Pembelajaran di SMP Muhammadiyah 1 Karangpucung Cilacap

SMP Muhammadiyah 1 Karangpucung Cilacap adalah salah satu sekolah menengah pertama yang berada di Karangpucung, Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia. Sekolah ini berdiri pada tahun 1964 yang didirikan oleh Muhammadiyah, sebuah organisasi Islam yang aktif di bidang pendidikan dan sosial.

Latar belakang berdirinya SMP Muhammadiyah 1 Karangpucung Cilacap dapat dikaitkan dengan upaya Muhammadiyah dalam menyediakan pendidikan Islam yang berkualitas bagi masyarakat. Muhammadiyah didirikan pada tahun 1912 oleh K.H. Ahmad Dahlan sebagai gerakan reformasi Islam yang bertujuan untuk meningkatkan pendidikan dan kesejahteraan umat Islam di Indonesia. SMP Muhammadiyah 1 Karangpucung beralamat di jalan raya surusunda karangpucung, Surusunda, Kec. Karangpucung, Kab. Cilacap, Jawa Tengah, dengan kode pos 53255.

SMP Muhammadiyah 1 Karangpucung Cilacap dibangun dengan tujuan memberikan akses pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat di Karangpucung dan sekitarnya. Sekolah ini didirikan sebagai bagian dari jaringan pendidikan Muhammadiyah yang tersebar di seluruh Indonesia. Kepala sekolahnya Bernama bapak Rusyanto, dalam menjalankan kegiatan pendidikannya, SMP Muhammadiyah 1 Karangpucung Cilacap mengacu pada prinsip-prinsip pendidikan Muhammadiyah yang menekankan pada pendidikan agama, akademik, dan karakter.

Sejak berdiri, SMP Muhammadiyah 1 Karangpucung Cilacap telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam peningkatan pendidikan di daerah tersebut. Selain memberikan pendidikan formal kepada siswa, sekolah ini juga turut berperan aktif dalam pengembangan masyarakat dan penyebaran nilai-nilai Islam yang moderat.

SMP Muhammadiyah 1 Karangpucung Cilacap memiliki visi dan misi yaitu sebagai berikut, Visi :Terwujudnya peserta didik yang berkarakter, berilmu dan terampil. Misi :Mewujudkan peserta didik yang memiliki perilaku yang mencerminkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Mewujudkan peserta didik memiliki perilaku disiplin, santun, jujur, peduli, percaya diri, bertanggungjawab dan tidak melakukan perundungan. Mewujudkan peserta didik yang memiliki pengetahuan factual, prosedural, dan konseptual. Mewujudkan peserta didik yang memiliki keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif dan komunikatif.

Sumber dana SMP Muhammadiyah 1 karangpucung cilacap diperoleh dari Bantuan Operasional Sekolah (BOP) dan Sumbangan Orang Tua (SOT). Smp tersebut terdapat 14 guru, 5 karyawan dan 189 siswa untuk saat ini.

Secara umum, kegiatan belajar mengajar di SMP Muhammadiyah 1 Karangpucung, Cilacap melibatkan berbagai mata pelajaran akademis, seperti matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, sains, ilmu sosial, dan lain-lain. Selain itu, ada juga kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan kesiswaan yang dirancang untuk mengembangkan minat dan bakat siswa. Kegiatan belajar mengajar di SMP diatur dalam jadwal harian. Siswa akan mengikuti berbagai pelajaran sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Setiap pelajaran akan diajarkan oleh guru yang memiliki keahlian di bidangnya masing-masing.

Selain pembelajaran di dalam kelas, ada juga kegiatan lain seperti praktikum, diskusi kelompok, presentasi, tugas rumah, dan ujian. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan siswa kesempatan untuk memahami materi pelajaran dengan lebih baik, berinteraksi dengan teman sekelas, dan mengembangkan keterampilan sosial serta pemecahan masalah.

Sekolah Muhammadiyah juga memiliki pendekatan pendidikan Islami, yang mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam kurikulum dan kegiatan sehari-hari. Ini dapat mencakup pembelajaran tentang ajaran Islam, ibadah, akhlak, dan kegiatan-kegiatan yang mempromosikan nilai-nilai Islam. Selain itu Smp Muhammadiyah 1 karangpucung cilacap juga mengikuti program IPM yang diselenggarakan oleh PCM/PDM.

Sekolah menyediakan fasilitas seperti akses internet yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar menjadi lebih mudah. Selain itu SMP Muhammadiyah 1 karangpucung memiliki akreditasi B dan juga ada bebrapa prestasi yang dicapai antara lain: juara 3 lomba takraw putri dan juara 2 putra kader Kesehatan remaja.

Penulis : Bintang Rizki Pratama, Abrab Syarom Radani, Raji Saputra, Raju Septi Nugroho (mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama