Harapan Muhammadiyah Terus Berkembang dan Progresif

Muhammadiyah adalah organisasi Islam yang telah ada sejak awal abad ke-20 dan merupakan salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia. Sebagai sebuah organisasi Islam, Muhammadiyah selalu menjadi sorotan publik dalam lingkungan sekitarnya. Di sekitar lingkungan, terdapat dinamika yang sangat khas dalam gerakan Muhammadiyah. Sebagai sebuah organisasi Islam yang terbuka, Muhammadiyah dikenal memiliki kekuatan dalam menjalin hubungan dengan berbagai lapisan masyarakat. Selain itu, Muhammadiyah juga sangat aktif dalam melakukan kegiatan sosial dan kemanusiaan.

Muhammadiyah menjadi salah satu organisasi yang kuat dan konsisten dalam menyuarakan kepentingan masyarakat. Kiprah Muhammadiyah ada dalam berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, dan sosial kemanusiaan telah memberikan banyak kontribusi yang sangat besar bagi masyarakat.

Dalam bidang pendidikan Muhammadiyah memberikan bantuan berupa sekolah gratis bagi siswa yang tidak mampu, contohnya pada MTS Muhammadiyah 1 Purbalingga. Dari contoh tersebut terlihat organisasi Muhammadiyah mementingkan pendidikan juga bagi masyarakat yang tidak mampu. Selain itu organisasi Muhammadiyah juga mendirikan sekolah tahfidz Muhammadiyah, itu merupakan salah satu bentuk upaya agar semakin banyak tahfidz yang ada di Indonesia ini.

Pendidikan di lingkungan Muhammadiyah antara lain TK, SD, SMP, SMA dan Universitas. Untuk kualitas sekolah Muhammadiyah sudah terbilang sangat bagus untuk sekolah swasta, terlihat dari akreditasi yang didapatkan di sekolah Muhammadiyah tersebut. Salah satu universitas Muhammadiyah berada diperingkat 18 universitas terbaik di Indonesia, yaitu Univeritas Muhammadiyah Yogyakarta. Hal itu menunjukkan kualitas pendidikan di lingkungan Muhammadiyah dapat bersaing dengan universitas lain yang ada di Indonesia ini.

Dalam bidang kesehatan, Muhammadiyah juga ikut berkontribusi dalam berbagai kegiatan untuk mendukung kesehatan masyarakat di Indonesia. Salah satunya adalah Muhammadiyah aktif dalam Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) ke pesantren, sekolah, dan rumah sakit tingkat komunitas. Menurut informasi yang saya dapatkan, sejak tahun 2016 Muhammadiyah telah melakukan distribusi obat cacing dan vitamin kepada puluhan juta anak di Indonesia untuk memastikan mereka bisa tumbuh kembang dengan baik.

Amal usaha bidang kesehatan Muhammadiyah telah berkontribusi nyata kepada masyarakat melalui 97 rumah sakit dan 214 klinik. Alasan Muhammadiyah mendirikan rumah sakit dan klinik yaitu merupakan usaha untuk membantu masyarakat sekaligus meringankan tugas pemerintah yang berkewajiban untuk menjamin pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Kemudian Muhammadiyah juga berkontribusi dalam bidang sosial, Muhammadiyah sebagai gerakan sosial adalah wujud dakwah Islam yang dilaksanakan sejak awal oleh KH. Ahmad Dahlan. Sedari awal KH. Ahmad Dahlan memilih dakwah Islam dengan mengimplementasikan ayat-ayat Al-Quran yang mempunyai dimensi sosial. Yang mendasari munculnya Muhammadiyah sebagai gerakan sosial adalah merujuk kepada Al-Qur’an dan hadis Nabi SAW, karena Muhammadiyah tidaklepas dalam melakukan segala bentuk kegiatannya dari Al-Qur’an dan hadis Nabi SAW.

Muhammadiyah juga membantu masyarakat yang sedang membutuhkan bantuan seperti korban banjir, korban longsor dan lainnya. Muhammadiyah pernah menyalurkan bantuan 10 ribu paket sembako yang akan disalurkan kepada para penerima di wilayah Jabodetabek yang KTP-nya telah terdaftar. Paket sembako tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian Muhammadiyah terhadapt masyarakat yang terdampak covid-19 dan tidak memiliki pemasukan atau pendapatan untuk memenuhi kebiutuhan sehari-hari.

Muhammadiyah membangun sebuah lembaga hukum gratis bagi masyarakat. Lembaha Bantuan Hukum (LBH) Muhammadiyah akan memberikan bantuan hukum secara gratis bagi masyarakat marginal yang sedang memperjuangkan keadilan tetapi tidak mempunyai biaya. Kehadiran Lembaga Bantuan Hukum Muhammadiyah ini memang baru saja terbentuk tetapi dengan adanya Lembaga Bantuan Hukum ini diharapkan dapat membantu masyarakat mendapat pendampingan hukum secara profesional yang sering kali tidak berpihak pada yang lemah ataupun kurang mampu.

Pada saat bulan puasa pun Muhammadiyah banyak melakukan kegiatan sosial seperti membagikan takjil maupun sahur bagi masyarakat yang kurang mampu maupun tunawisma. Muhammadiyah juga telah banyak mendirikan panti asuhan, panti jompo, santunan keluarga kurang mampu, santunan kematian, serta panti cacat netra.

Selain itu beberapa waktu yang lalu Indonesia berada dalam suasana politik yang sangat bergejolak. Pihak-pihak bertarung di panggung politik kerap kali mengeluarkan pernyataan atau tindakan yang dapat menimbulkan perpecahan di Tanah Air. Untuk itu, Muhammadiyah memiliki peran penting sebagai penengah dan selalu melakukan dakwah politik sosial agar masyarakat tidak mengalami perselisihan yang dapat menimbulkan perpecahan.

Dalam lingkungan sekitar, dinamika Muhammadiyah tetap menjadi bagian penting dalam kehidupan kemasyarakatan. Dengan memperkuat jejak sejarah dan keberhasilan di masa lalu, Muhammadiyah diharapkan dapat terus berkembang dan menjadi organisasi Islam yang semakin kuat, terbuka, dan progresif di masa depan.

Penulis : Ghefira Amalia Husein (mahasiswa Prodi Manajemen Universtas Muhammadiyah Purwokerto)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama