Tanggapi Sikap Mahasiswa UMP, Jokowi: Sopan Banget Ini

Purwokerto (03/01/2024), Kunjungan Presiden RI ke UMP, Jokowi melakukan Groundbreaking Kampus 2 Universitas Muhammadiyah Purwokerto menjadikan spirit baru dalam perkembangan pendidikan di Indonesia. Orang Nomor Satu di Indonesia ini juga di dampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Dr. (H.C) Ir. H. Mochamad Basuki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D. Serta para pejabat pemerintah Kabupaten Banyumas menjadi dorongan positif untuk kemajuan infrasturktur dan pendidikan di UMP.

Disela sambutan, Presiden memberikan sebuah pertanyaan kepada Mahasiswa UMP yang diberikan kepada  Muhammad Dwi Santosa (Mahasiswa Program Studi Keperawatan S1 UMP). Presiden RI menyampaikan pertanyaan “Sebutkan macam-macam pupuk?”,Pungkasnya. Dan pertanyaan dapat dijawab dengan baik oleh mahasiswa, sehingga mahasiswa mendapatkan penghargaan dari bapak Jokowi yaitu sebuah sepeda. Sontak Mahasiswa tersebut merasa girang atas pemberianya, tanpa berpikir panjang mahasiswa langsung mengambil sepeda tersebut dan melewati Presiden dan para tamu undangan dengan sopan. Merespon tindakan mahasiswa tersebut bapak jokowi, merasa bangga dengan mahasiswa UMP yang melakukan perbuatan tersebut hingga beliau berkata:”Sopan banget ini”. Upaya tersebut mengundang banyak tanggapan positif dari para tamu dan hadirin yang hadir di acara tersebut.

Kini kita pahami jika mahasiswa UMP yang telah memiliki sikap sopan santun juga dapat menjadi perhatian jika kita memahami sikap sopan tersebut. Sikap sopan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan sehari-hari yang sering kali diabaikan. Meskipun terdengar sederhana, sikap sopan memiliki dampak besar dalam membentuk hubungan antar individu, baik dalam lingkup pribadi maupun sosial. Dalam era yang serba cepat dan dinamis seperti sekarang, di mana interaksi manusia semakin kompleks, sikap sopan menjadi kunci utama untuk menciptakan lingkungan yang harmonis dan penuh saling pengertian.

Mari bersama-sama merenung tentang bagaimana sikap sopan dapat menjadi kunci untuk membuka pintu keberhasilan dalam hubungan personal dan profesional. Dengan menerapkan sikap sopan dalam segala aspek kehidupan, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih ramah, saling mendukung, dan penuh dengan rasa saling menghargai. Dengan begitu, kita dapat membangun masyarakat yang lebih baik dan harmonis untuk generasi yang akan datang.

Upaya tersebut dengan cara: Pertama, Orang tua memberikan contoh-contoh penerapan perilaku sopan santun. Contoh merupakan alat pendidikan yang sekaligus dapat memberikan pengetahuan pada seseorang tentang makna dan implementasi dari sikap sopan santun itu sendiri. Kedua, Menanamkan sikap sopan santun melalui pembiasaan. Seseorang dibiasakan bersikap sopan dalam kehidupan sehari hari baik dalam bergaul dalam satu keluarga maupun dengan lingkungan. Ketiga, Menanamkan sikap sopan santun sejak dini akan berkembang menjadi pribadi yang dapat bergaul  dengan siapa saja dan selalu dapat menempatkan dirinya dalam suasana apapun. Sehingga sikap ini dapat dijadikan bekal awal dalam membina karakter individu yang berkualitas.

Shibyan Heryawan (Mahasiswa Pendidikan Agama Islam UMP dan Program Fastrack Magister Pendidikan Agama Islam)




1 Komentar

Lebih baru Lebih lama