Mengenal Lebih Dekat Cabang Muhammadiyah Kembaran Banyumas

Pada hari Rabu 7 Juni 2023, kelompok kami melakukan wawancara kepada Bapak Karyono yang merupakan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kembaran.  Bapak Karyono sebagai Pimpinan Cabang  Muhammadiyah Kembaran ini sudah menjabat sejak periode Muktamar 46 sekitar tahun 2011, telah berperan selama 12 tahun dalam organisasi. Beliau menyampaikan tugas utama organisasi ini adalah melakukan dakwah, sebagaimana Muhammadiyah merupakan organisasi dakwah yang mengajarkan agama Islam, dengan fokus pada menyampaikan ajaran Nabi Muhammad, mendorong kebaikan, dan menolak kemungkaran.

Saat ini, cabang tersebut belum memiliki sekretariat resmi, sehingga alamat PCM berada di rumah pribadi Pimpinan cabang yang teletak di Desa Ledug. Cabang Muhammadiyah Kembaran dibentuk pada periode 46. Namun, karena adanya pemekaran, kini terdapat dua cabang Muhammadiyah di kecamatan tersebut, yaitu Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kembaran dan Cabang Pimpinan Muhammadiyah Keramat. Program kerja utama PCM adalah pembinaan dan pengembangan ranting Muhammadiyah.

Ketika awal menjabat, program ini menjadi prioritas karena membutuhkan pembenahan. Salah satu kendala dalam pelaksanaan program adalah keterbatasan waktu dan komunikasi, karena anggota cabang sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Dalam hal komunikasi sendiri sudah dapat teratasi karena keberadaan teknologi digital seperti telepon genggam telah membantu dalam mempermudah komunikasi. Namun untuk kendala pertemuan rutin masih susah untuk mengatur jadwalnya. Biasanya solusi dari kendala ini adalah melakukan pertemuan di malam hari setelah sholat isya karena pada waktu tersebut banyak orang yang sudah selesai dengan kesibukannya. Tidak ada kendala yang signifikan dalam mencapai visi cabang Muhammadiyah Kembaran. Kebersamaan menjadi kunci utama dalam mewujudkan rencana dan keinginan. Tanpa adanya kebersamaan, rencana tersebut sulit terlaksana, dan koordinasi dari setiap individu juga sangat penting.

Dalam wawancara ini beliau juga menjelaskan terkait Musyawarah Daerah (Musda) yang dilaksanakan pada tanggal 6-7 Mei 2023.Pelaksaan Musda ini berlokasi di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Musyawarah Daerah Banyumas bejalan dengan lancar. Pada acara Musda, dipilih pengurus baru untuk Pimpinan Daerah Banyumas ini, mulai dari pimpinan hingga majelis dan lembaga. Dalam acara ini, terdapat program untuk memilih kepemimpinan yang baru, sehingga ada pembaruan dalam struktur organisasi. Harapan setelah terpilihnya kepemimpinan Daerah Muhammadiyah yang baru adalah melanjutkan program kepemimpinan yang lama dan dakwah Muhammadiyah lebih maju. Sedangkan untuk pelaksaan Muscab (Musyawarah Cabang) Kembaran rencananya akan dilaksanakan di bulan Agustus. Rencana lokasi Muscab akan dilaksanakan di Masjid Al-Hikmah Ledug, tetapi untuk keputusan pastinya belum ditentukan.

Dalam sebuah organisasi pastinya ada regenerasi untuk Kepemimpinan maupun anggota. Bapak Karyono menyampaikan harapan untuk regenerasi kepemimpinan cabang ini adalah agar generasi muda dapat lebih aktif dalam kegiatan dakwah di Muhammadiyah. Di masa depan, diharapkan akan ada pemimpin muda Muhammadiyah dan cabang pimpinan Muhammadiyah yang baru, sebagai bentuk regenerasi dalam organisasi. Meskipun anggota cabang relatif aktif dan sering mengadakan pertemuan, diharapkan agar mereka dapat terus bersatu dalam semangat dakwah dan menciptakan narasi yang baik untuk cabang Muhammadiyah Kembaran.

Penulis : Auliya Nur Azzahra, Tri Utami, Fahriyan Wahyu Nugroho, Regy Jolian Tofan (mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Purwokerto)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama