Petingnya Unit Kegiatan Mahasiswa Wirausaha

Berbicara mengenai wirausaha banyak sekali diantara mereka yang mempunyai pemikiran yang pesimis atau tidak percaya diri atas usaha yang dia bangun. Maupun yang ingin dia capai karna dengan kita memiliki pemikiran yang pesimis, itu bisa membuat kita untuk takut maju dan berusaha dalam tujuan yang harusnya menjadi keinginan kita. Dengan adanya pemikiran seperti itu maka kita akan takut untuk memulai usaha yang bahkan sebelum mencobanya. karna rasa takut dengan kegagalan, takut mengalami kerugian, takut resikonya tinggi. Dan banyak dari mereka pula beralasan tidak punya modal. Padahal untuk memulai berwirausaha zaman sekarang tidak perlu modal yang besar, bisa berwirausaha lewat online dan kita juga bisa berpikir sekeratif mungkin untuk membangun suatu usaha yang kita inginkan, karna berpikir kereatif itu sangat berperan besar dalam berwirausaha.

 Misalnya; dalam berjualan pisang goreng, berjualan pisang goreng itu tidak harus memiliki modal yang besar tapi dengan berpikir kereatif kita bisa membuat pisang goreng berbagai macam rasa dan kereasi yang menarik, dan memberikan kemasan yang bagus, memberikan merek produk sehingga membuat para pembeli itu tertarik, dan kita juga bisa memasukkan nya kedalam toko atau supermarket dan itu bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Dan disinilah perbedaannya jika kita tidak berpikir kereatif dalam berwirausaha pisang goreng tersebut pasti hanya di jual di pasar dengan harga yang murah. Berpikir kereatif dalam berwirausah itu sangatlah penting dalam mewujudkan kesuksesan berwirausaha.

Kewirausahaan adalah suatu kegiatan bisnis yang di lakukan oleh seseorang dalam mencari keuntungan atau peluang untuk mendapatkan sebuah pendapatan yang besar, dan memeliki berbagai resiko mulai dari resiko kecil hingga resiko besar. Dan Mahasiswa juga bisa berwirausaha bahkan menjadi wirawusaha muda atau menjadi wirausaha dalam usia muda. Dan menurut saya menjadi wirausaha muda merupakan kebanggan tersendiri bagi mahasiswa di tengah tengah kehidupan masa sekarang yang dimana banyaknya kenaikan BBM, itu sangat menyusahakan mahasiswa dan para gojek, jadi kita sebagai mahasiswa harus bisa berpikir bagaimana cara agar menjadi mahasiswa itu bisa mendapatkan masukan berupa usaha, kerja dan lain-lain. Karna menjadi mahasiswa bukan hanya datang ke kampus dan pulang kerumah.

Seharusnya kita sebagai mahassiwa mempunyai keinginan untuk berwirausaha agar bisa mendapatkan uang dari hasilnya sendiri. Karana menjadi mahasiswa kita juga bisa berwirausaha apalagi dizaman yang sekarang ini hanya cukup memanfaatkan sosmed dengan baik untuk membangun usaha dan itu tidak membutuhkan modal yang besar, mahasiswa bisa melakukan usaha kecil kecilan dikampus, atau melakukan promosi di sosmed begitu banyak cara yang dilakukan mahasiswa uantuk membangun wirausaha Ketika menjadi mahasiswa.

Berwirausah perlu dijadikan prioritas utama mahasiswa disamping prioritas keilmuan yang dikuasai dan dikembangkan. Dan dalam berwirausaha itu juga dibutuhkan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang inovatif, kereatif,dan komperhensif. Berbagai jenis usaha dapat dijadikan pilihan dan alternatif. Berusaha juga perlu memperhatiakan situasi dan kondisi dan harus memiliki strategi dalam berusaha. Dan harus kereatif dalam merancang sebuah peroduk sehingga membuat orang-orang tertarik dan sebisa mungkin kita dapat membuat orang itu berlangganan terus agar peroduk atau sessuatu yang kita jual itu bisa membuat para pembeli itu tertarik, bahkan kalo bisa membuat pembeli atau seseorang yang menyukai peroduk yang kita kembangkan itu juga bisa membuat orang orang ikut untuk mempromosikan hingga usaha yang kita bangun bisa berkembang luas. Karna berusaha itu tidaklah harus mempunyai modal besar kita bisa memulai dari usaha-usaha kecil kecilan.

Tetapi terkadang mahasiswa juga terkendala dalam berwirausaha, kendalanya itu yang menjaddi hambatan dalam memulai untuk berwirausah adalah modal. Namun permasalahan modal pada dasarnya bisa dengan berbagai upaya, bisa mengunakan modal dari keluarga, mengajukan pinjaman ke bank, mencari bantuan dari teman kampus atau melakukan kerja sama dengan teman di kampus. Dan seringkali kendala yang terjadi pada mahasiswa sebenarnya juga adalah sikap mental, dan sering beranggapan bahwa minimnya pengalaman, takut rugi, kurang pede, manajemen waktu dan lain-lain itu bisa menjadi ketidak mauan untuk berwirausaha. Bagi mereka cukup dan fokus belajar saja di perguruan tinggi.

Sikap inilah yang membuat dan menjadi kendala menciptakan wirausahawan baru. Sebenarnya peluang mahasiswa dalam berwirausaha sangatlah besar. Bayangkan mahasiswa dari perguruan tinggi memiliki relasi yang cukup baik dari kalangan mahasiswa, karyawan, doesen hingga masyarakat. Hal-hal inilah yang kurang disadari banyak oaring. Ada beberpa upaya yang perlu dilakukan perguruan tinggi dalam menumbuhkan kesadaran dan mendorong mahasiswa agar agara brwirausaha. Yaitu menyisipkan materi tentang wirausaha  dalam matakuliah tertentu. Atau harus memiliki mata kuliah tentang kewirausahaan, mengadakan kegiatan berwirausaha kecil kecilan dikampus, melibatkan mahasiwa dalm usaha-usaha yang ada di dalam kampus, atau membuat UKM mahasiswa dalm berwirausaha.

Agar bisa mengasah jiwa  wirausaha mahasiswa serta bisa menjadikan mahasiswa berkeinginan untuk menjadi wirausahawan yang berani untuk berwirausaha tanpa harus takut mengalami kegagalan dan bisa mengubah potensi berpikirnya yang dimana tadinya banyak kendala kendala yang membuat mahasiswa itu tidak mau untuk mencoba berwirausaha. Karna dengan kendala kendala yang dialami mahasiswa itu membuat mereka takut untuk menjadi usahawan Karna masih menjadi mahasiswa. Sebab banyak mahasiswa itu tidak bisa berwirausaha karana alasan salahsatunya tidak bisa memanejemen waktunya. Dikerenakan padatnya jadwal perkuliahan dan organisasi yang diikutinya jadi sulit jika harus menjadi wirausahawan Ketika masih menjadi mahasiswa.

Maka dari itu sangat penting dalam perkuliahan mahasiswa di berikan pembelajaran mengenai kewirausahaan dan mendirikan UKM berwirausaha agar mahasiswa mampu dan bakat pada diri mereka yang memiliki bakat dalam berwirausaha bisa dikembangkan di kampus sebelum menjadi wirausawan. Dengan adanya pembelajaran kewirausaan di kampus dan UKM yang ada di kampus itu bisa membuat mahasiswa memiliki gambaran untuk menjadi wirausaha kedepannya.

 Dan itu bisa menjadi kebanggan karna kita memiliki suatu kelebihan seperti modal tercukupi bahkan keuangan tidak tergantung lagi pada orang tua. Sehingga kitab bisa menjadi orang yang lebih mandiri. Akan tetepi mahasiswa juga memperhatikan tugasnya dan tanggung jawab sebagai mahasiswa agar tidak tenggelam dalam zona nyaman berwirausaha.

Penulis : Siti Noor Wafik Haliza Al- Haura (mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama