Pentingnya Pendidikan Kemuhammadiyahan

Pendidikan kemuhamadiyaan merupakan kegiatan pembelajaran mengenai pergerakan Muhammadiyah dalam seluruh aspek dengan maksud menumbuhkan nilai nilai serta sikap hidup Islam sesuai Al Qur'an dan Sunnah Rasulullah Saw.Disekolah sekolah Muhammadiyah dari SD sampai SMK mata pelajaran kemuhamadiyaan biasa Diperguruan tinggi Muhammadiyah juga diajarkan,Tujuan dari pendidikan kemuhamadiyaan ialah sebagai media informasi sebagai mana pergerakan Muhammadiyah bisa di lakukan oleh seseorang.

Fungsi dari pendidikan kemuhamadiyaan ialah sebagai mata pelajaran yang wajib diajarkan dan dipelajari setiap pelajar Muhammadiyah dari SD sampai perguruan tinggi wajib mengajarkan kemuhamadiyaan. Kemuhamadiyaan berfungsi sebagai pembeda antara sekolah Muhammadiyah dengan sekolah lainnya yang bukan milik Muhammadiyah. Tujuan dari diajarkan nya kemuhamadiyaan adalah

  • Memberikan pengertian kepada para pelajar tentang pergerakan Muhammadiyah
  • Memberikan bekal kepada calon kader yang akan meneruskan perjuangan Muhammadiyah
  • Menumbuhkan jiwa tajdid bagi setiap pelajar Muhammadiyah
  • Mensosialisasikan tujuan dan cita cita Muhammadiyah baik Secara individu maupun kelompok

Alasan diajarkannya kemuhamadiyahan

  • Media kaderisasi. Muhammadiyah sudah sedemikian besar dan eksis dari Sabang sampai Merauke bahkan internasional. Para kader yang dimaksud ialah mereka yang benar benar memahami Arah dan tujuan muhamadiyah.
  • Mengenalkan Muhammadiyah kepada generasi muda. Para siswa yang menempuh pendidikan disekolah bisa mengenal asal usul Muhammadiyah. Dengan begitu Mereka bisa mengenal arti dari Muhammadiyah sehingga diharapkan nantinya mau berkontribusi dalam gerakan dan perjuangan Muhammadiyah.

Lembaga pendidikan Muhammadiyah mendorong instansinya untuk bergerak mengikuti perkembangan zaman sehingga lembaga pendidikan Muhammadiyah tidak kalah saing dengan lembaga pendidikan lain. Namun muhamdiyah juga priatin dengan lingkungan, terjadinya kerusakan lingkungan hidup. Tidak ingin berpangku tangan, organisasi kemasyarakatan ini kemudian mendirikan Lembaga Lingkungan Hidup  untuk berdakwah memerangi kerusakan lingkungan.

Untuk mewujudkan kesadaran bersama tersebut, muhamadiyah lantas melakukan dakwah melalui pendidikan, baik formal maupun non formal.  dalam mendukung pendidikan lingkungan hidup agar bisa diraih kesadaran secara masif, pihaknya menerbitkan sejumlah buku panduan tentang lingkungan hidup. Melalui pendidikan muhamadiyah bisa menjadikan masyarakat maupun lingkungan yang terlingkup akan mengetahui betapa pentingnya pendidikan Kemuhammadiyahan.

Penulis : Ferdy firmansyah (mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama