Jalan Menjadi Wirausahawan Sukses

Salah satu cara untuk menjadi pelaku wirausaha yang sukses  adalah dengan terus belajar. Belajar dari kisah para pelaku wirausaha sukses adalah salah satu bentuk belajar tersebut. Dengan mempelajari kisah-kisah mereka, kamu akan belajar banyak hal, mulai dari datangnya ide sebuah usaha, serta beberapa hal penting yang harus kamu punya bila ingin menjadi seorang pelaku wirausaha sukses.

Berwirausaha adalah suatu hal yang menantang karna keberanian yang sangat besar harus dipersiapkan dengan matang untuk memulainya, berbicara mengenai wirausaha tidak sedikit orang yang pesimis. Terlalu banyak berpikir ini-itu dan menimbang untuk memulai berwirausaha. Takut gagal, takut rugi, takut resikonya. Kebanyakan dari mereka pula beralasan tidak punya modal atau kekurangan modal. Padahal untuk mulai berwirausaha tidak perlu modal besar.

Memulai usaha dari nol saya lihat langsung dari orang tua saya, pada saat itu ibu saya mulai membuka usaha hanya dengan berdagang makanan dengan membuka lapak kecil-kecilan dirumah, karna semakin lama pelanggannya semakin banyak ibu saya akhirnya membuka warung di depan rumah, tidak mulus-mulus saja, hal yang dialami oleh kebanyakan pedagang lainnya juga dialami oleh ibu saya, seperti sepinya pelanggan, besarnya pengeluaran untuk modal, dan persaingan dengan pedagang-pedagang makanan lainnya.

Di sini mental sebagai seorang wirausaha mulai di uji dan dibentuk, karna ibu saya memiliki prinsip dan tujuan yang kuat dari awal, usaha itu pun terus berlanjut hingga sekarang, ibu saya berjuang memajukan dan mengumpulkan modal untuk terus merintis dan akhirnya sekarang telah membuka sebuah cafe dengan nuansa milenial dengan menu makanan dan minuman yang bervariasi, lebih menariknya lagi hal ini menjadi peluang untuk bekerja juga bagi orang lain.

Disini pola pikir kreatif berperan besar. Merintis usaha atau bisnis sendiri bagi sebagian besar orang adalah hal yang sangat menakutkan. Banyak yang berfikir bahwa menjadi pedagang atau wirausaha sangat beresiko tinggi (mengalami kerugian, bangkrut dan sebagainya), sedangkan menjadi seorang pekerja sangat kecil resiko yang akan dihadapi. Tetapi kalau kita pikirkan lagi sebenarnya menjadi pegawai juga beresiko tinggi, seperti: PHK, Pemotongan gaji, pensiun, minimnya gaji yang diperoleh, dan sebagainya.

Menjadi wirausahawan jelas beresiko tinggi tetapi hal itu seimbang dengan apa yang akan diperoleh dari hasil berwirausaha yang mungkin jika berhasil dan sukses akan memperoleh pendapatan dan penghasilan yang sangat menggiurkan. Keberhasilan menjadi wirausaha berkaitan erat dengan kecerdasan dan kecakapan emosi seseorang, oleh karena itu, untuk menjadi seorang wirausaha sukses diperlukan kecerdasan intrapersonal (kecakapan pribadi) dan kecerdasan interpersonal (kecakapan sosial). Kecerdasan interpersonal dan intrapersonal pada prakteknya dikaitkan dengan melakukan langkah survei dan riset pasar yakni mengetahui keinginan, kebutuhan, dan persepsi segmen pasar yang ingin dibidik dan mengkaji kemungkinan memperoleh keuntungan dari segmen pasar tersebut. Jadi cara yang tepat untuk memilih bidang usaha yang sesuai dengan situasi, kondisi, dan kemampuan pribadi dapat dilakukan dengan dua cara.

Pertama gunakanlah kecerdasan intrapersonal dan kecakapan pribadi yang kita punya. Ketahuilah secara pasti apa produk atau jasa yang dapat kita tawarkan kepada orang lain yang sesuai dengan minat, bakat, dan hobi kita. Kedua, gunakanlah kecerdasan interpersonal dan kecakapan sosial kita untuk berempati, memahami kebutuhan, keinginan, kepentingan, dan permasalahan segmen pasar tertentu. Langkah yang dapat diambil yaitu mengunjungi pasar-pasar tradisional dan modern, atau menghadiri pameran-pameran, mewancarai orang-orang yang menurut pendapat kita dapat memberikan saran dan masukan bagi usaha.

Keberhasilan seorang wirausaha disebabkan oleh beberapa hal yaitu Kerja keras dan ketekunan. Memiliki sikap serius, kerja keras dan tekun merupakan poin penting yang mendukung keberhasilan kewirausahaan, baik untuk usaha kecil maupun usaha besar. Keseriusan akan membawa pada kerja keras, karena setiap orang pasti menginginkan hasil yang maksimal berupa keberhasilan. Selain kerja keras juga kerja cerdas, “work hard and work smart maksudnya semua yang dikerjakan harus terstruktur dengan tujuan yang jelas pula agar kemudian seluruh kerja bisa dievaluasi.

Kemudian sikap all out yaitu Memiliki sikap mental yang “habis-habisan” artinya berusaha semaksimal mungkin, dan tidak cepat menyerah pada keadaan, terutama pada tahun-tahun awal usaha tersebut didirikan. Selanjutnya adalah Inovatif dan kreatif. Sikap kritis atas lingkungan sekitar akan menciptakan ide-ide baru sehingga akan terbentuk sikap inovatif dan kreatif. Sehingga dengan kreativitasnya seorang wirausaha dapat mengembangkan usahanya. Berimajinasilah, ide-ide datang tanpa sengaja dan tanpa diduga-duga dari baca-baca buku ataupun mengamati sekeliling. Kita dapat menggunakan prinsip yang sudah banyak orang ketahui yakni A T M (Amati, Tiru, Modifikasi).

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan seseorang bila ingin memulai sebuah bisnisnya sendiri, yaitu: fokus pada apa yang akan dilakukan, melakukan business planmenciptakan image yang jelas atas produk yang dihasilkan, melakukan survei atas kebutuhan dan permintaan pasar, melindungi hak cipta, berpikir positif tentang bisnisnya, berpikir terbuka atas ide-ide baru, menciptakan strategi pemasaran yang tepat, menentukan harga yang tepat. Dengan kewirausahaan, dapat menciptakan lowongan pekerjaan baru bagi masyarakat. Dengan meningkatnya penciptaan peluang atau lapangan pekerjaan baru akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara.    

Penulis : Delia Rahma Putri (mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



21 Komentar

  1. Fikri Mauluda,
    Tulisan ini sangat membuka mata saya yang sedang bingung akan memulai bisnis dari mana, karena nyatanya memulai bisnis tidak semudah yang dibayangkan, ketika sudah siap memulai ada saja hal-hal yang membuat saya mundur, mungkin karena kurangnya persiapan. Dengan membaca tulisan ini saya sadar beberapa.kekurangan saya. Terimakasih penulis

    BalasHapus
  2. Saya Siti Muamalah setuju dengan opini Delia Rahma Putri bahwa jalan menjadi wirausahawan sukses salah satu utamanya pada kepercayaan diri dan atau akan usahanya sendiri. Apapun yang terjadi ke depan tetap tanamkan pola pikir bahwa "Aku bisa melewati dan I can be one of the successful entrepreneurs in the world no matter what happens". yap! menjadi wirausahawan seperti profesi lainnya pun pasti ditemukan problematika, oleh karenanya seorang wirausahawan dituntut memiliki dan selalu mengasah pola pikir kreatif dalam berwirausaha, contohnya dengan melakukan modifikasi dan atau berinovasi membuat usaha yang orisinil yang disesuaikan dengan tren usaha yang ada saat ini. Kemudian yang tak kalah penting dalam berwirausaha, seperti yang telah disebutkan oleh Delia bahwa kecakapan pribadi dan kecakapan sosial perlu dimiliki oleh seorang wirausahawan. Hal tersebut menjadi ilmu dasar untuk menuju jalan sukses sebagai wirausahawan, karena dengan itu di awal seorang calon wirausahawan dapat mengenali pasar, target pasar, menyusun strategi terkait usahanya, mengetahui kemungkingan - kemungkinan problem yang akan dihadapi ke depannya, dan solusi mungkin untuk mengatasinya. Sehingga, ia akan siap sigap dan kuat mental dalam menjalankan usahanya hingga benar-benar mencapai jalan menjadi wirausahawan yang sukses.

    BalasHapus
  3. Siti Izatul Mardiyah
    Saya setuju dengan penulis bahwa jika ingin menjadi wirausahawan yang sukses maka harus banyak belajar dari orang yang sudah memiliki oengalaman dalam berwirausaha. Dari mereka kita tau bahwa untuk menjadi wirausaha yang sukses itu tidak mudah. Harus melalui beberapa tahap. Dalamberwirausaha juga kita harus berfikir postif bahwa usaha yang kita rintis yang kita buat pasti akan berhasil dan sukses.

    BalasHapus
  4. Nama: Dika Nur Cahyono
    Nim: 1906010001
    Menurut saya, artikel ini benar dan relate dengan wirausaha yang baru memulai itu haruslah belajar, belajar dari orang sebelum kita yang sudah sukses menjadi wirausahawan, dengan begitu kita bisa melihatnya menjadi sebuah ide maupun peluang untuk mendapatkan suatu rencana yang akan dilakukan dimasa datang. Mental menjadi wirausaha juga tidak kalah penting sesuai yang disebutkan artikel diatas, karena dalam berwirausaha itu memiliki peluang dan juga resiko, ada untung dan ada rugi, jadi bagaimana seorang wirausaha bisa menghadapi jikalau usahanya tersebut itu dalam keadaan rugi.

    BalasHapus
  5. opini diatas menurut saya bagus untuk gambaran orang yang ingin berwirausaha, dimana dijelaskan gambaran gimana orang yang terjun ke dunia wirausaha, yg dimana mentalnya diuji, dan menurut saya setiap orang harus mencoba wirausaha agar mendapat pengalaman baru. karena berwirausaha memang melatih diri untuk bertawakal kepada Allah

    BalasHapus
  6. Hafizh 'Izzuddin

    Berwirausaha memang bukanlah perkara yang mudah. Namun didalamnya harus memiliki sebuah keniatan dan keberanian yang ditanamkan pada dirinya sendiri. Apa yang disampaikan penulis saya sangat setuju, berwirausaha harus tampil all out atau mengerahkan seluruh kemampuannya guna mencapai impiannya tersebut.

    BalasHapus
  7. Bimo Satrio
    Menjadi seorang Wirausahawan harus memiliki etos kerja yang tinggi dan ilmu yang banyak sebagai bekal untuk menghadapi masalah yang ada. Karena pada sejatinya ada juga yang bilang bahwa menjadi pengusaha itu pasti akan rugi namun resikonya kaya, jadi kita juga harus belajar mengenai manajemen kerugian dan keuangan kita

    BalasHapus
  8. Menjadi wirausahawan harus mempunyai tekad niat, kemudian modal, ide kreatif.

    BalasHapus
  9. Hamnah Amalia Syahidah (1906010004). Saya sependapat dengan pernyataan opini di atas, bahwa keberhasilan menjadi wirausaha berkaitan erat dengan kecerdasan dan kecakapan emosi seseorang. Oleh karena itu, untuk menjadi seorang wirausaha sukses diperlukan kecerdasan intrapersonal (kecakapan pribadi) yang kita punya dan kecerdasan interpersonal (kecakapan sosial) kita untuk berempati, memahami kebutuhan, keinginan, kepentingan, dan permasalahan segmen pasar tertentu.
    Kemudian, keberhasilan seorang wirausaha disebabkan oleh beberapa hal yaitu yang pertama memiliki sikap kerja keras, serius dan ketekunan. Kedua, memiliki sikap all out yakni berusaha semaksimal mungkin dan tidak cepat menyerah pada keadaan, terutama pada tahun-tahun awal usaha tersebut didirikan. Ketiga, memiliki sikap inovatif dan kreatif.

    BalasHapus
  10. Nur khasanah Atiko,
    Saya sangat setuju apa lagi
    Berwirausaha memang memiliki banyak kemungkinan, ketika kita ingin menjadi wirausahawan juga siap untuk ambil semua resiko untung dan rugi, siap mental untuk sabar dengan siklus pemasaran dan kita juga harus inovatif ketika mengeluarkan produk yang akan dibuat

    BalasHapus
  11. Nama : Dimas Karindra Anggerio

    Menjadi seorang wirausahawan adalah hal gampang-gampang susah. Karena seorang wirausahawan ini haruslah orang yg kreatif, yg pandai melihat prospek lingkungan sekitar dan juga melihat potensi pasar. Karena jika seorang wirausahawan tidak kreatif dan tidak bisa melihat peluang, maka akan tertinggal dengan wirausahawan yang lain. Wirausahawan juga haruslan orang yang tekun, karena biasanya seorang wirausahawan itu tidak langsunh terlihat hasilnya. Harus ulet dan tekun dalam bisnisnya agar hasilnya adalah kesuksesan.

    BalasHapus
  12. Ayu Sadewi 2006010093
    Kisah inspiratif yang tetruang dalam sebuah tulisan. Sangat memotivasi bagi siapapun termasuk saya untuk berani memulai sebuah usaha. Penyajian tulisan dengan disertai tips bagi kami yang ingin memulai sebuah usaha. Satu kalimat yang amat membuat terpukau adalah "Work Hard and Work Smart". Semoga kelak ketika kita akan berwirausaha semakin yakin dan terus belajar dari berbagai sisi.

    BalasHapus
  13. Saya Hasna'Rizqia Achmada, NIM 2006010023
    Setuju dengan artikel yang ditulis oleh penulis terkait menjadi wirausaha yang sukses haruslah dilakukan dengan semangat yang tinggi dan terus belajar, disamping dengan adanya jiwa berwirausaha dan memiliki semangat yang tinggi. Seorang wirausaha haruslah mempunyai ide ide kreatif dan inovatif agar dapat mengembangkan usahanya lebih maju lagi

    BalasHapus
  14. Mundzirin. Banyak jalan untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses. Menjadi seorang wirausaha yang sukses tidaklah mudah harus merintis dari nol. Untuk mejadi wirausaha yang sukses harus banyak belajar dari orang orang yang sudah memiliki banyak pengalaman. Keberhasilan dari berwirausaha dapat dilihat dari orang tersebut tersendiri, dari kerja kerasnya, dari keuletannya dan kesabaranya. Setiap usaha tidak akan menghianati hasil

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Tetaplah berpikir positif dalam berwirausaha seraya terus berusaha dan berdoa. Karna kita tidak tau takdir akan membawa kita. Seraya berdoa dan berusaha makan usaha kita akan diridhoi oleh allah swt dalam segala urusannya, banyak hal yang harus diperbaiki dalam memulai usaha tidak hanya sekedar modal tetapi juga kesiapan mental dalam menjalankan usaha. Jangan menjadikan uang sebagai patokan dan tujuan dalam berwirausaha. Tapi selalu berusahalah memberikan manfaat kepada orang banyak dalam berwirausaha.

    Ruhul Hafizh riyadh
    1906010091

    BalasHapus
  17. Nur Rohmah. Bagi orang yang sedang menjalani usaha dari nol memang harus mempunyai mental yang sangat kuat agar ketika banyak permasalahan yang datang dia tidak mudah untuk menyerah. Bagi seorang pengusaha harus bekerja keras dan ketekunan. Memiliki sikap serius, kerja keras dan tekun merupakan poin penting yang mendukung keberhasilan kewirausahaan.

    BalasHapus
  18. Ardi Bagus Prasojo
    Saya sangat setuju dengan artikel ini. Jiwa berwirausaha itu dibentuk bukan bimsalabim melainkan butuh proses gagal, jatuh dll yang membuat kita banhak pelajar dalam verwirausahan

    BalasHapus
  19. Apri Auliya Rosyada
    karena itu, untuk menjadi seorang wirausaha sukses diperlukan kecerdasan intrapersonal (kecakapan pribadi) dan kecerdasan interpersonal (kecakapan sosial).
    Kerja keras dan ketekunan, Sikap all out, Inovatif dan kreatif

    BalasHapus
  20. Irfa Umi Chasanati
    (1906010074)

    Benar apa yang telah di paparkan pada artikel diatas bahwasanya berwirausaha tidak harus dengan modal yang sangat besar, karena dengan modal yang sedikit ataupun bisa di artikan dengan kata cukup, pasti kita bisa memulai usaha. Dan jika sudah ada modal pastikan kita sudah mempunyai pikiran tentang apa yang akan kita usahakan.
    Dengan berwirausaha kita juga tidak boleh pesimis ataupun akan takut dengan bagaimana nanti kedepannya. Sebagai berwirausaha kita harus selalu berkerja keras dan selalu berusaha dengan apa yang akan kita usahakan untuk ke depannya nanti.
    Bekerja keras, berusaha, optimis, berdo'a kepada Allah SWT.

    BalasHapus
  21. Memang menjadi wirausahawan yang sukses bukanlah hal yang mudah terutama di masa muda. Namun dengan memperhatikan langkah- langkah dan mempunyai tekad yang kuat dan berani melangkah, Pasti kita bisa menuai keberhasilan itu

    Teruslah berkarya anak bangsa dan optimis lah dalam setiap langkahmu. Karena ada dua jenis anak muda di dunia, mereka yang menuntut perubahan, dan mereka yang menciptakan perubahan :)

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama