Dinamika Muhamadiyah di Kecamatan Ajibarang

Banyumas sebagai salah satu daerah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah akhinya menerima ide pembaharuan Islam dari Muhammadiyah. Bahkan sekitar dekade tiga puluhan telah menyebar dan berkembang di seluruh wilayah Kabupaten Banyumas Perkembangan Muhammadiyah yang begitu pesat di Banyumas maka mulailah dibentuknya cabang-cabang  Muhammadiyah di seluruh pelosok Kabupaten Banyumas, salah satunya didirikannya kepemimpinan Muhammadiyah wilayah Cabang Ajibarang. Pengurus cabang Muhammadiyah Ajibarang ini berada di salah satu desa di kecamatan Ajibarang, yaitu Desa Ajibarang.

Walaupun pusat kepemimpinan Muhammadiyah Cabang Ajibarang berada di suatu desa,  cakupan wilayahnya meliputi seluruh desa yang berada di Kecamatan Ajibarang. Masuk dan berkembangnya Persyarikatan Muhammadiyah di wilayah cabang Ajibarang telah banyak memberikan kontribusi kepada warga masyarakat sekitar wilayah cabang Ajibarang tersebut, baik dalam bidang pendidikan, sosial, keagamaan maupun kesehatan. Selain itu Muhammadiyah Cabang Ajibarang juga turut memberikan peranannya dalam pemerintahan setempat.

Muhammadiyah cabang Ajibarang memiliki beberapa amal usaha baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, keagamaan, maupun bidang sosial. Amal usaha Muhammadiyan cabang Bobotsari ini diantaranya ialah dalam bidang kesehatan dengan adanya PKU (Pembina Kesehatan Umat), bidang pendidikan dengan adanya TK Aisiyah, Madrasah Diniyah, SD Muhammadiyah/Madrasah Ibtidaiyah yang baru saja selesai di bangun, dan Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah serta perintisan Pondok Pesantren. Sedangkan dalam bidang Dakwah terdapat tempat ibadah, tempat pengajian dan juga Mubaligh/ghot. Muhammadiyah cabang Ajibarang juga memiliki tanah wakaf dan juga organisasi-organisasi otonom, seperti ‘Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah. (wawancara  dengan Ibu  Siti Turisinina)

Penulis : Ferdy Firmansyah, Fadil Caestro Erlangga, Afga Aditya Marsal, Muhammad Rizky C.R  (mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama