadiyah juga memiliki perbedaan pendapat dan pandangan yang tidak selalu diterima oleh seluruh masyarakat. Oleh karena itu, penting bagi Kemuhammadiyah dan masyarakat luas untuk terus berdialog dan mencari kesepahaman dalam memajukan kebaikan Bersama.

Muhammadiyah bergerak dalam amar ma'ruf nahi munkar Dan berpegang teguh alquran Dan assunah,  muhammadiyah sendiri membrantas penyakit TBC yaitu tahalul bidah Dan churafat, tahalul yaitu percaya pada sesuatu yang tidak benar (mustahil), Bidah yaitu mengada-adakan ajaran yang tidak ada contohnya dari nabi Dan ajaran islam yang murni, churafat yaitu percaya pada tanda-tanda alam yang dikaitkan dengan nasib hidup.

Muhammadiyah sendiri dikalangan masyarakat sangat melarang perbuatan-perbuatan tersebut karena sangat melenceng dari ajaran agama, dimasyarakat sendiri masih banyak yang melakukan dari salah satu perbuatan tersebut. Salah satunya masih melaksanakan tahlilan seperti nyatus, nyewu.

jika yang dimaksudkan tahlilan membaca "Laa ilaha illala". Muhammadiyah tidak melarang, tetapi menganjurkan membacanya hanya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Namun, jika tahlilan dilakukan sebagai ritual yang berkaitan dengan hari ketujuh kematian, hari kematian ke-40, hari kematian ke-100, dll, mirip dengan apa yang dilakukan umat Hindu. Muhammad melarangnya dan menyatakannya Bid’ah. Apalagi tahlilan dilakukan dengan biaya yang lumayan dan membutuhkan uang pinjaman dari tetangga atau anggota keluarga sebagai tabzir (pemborosan). Ini jelas salah.

Maka dari itu dikalangan masyarakat saya muhammadiyah melarang tahlilan, Dan untuk menyebarkannya didesa saya muhammadiyah Ada pengajian rutin mingguan yaitu salah satunya untuk meluruskan perbuatan perbuatan yang melenceng dari agama islam.

Penulis : Devina Nur Zalfa Soraya (mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama