Pelayanan Kesehatan yang Didukung oleh Muhammadiyah

Muhammadiyah memiliki banyak badan amal usaha yang bergerak di berbagai bidang. Di bidang pendidikan ada sekolah dan perguruan tinggi. Di bidang Kesehatan dan kesejahteraan ada rumah sakit, apotek, apotek, panti asuhan, panti jompo, rehabilitasi cacat. Di bidang kewirausahaan ada majelis wakaf dan ZIS (zakat, infak, shadaqah) serta di bidang keagamaan, Muhammadiyah menyediakan masjid dan mushola.

Kami menuju ke salah satu badan amal usaha Muhammadiyah di bidang Kesehatan yaitu Apotek UMP. Kami telah mewawancarai salah satu karyawan apotek tersebut yang bernama Ari Widiyanto, seorang lulusan D3 Keuangan dari Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED). Beliau sudah bekerja selama 15 tahun sejak tahun 2008. Posisi Ari saat ini adalah di bidang keuangan. Namun, sebelum menduduki posisi tersebut, Ari pernah bertugas di bagian administrasi khususnya dalam registrasi umum.

Apotek UMP merupakan sebuah lembaga kesehatan yang berfokus pada pelayanan masyarakat yang telah berdiri sejak Maret 2002. Apotek ini didirikan oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto dengan tujuan utama untuk melayani penduduk sekitar wilayah Dukuhwaluh dan mahasiswa UMP serta menjadi tempat praktik bagi mahasiswa Fakultas Farmasi UMP.

Sumber dana dan modal untuk operasional Apotek UMP berasal dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto sendiri. Ari menjelaskan bahwa peran Muhammadiyah dalam pembangunan apotek ini sangatlah membantu, baik dari segi fasilitas maupun sumber dana. Universitas Muhammadiyah Purwokerto juga memberikan dukungan melalui Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), yang bertindak sebagai pihak yang menaungi dan membawahi langsung Apotek UMP.

Ari menyatakan bahwa meskipun Apotek UMP memiliki peran penting dalam melayani masyarakat, masih terdapat beberapa kekurangan fasilitas yang perlu diperbaiki. Ruangan apotek belum memadai dan masih terdapat kekurangan-kekurangan lainnya. Lahan parkir juga menjadi masalah yang kerap dikeluhkan, karena ruang parkir yang sempit dan dikelilingi oleh bangunan lain. Menurut Ari, perlu adanya peningkatan manajemen tempat agar lebih tertata dengan baik, agar pembeli nyaman saat membeli sesuatu di Apotek UMP.

Apabila terdapat permasalahan yang terjadi, pihak apotek akan segera melaporkannya kepada UMP agar dapat ditindaklanjuti oleh Amal Usaha Muhammadiyah (AUM). Hal ini menunjukkan hubungan yang baik antara Apotek UMP dan Amal Usaha Muhammadiyah dalam memastikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat sekitar. Dengan komitmen untuk terus meningkatkan fasilitas dan pelayanan yang disediakan, Apotek UMP diharapkan dapat terus menjalankan peran pentingnya dalam menjaga kesejahteraan masyarakat sekitar.

Pada dasarnya Muhammadiyah memiliki peran yang besar bagi kesejahteraan masyarakat, dengan menyediakan layanan yang dibuka untuk masyarakat umum seperti yang sudah disebutkan di atas dan salah satunya adalah Apotek UMP. Walaupun begitu masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki, salah satunya yaitu jam operasional Apotek UMP, mereka hanya beroperasi dari pukul delapan pagi sampai sembilan malam. Dikarenakan di sekitar wilayah Dukuhwaluh tidak terdapat banyak apotek yang beroperasi hingga larut malam.

Penulis : Diandra Fauzah A., Devita Aprilia, Ganeshiwi Intan P., Clarissa Adaira N., Inggih Ginasti, Kaila Azka Z.R. (mahasiswa Prodi Sastra Inggris Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama