Berwirusaha Dengan Budidaya Lebah Madu

Di Indonesia sendiri sudah terdapat perternakan madu (apikultur). Peternakan lebah di Indonesia masih tergolong kecil dan belum besar-besaran. Terdapat peternakan lebah yang sudah ada yakni salah satunya di kota Purbalingga. Lebah adalah serangga yang diperlukan oleh manusia karena mereka menyangga rantai makanan.

Madu adalah makanan atau minuman manis dan kental yang dibuat oleh lebah madu dan beberapa serangga lainnya. Lebah menghasilkan madu dari sekreasi gula dan tumbuhan atau dari serangga lain. Madu adalah cairan alami yang mengandung zat gula yang akan dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga dan rasanya manis. Budidaya lebah madu adalah suatu kegiatan pemeliharaan yang bertujuan memperoleh hasil atau produk lebah yang diharapkan dan diinginkan.

Pak Djana dan Ibu warkinah beralamat di desa Bobotsari Rt 04 Rw 12 Kecamatan  Bobotsari Kabupaten Purbalingga sejak tahun 1980 berternak lebah yang bekerjasama dengan Dosen Unsoed Purwokerto Prof. Anarno. Madu tersebut dijual kepada beliau, lalu dipasarkan. Untuk memenuhi pesanan beliau mengepul atau membeli madu ke peternak lebah di desa-desa seperrti Bojong, Serayu, Lambur, Campakoah di Kecamatan Mrebet. Di antara jenis-jenis lebah, lebah madu menjadi jenis lebah yang paling umum dipelihara oleh masyarakat. Tentunya karena nilai ekonomi yang tinggi dari produk-produk yang dihasilkan dari lebah madu tersebut. Dan dengan rasanya yang manis dan enak.

Peternak lebah dapat menghasilkan lebah untuk kemudia dijual lagi ke peternak lainnya. Untuk memulai beternak lebah, peternak harus menyediakan ladang lebah atau apiari dan membuat rumah lebah (kluthuk). Usaha budidaya hewan ternak menjadi salah satu peluang usaha yang banyak diminati oleh para pengusaha pemula. Dalam budidaya ternak lebah madu, kamu tidak hanya mengambil hasil daging tetapi kamu juga bisa mengambil telur atau sarang madu yang diproduksi dari budidaya ternak lebah madu tersebut. Modal yang dibutuhkan untuk budidaya lebah madu dirumah terbilang tidak begitu banyak. Namun, jika kamu ingin melakukan budidaya lebah madu dengan skala besar, minimal kotak sarang lebah yang kamu perlukan sekitar 40 kotak. Sementara, beliau menggunakan 100 kotak sarang lebah untuk dihuni satu koloni lebah madu.

Beternak lebah madu mempunya banyak manfaat, apalagi untuk kesehatan manusia. Madu yang dihasilkan oleh lebah madu juga terlihat sangat ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh serta dapat mengobati berbagai macam penyakit. Namun, juga terdapat sarang lebah yang mengandung madu mentah dan lilin lebah itu juga bisa dimakan secara langsung. Lilin lebah tersebut mengandung asam lemak rantai panjang dan alkohol yang bermanfaat bagi kesehatan. Biasanya khasiat yang lebih lengkap dapat kamu rasakan apabila melakukan budidaya madu sendiri dengan membeli produk madu yang sudah dicampuri dengan bahan lainnya.

Beliau memelihara atau membudiyakan lebah madu memiliki 3 jenis yaitu Lebah Betina, Lebah Pejantan, dan Lebah Ratu. Lebah Ratu adalah lebah yang bertanggung jawab dalam melakukan proses reproduksi dalam koloni lebah madu, lebah ratu dapat bertelur lebih dari 2000 butir telur per hari. Lebah Betina merupakan satu-satunya lebah yang melakukan proses perkawinan dan memiliki ukuran tubuh lebih besar dan panjang. Sedangkan Lebah Pejantan dalam sepanjang hidupnya sebagai lebah pemacek, yaitu mengawini ratu muda. Langkah-langkah budidaya ternak lebah mad

Siapkan segala Perlengkapan

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menyiapkan rumah lebah, seperti kotak kayu dan di dalam kotak kayu tersebut terdapat bingkai-bingkai kayu yang berfungsi sebagai tempat meletakkan sarang madu. Selain itu juga alat pengasap guna menjinakkan lebah madu yang agresif ketika sedang melakukan proses memanen. Kemudian, menyiapkan pakaian pelindung diri yang tebal dan dilengkapi masker pelindung wajah dan kepala. Kemudian, menyiapkan sapu sikat, sarung tangan, penyekat dan tempat makan di dalam kotak kayu tersebut.

Buat rumah lebah

Rumah lebah kotak seperti peti kayu yang berisi kotak itu dengan beberapa bingkai kayu dan dibangun menggunakan kayu jati yang terlihat sangat kokoh.

Pilih bibit lebah

Bibih lebah yang diperlukan meliputi lebah ratu, lebah betina, dan lebah pejantan. Bibit yang telah beliau peroleh lantas dipindahkan ke sarang kotak kayu atau rumah lebah. Di dalam rumah lebah tersebut disediakan olesan royal jelly sebagai makanan pertama.

Bersihkan rumah lebah secara berkala

Hal yang tidak boleh dilupakan adalah kebersihan rumah lebah. Wajib membersihkan rumah lebah secara teratur. Sebab apabila dibiarkan begitu saja rumah lebah akan diserang rayap.

Proses panen lebah madu

Dalam proses memanen madu bisa dipersiapkan secara matang karena lebah bisa menjadi agresif. Ketika memulai panen beliau mengenakan peralatan lengkap agar tidak tersengat lebah. Kemudian, beliau melakukan pengasapan di area rumah lebah yang ingin diambil sarang madunya. Saat pengasapan, lebah akan pergi menjauh dari rumahnya. Produk-produk yang dihasilkan oleh lebah madu antara lain :

Pertama, madu itu sendiri sebagai produk utama yang berasal dari nektar bunga yang artinya makanan yang sangat berguna bagi pemeliharaan kesehatan, kosmetika. Kedua, royal jelly mempunyai manfaat untuk stamina dan penyembuhan penyakit, sebagai bahan kosmetika dan bahan campuran obat-obatan. Ketiga, pollen (tepung sari) mempunyai manfaat untuk campuran bahan obat-obatan. Keempat, lilin lebah dipergunakan untuk industri farmasi dan kosmetika sebagai pelengkap. Terakhir, propolis (perekat lebah) dimanfaatkan untuk penyembuhan luka, penyakit kulit, daln lain-lain.

Berhubung perkembangan zaman, sekarang banyak kendaraan bermotor sehingga asap mempengaruhi perkembangbiakan lebah. Tanaman di sekeliling rumah juga mulai berkurang. Bunga-bunga untuk bahan makanan lebah juga berkurang. Namun sekarang sudah tidak ada lagi lebah, tetapi usaha penjualan madu masih tetap berjalan, dengan membeli madu di kota Temanggung dan kemudian dijual kembali.

Bangkit dari pandemi bisa melakukan dengan usaha mandiri, misalnya dengan budidaya lebah madu. Pandemi meninggalkan dampak besar pada ekonomi masyarakat, tak terkecuali di perkotaan. Demikian, salah satu cara untuk membangkit bisa dengan melakukan usaha sendiri seperti budidaya lebah madu, walaupun sekarang lebah sudah tidak berkembangbiak lagi. Namun, beliau sekarang tetap melakukan usaha penjualan madu sendiri dengan membeli madu di kota Temanggung yang kemudian dijual kembali. Jenis-jenis madu yang beliau jual antara lain Madu Klanceng, Madu Rambutan, Madu Murni.

Penulis : Salma Laila Az Zahroo (mahasiwa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



1 Komentar

  1. Jika Anda ingin ada peningkatan sosial, Anda perlu mitra dalam berbisnis

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama