Dari Hobi Menghasilkan Cuan

Awal mula saya melakukakan bisnis olshop itu saat  mengganggur  sebelum kuliah, sekian bulan tidak melakukan kegiatan apapun jadinya saya inisiasiatif membuka bisnis olshop ini, dan banyaknya kebutuhan juga. Pertama-tama saya memulai menjadi dropside kemudian menjadi reseller. Saya mengajak kedua temen saya yang saat itu juga ingin memulai bisnis olshop tapi masih bingung untuk menjalankan bisnis bersama.

Mulai menjalankan bisnis olshop itu pertengahan tahun 2020.  Produk yang saya jualkan semua tentang K-pop stuff atau barang-barang yang mengenai K-pop seperti, album, lighstick, photocard, majalah, t-shirt, dan lain sebagainya. Alasan memilih usaha tersebut adalah karna mencari peluang dan saat itu industri K-pop sangat besar banget terutama di Indonesia di kalangan anak muda milenial bahkan sampai saat ini, dan kita sudah menargetkan market kita, dan siapa target kita.

Alasan lainnya saya membuka bisnis olshop K-pop stuff juga karena saya seorang penggemar K-pop. Saya sudah menjadi penggemar K-pop sejak SMP dan saya juga suka mengoleksi barang-barang merchandise K-pop. Jadi, selain menjalankan hobi saya kenapa saya tidak berusaha menghasilkan uang dari hobi tersebut.

Modal awal yang dikeluarkan untuk menjalan usaha ini perorang mengeluarkan sekitara Rp. 300.000. Saya memasarkan produk saya melalui media sosial twitter dan membuat gruop order di Line dimana kita menarget 300 member untuk bergabung, saya tidak menargetkan banyak-banyak karena yang terpenting pemasukan tetap ada. Untuk saat ini saya dan temen saya tidak memerlukan karyawan karena cukup 3 orang admin untuk mengurusi semuanya. Omzet yang didapat, sebenernya saya tidak bisa bilang beeapa pastinya karena bisnis olshop K-pop stuff saat ini sudah banyak dimana-mana. Tapi bisa dikatakan kita pernah mencapai angka dua digit sekitaran 10 juta. Untuk produk yang laris terjual adalah Album dalam sebulan bisa terjual sebanyak 50 sampai 100 album karena minat pembelinya banyak. Kita biasanya mengambil produk untuk dijual bisa ambil dari luar negeri misalnya dari negeri Korea Selatan itu sendiri yang sebagaimana menjadi terbangunnya industri K-pop sendiri. Kemudian barang akan dikirim ke Indonesia.

Suka duka menjalankan usaha olsop K-pop stuff itu ada begitu banyak. Sukanya, kita menjadi menghargai uang, menjadi sedikit mandiri, kita bisa memahami bagaimana rasanya mencari uang sendiri, bisa lebih berinovasi karena yang menjalankan bisnis olshop saat ini banyak bertebaran. Dukanya, kita bisa mengalami kerugian terutama misalnya barang yang dikirim dari luar negeri menhalami kerusakan seperti pecah atau cacat maka kita harus mengembalikan uang pembeli, dimarahin pembeli, dibanding-bandingkan dengan olsop lain. Saat sudah capai seperti itu kita akan mengambil istirahat bisa sekitar sepekan untuk berpikir kembali.

Penulis : Zahra Amalia Ghayatry (mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



8 Komentar

  1. Nama : Ayu Sadewi
    NIM : 2006010093

    Kisah yang sangat inspiratif mengingat saya juga ingin berwirausaha namun masih takut untuk memulainya. Niat baik dari penulis dan teman-temannya patut untuk kita contoh dan jangan takut untuk memulai sebuah usaha. Dari sudut pandang saya sebagai pembaca, tulisanya singkat dan mudah dipahami. Namun, bahasa yang digunakan terlalu boros dan beberapa ada yang typo. Semoga tulisanya makin menginspirasi dan dapat menjadi contoh baik. Semangat!!!

    BalasHapus
  2. Berbagai kesempatan dan peluang akan datang kepada tiap orang yang senantiasa berusha. Karna kesempatan hanya akan datang kepada orang yang tidak pernah lelah untuk berjuang dan berusaha. Hobi yang kita miliki jika pandai untuk kita olah pastinya bukan hanya kesenangan yang kita dapat akan tetapi dapat menguntungkan bagi kita sendiri. Itu semua tergantung dari kita. Mau atau tidak untuk membuat peluang bagi hobi yg kita sukai menjadi ladang keuntungan bagi kita

    BalasHapus
  3. Kevin Arya Aditya (1906010053)

    Alangkah lebih baik jika hobi tidak dijadikan sebagai acuan pekerjaan, ya walaupun tidak salah juga karena manusia memiliki kecenderungan untuk melakukan hal yang disukainya. Tapi tidak semua hobi kita mahir di dalamnya, dan tidak semua yg hal yg kita mahir kita suka menjalaninya. Maka mungkin pencarian fadhilah/bakat yg diserasikan dengan kemahiran akan menjadikan kita lebih konsisten dalam menjalani hal tersebut, entah itu susah atau senangnya

    BalasHapus
  4. Nama : Sarwono
    Nim : 1906010070
    Menurut saya hal ini benar atas keberadaanya, saya pun salah satu melakukan layaknya bacaan di atas, bermula dari kesenangan menjalankan hobi, muncul pundi-pundi rupiah, awal mulanya memang tidak terlalu banyak. Namun setelah memounyai pemikiran dari hobi bisa menghasilkan uang, maka saya terus melakukan hobi saya. Bukan hanya itu saja. Dengan adanya begini saya bersyukur atas apa yang saya lakukan ini dapat memenuhi kebutuhan saya sendiri.

    BalasHapus
  5. Nama : Alfan Nur Najmi Fatkhan
    Nim : 1906010062
    Hobi memang seringkali menghasilkan uang karena biasanya tanpa sengaja dengan apa yang kita sukai menumbuhkan ide ide kita untuk menjadi ladang bisnis yang bagus. Karena melakukan suatu usaha ataupun pekerjaan jika disertai dengan kesukaan atau hoby itu kita lebih merasa nyaman dan lebih semangat dalam menjalaninya.

    BalasHapus
  6. Nama : Sania Ramadhani
    Nim : 1906010040
    Menurut saya artikel ini bagus untuk memberikan motivasi bagi yang ingin membuka usaha tetapi mereka takut untuk memulai karena hal-hal yang membuat mereka takut dan bingung sebelum memulai. apalagi bagi mahasiswa yang ingin kuliah sambil berwirausaha. Dengan adanya artikel ini mahasiswa bisa berfikir ulang bahwa tidak perlu takut untuk memulai usaha bagaimana dia mendapatkan modal untuk berwirausaha karena semua bisa didapat dengan bantuan keluarga, dan lainnya seperti disebutkan dalam artikel tersebut. Peluang besar pula bagi mahasiswa yang ingin berwirausaha karena di kampus sudah membekali dengan adanya mata kuliah kewirausahaan dimana di jelaskan bagaimana cara untuk berwirausaha dari mulai pemilihan produk sampai dengan branding kemasan dan pemasaran. Menurut saya ini sudah cukup untuk mempersiapkan mahasiswa berwirausaha baik ketika kuliah maupun setelah mereka lulus kuliah

    BalasHapus
  7. Nama : Rifki Putra Ramadhan
    Nim :2006010081
    Artikel sangat bagus dan memotivasi terhubungnya antara hobi dan pekerjaan.

    BalasHapus
  8. Nama : Rica Wahyu Hidayati
    Nim : 2106010029
    Menurut saya artikel ini bagus karena saya juga sangat termotivasi, Pembaca yang ingin memulai berwirausaha tetapi bingung memulai dari mana ataukah takut untuk memulai. Bagi pembaca semoga terinspirasi setelah membaca artikel ini karena memang tidak mudah untuk memulai berwirausaha. Memang harus dijalankann dengan niat dan tekun.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama