Sunday Morning UMP sebagai Penghasilan Masyarakat

Universitas Muhammadiyah Purwokerto atau yang biasa disebut UMP ini merupakan Kampus Wisata dan Kampus Rumah UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Program ini sangat di apresiasi setinggi-tingginya oleh Menteri Koperasi dan UKM RI yakni Drs. Teten Masduki. Beliau mengatakan bahwa ‘’Ya baru Universitas Muhammadiyah Purwokerto ini yang memproklamirkan serta melaunchingkan sebagai Kampus Rumah UMKM”.

Sebagai Kampus Wisata dan Kampus Rumah UMKM, pada tahun 2022 ini banyak program yang diselenggarakan oleh Univeritas Muhammadiyah Purwokerto. Salah satunya yakni Pasar Ramadhan dan Sunday Morning UMP. Program ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat dan merupakan kepedulian UMP terhadap masyarakat sebagai penunjang atau membantu masyarakat dibidang ekonomi. Masyarakat yang membuka lapak berjualan di UMKM UMP mendapat bimbingan dan arahan serta pendampingan dari pihak universitas.

Opening ceremony perdana Sunday Morning UMP telah dilaksanakan pada Ahad, 9 Januari 2022 yang dihadiri oleh Rektor UMP, Bupati Banyumas, Kepala Dinas dan Koperasi UMKM Jawa Tengah, Ketua DPRD Banyumas, Dandim Banyumas, Kapolresta Banyumas, dan Keluarga Besar UMP. Masyarakat pun turut serta meramaikan opening ceremony Sunday Morning UMP ini. Ikhsan Mujahid selaku Wakil Rektor II Bidang Keuangan dan Aset Universitas Muhammadiyah Purwokerto memberikan pandangan dan harapan bagi kegiatan ini.

“Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) telah memberikan pandangan baru pada UMP untuk membangun kerja sama dengan berbagai institusi salah satunya didalam kegiatan UMKM. Harapan saya terutama bagi mahasiswa adalah agar mahasiswa menjadi terbuka pikirannya dan mau menumbuhkan potensi menjadi seorang entrepeneur,” kata Ikhsan.

Beliau juga menjelaskan bahwa UMP merupakan satu-satunya kampus di Jawa Tengah yang menyelenggarakan Sunday Morning sebagai wadah kegiatan UMKM. Tercatat terdapat 194 UMKM dengan antusias tinggi yang ikut berpartisipasi pada Sunday Morning perdana UMP. Hal tersebut dapat dilihat dari semangat mereka dalam berlapak meskipun hujan melanda. Sunday Morning ini akan diselenggarakan secara rutin setiap hari Ahad dengan serangkaian kegiatan di dalamnya.

Di Sunday Morning UMP terdapat beberapa kegiatan rutin, seperti Kajian Ahad Pagi, Senam Pagi, Pasar Rakyat, Live Music, serta Fasilitas Olahraga. Beberapa kali juga terdapat bersepeda santai, jalan sehat bersama rektor serta keluarga besar ump dan pelayanan publik (samsat keliling, vaksinasi massal, cek kesehatan gratis, swab gratis dan donor darah). Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UMP juga turut berlapak atau membuka pelayanan di

Sunday Morning UMP. Semua kegiatan tersebut dibuka mulai pukul 06.00 hingga selesai. Mahasiswa UMP pun ada yang turut meramaikan membuka lapak di sana sebagai bentuk realisasi dari mata kuliah kewirausahaan. Menurut data, kurang lebih berjumlah 300 unit UMKM yang telah hadir di Sunday Morning UMP. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga masyarakat Purwokerto khususnya masyarakat disekitar Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Terlebih lagi oleh para pelaku UMKM lokal dibidang Usaha Kuliner dan Usaha Fashion. Terdapat salah satu warga masyarakat sekitar Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang turut membuka lapak UMKM di Sunday Morning UMP. Yakni Ibu Irma Suci yang kerap disapa Ibu Irma.

Ibu Irma beralamatkan di Jalan Nangka no 18 RT 5 RW 4, Dukuhwaluh – Kembaran, Banyumas. Beliau memiliki warung jajan didepan rumah. Setiap ahad pagi, ibu irma ikut meramaikan UMKM UMP dengan berjualan Opor Ayam. Harga untuk satu porsi Opor Ayam yakni sebesar sepuluh ribu rupiah.

Bu Irma bercerita ...

“Saya setiap hari Sabtu pagi belanja ke Pasar untuk persiapan jualan. Mulai memasak malam hari sekitar pukul 19.00 WIB atau habis isya. Goreng kerpuk, masak opor, masak sambal goreng kentang, dan persiapan lainnya. Untuk memasak ini kurang lebih membutuhkan tiga jam. Ahad paginya, sekitar pukul 04.00 WIB mulai lagi untuk masak air, memanaskan opor dan menyiapkan yang akan dibawa ke Sunday Morning. Terus Berangkat ke lapak dan jam enam sudah siap semua. Pulang sehabisnya atau kurang lebih jam sepuluh”.

“Manfaat adanya Sunday Morning Universitas Muhammadiyah Purwokerto yaitu dapat mencari pelanggan, dapat menambah penghasilan, menambah relasi persaudaraan, menambah pengalaman dari teman-teman UMKM lain” ujar bu Irma. Asosiasi Pengusaha Mikro Kecil Menengah (Aspikmas) Banyumas mengapresiasi rektor UMP dan menobatkan rektor UMP sebagai rektor yang inspiratif serta mau berkomitmen mendukung pemberdayaan UMKM Banyumas.

Harapan saya, semoga dengan hadirnya Sunday Morning Universitas Muhammadiyah Purwokerto dapat membantu masyarakat serta dapat menambah penghasilan setelah dampak adanya pandemic Covid 19 selama dua tahun ini. Masyarakat juga diharapkan tetap semangat dimasa peralihan dari pandemi ini sesuai dengan slogan HUT RI ke-77 “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Syifa Azkia Nurrahma (mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama