Mengenal Amal Usaha Muhammadiyah di Kecamatan Ajibarang

Muhammadiyah adalah sebuah organisasi Islam yang besar di Indonesia. Nama organisasi ini diambil dari nama Nabi Muhammad SAW. sehingga Muhammadiyah juga dapat dikenal sebagai orang-orang yang menjadi pengikut Nabi Muhammad SAW. Latar belakang KH Ahmad Dahlan memilih nama Muhammadiyah yang pada masa itu sangat asing bagi telinga masyarakat umum adalah untuk memancing rasa ingin tahu dari masyarakat, sehingga ada celah untuk memberikan penjelasan dan keterangan seluas-luasnya tentang agama Islam sebagaimana yang telah diajarkan Rasulullah SAW.

Kemunculan Muhammadiyah di Ajibarang diikuti dengan berdirinya ranting Muhammadiyah Ajibarang. Di Ajibarang, Muhammadiyah telah menyebar ke pelosok desa dari tahun ke tahun. pergerakan Muhammadiyah mendapat sambutan yang cukup hangat, baik dari kalangan masyarakat umum maupun dari organisasi kemasyarakatan lainnya. Tidaklah mengherankan apabila dalam waktu singkat berdiri pula ranting-ranting Muhammadiyah di beberapa desa wilayah kecamatan Ajibarang dan sekitarnya.

Muhammadiyah cabang Ajibarang memiliki beberapa amal usaha baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, keagamaan, maupun bidang sosial. Amal usaha Muhammadiyan cabang Bobotsari ini diantaranya ialah dalam bidang kesehatan dengan adanya PKU (Pembina Kesehatan Umat), bidang pendidikan dengan adanya TK Aisiyah, Madrasah Diniyah, SD Muhammadiyah/Madrasah Ibtidaiyah yang baru saja selesai di bangun, dan Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah serta perintisan Pondok Pesantren. SMP sampai SMK Muhammadiyah pun sudah berdiri di kecamatan Ajibarang.

Muhammadiyah cabang Ajibarang juga bergerak dalam pengelolaan dana umat melalui lembaga yang dikenal sebagai LazisMu. LAZISMU adalah lembaga zakat tingkat nasional yang berkhidmat dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendayagunaan secara produktif dana zakat, infaq, wakaf dan dana kedermawanan lainnya baik dari perseorangan, lembaga, perusahaan dan instansi lainnya. Amal Usaha Muhammadiyah terwujud dalam berbagai bidang seperti bidang pendidikan, kesehatan, pelayanan sosial, dan dakwah kemasyarakatan lainnya yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat luas. Amal Usaha Muhammadiyah sendiri tersebar di seluruh provinsi dan di seluruh Indonesia serta memberikan diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat dimana kesejahteraan, kebaikan, dan kebaikan luas merata.

Penulis : Naufal Amar Adilah, Danang Aryanto (mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama