Kiat-Kiat Berwirausaha

Kewirausahaan merupakan suatu kegiatan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, kreatif dan inovatif agar bisa bernilai tambah dalam perekonomian dan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Seorang wirausahawan dituntut agar menjalankan suatu usahanya dengan baik dan penuh tanggungjawab agar dapat mencapai target dan tujuan yang telah di tentukan oleh seorang wirausahawan. Selain itu seorang wirausahawan juga harus memiliki sikap dan mental pantang menyerah, penuh semangat dan bekerja keras. Seorang wirausahawan harus memiliki komitmen yang tinggi dalam melakukan pekerjaan dan tanggungjawabnya.

Seorang wirausaha dituntut untuk memiliki komitmen untuk mendapatkan hasil usaha yang maksimal , dengan adanya komitmen dapat meningkatkan rasa percaya diri , dengan percaya diri wirausaha akan menjadi lebih maju dan semangat kerja semakin meningkat yang akan menyebabkan penjualan semakin meningkat , usaha terus berkembang , dan tujuan perusahaan pun akan segera tercapai. Komitmen dalam berwirausaha memiliki peranan penting dalam berlangsungnya sebuah usaha yang dijalankan dalam berwirausaha . Komitmen dapat terbentuk dari sebuah pengalaman dan pendidikan serta dukuan dari seseorang dan juga dukungan dari lingkuan sekitar. Komitmen pun bisa muncul dari adanya dukungan pasar ,dimana permintaan pasar dapat mendorong pengusaha untuk memproduksi suatu barang atau jasa dengan adanya permintaan pasar. Komitmen dapat mengantar seseorang untuk mencapai tujuan yang sudah diterapkan karena komitmen tersebut sangat mempengaruhi  semangat kerja karyawannya untuk terus bertahan dalam mencapai tujuan tersebut. Dengan adanya suatu komitmen kinerja perusahaan akan lebih cepat tercapai sesuai dengan apa yang sudah diterapkan.

Apabila komitmen dalam diri sudah bisa diterapkan setelah itu untuk keberlanjutan dalam bisnis komitmen terhadap konsumen juga harus di perhatikan untuk menjaga pelayanan yang akan mengakibatkan kepuasan konsumen untuk  keberlangsungan bisnisnya. Seorang wirausahawan juga harus menjaga komitmen dengan konsumen misalnya dengan menjaga kualitas produknya dengan baik , memberikan harga yang sesuai dengan kesepakatan , mengirimkan produk dengan tepat waktu ,dan menyelesaikan masalah yang terjadi antar konsumen dengan baik dan bijak sehingga dengan selalu berkomitmen melakukan sesuatu dengan baik dan terencana kita akan mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari konsumen dan bisnis kita akan mendapatkan kepercayaaan dari nama baik di mata para konsumen dan dampaknya pun dapat meninggkatkan suatu usaha sehingga tujuan perusahaan tercapai.

Kekuatan pribadi seorang wirausahawan sangat diperlukan untuk membangun suatu komitmen dalam berwirausaha antara lain :

Kesabaran dan ketabahan

Dalam membangun sebuah bisnis seorang wirausahawan harus bersikap sabar karena tidak selamanya bisnis akan berjalan dengan lancar dan sesuai harapan kita , banyak orang gagal bisnis karena kurangnya kesabaran dalam menghadapi suatu kondisi yang ada seperti menghadapi konsumen dengan berbagai karakter dan tipe , menghadapi kerugian dan masih banyak lagi masalah yang terjadi dalam suatu bisnis yang sedang berjalan maupun sedang dibangun. Dengan kita bersabar dan berlapang dada maka komitmen kita akan tercapai , sabar disini berarti kita harus tetap berusaha dalam mewujudkan dan memperbaiki keadaan untuk mencapai suatu tujuan yang sudah ditetapkan.

Kebersamaan

Dalam bisnis yang dijalankan , dengan adanya kebersamaan komitmen akan tercapai karena dengan kebersamaan akan membutuhkan semangat untuk mewujudkan komitmen bersama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Ketahanan mental dan fisik

Mental seorang wirausahawan harus di pupuk. Mental dalam menjaga komitmennya dari awal sejak menjalankan bisnisnya , menjaga bisnisnya agar tetap bertahan dan berkembang dan juga tetap eksis.

Kemampuan berpikir

Kemampuan berpikir seorang wirausaha harus tetap digunakan dan perlu ditingkatkan untuk bisa menyelesaikan masalah yang timbul dan pengambilan keputusan harus dipikir secara nalar yang baik , sehingga memutuskan suatu masalah sudah dipertimbangkan benar-benar

Tanpa usaha yang sungguh-sungguh dan komitmen yang tinggi, bisnis tidak akan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan, karena itulah komitmen sangat penting dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Adapun penerapan komitmen dalam  berwirausaha sebagai berikut:

Menerapkan perilaku tepat waktu

Dengan memanfaatkan dan mengatur waktu dengan baik. Sebagai seorang wirausahawan kita harus memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk mencapai segala tujuan yang sudah kita rencanakan , dengan kita memanfaatkan waktu secara maksimal, maka waktu yang ada tidak terbuang sia-sia karena akan menimbulkan kerugian. Waktu bagi seorang wirausahawan sangat bernilai bahkan bisa dinilai dengan uang.

Menerapkan perilaku tepat janji

Seorang wirausahawan harus menerapkan perilaku menepati janjinya , karena itu akan sangat berpengaruh bagi kepercayaan konsumen, masyarakat , dan rekan bisnis.

Menerapkan kepedulian mental dalam bentuk hasil kerja, penampilan dan kinerja lainnya

Hal-hal tersebut harus diperhatikan oleh seorang wirausaha , karena sangat erat berkaitan dengan keputusan para konsumen. Para pelaku bisnis harus menciptakan suatu produk yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan para konsumen tersebut.

Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri

Seorang pembisnis harus memiliki keuletan , kedisiplinan, dan kerja sama untuk menerapkan komitmen yang tinggi.

Komitmen merupakan kunci usaha  menuju kesuksesan. Dengan adanya komitmen yang tinggi seorang wirausahawan yang selalu berpegang teguh dan menjaga komitmennya terhadap konsumen akan memiliki nama baik dan akan terus mendapat kepercayaan dari konsumen. Dan untuk membangun komitmen yang tinggi seorang wirausahawan harus mempunyai sikap kesabaran , kebersamaan ,ketahanan mental dan fisik yang tinggi serta kemampuan berpikir yang baik. Tanpa usaha yag sungguh-sungguh maka komitmen seorang wirausaha tidak akan berhasil dan akan menemui kegagalan karena itulah komitmen sangat penting dan mutlak dimiliki bagi seorang wirausaha untuk mendapatkan tujuan yang sudah ditentukan.

Dengan adanya komitmen tinggi akan membawa kesuksesan dalam berwirausaha. Muncul pertanyaan mengapa komitmen itu sangat diperlukan dalam menjalankan wirausaha. Sebenarnya pada saat kita sudah berniat dan memutuskan untuk menjalankan sebuah usaha , itu merupakan suatu komitmen yang kita dilakukan karena secara tidak langsung kita sudah berjanji dalam diri sendiri untuk melakukan suatu usaha. Dengan adanya komitmen pula usaha akan berjalan dengan lancar dan maksimal. Dengan adanya komitmen di mulai dari diri kita sendiri dan komitmen itu sangat berpengaruh terhadap peningkatan kinerja kerja karyawan. Karena komitmen merupakan dorongan setiap individu dalam melakukan segala sesuatu untuk mencapai tujuan yang sudah diterapkan sebelumnya. Seorang wirausaha juga harus terus meningkatkan komitmen yang tinggi dalam segala kegiatan apapun khususnya berwirausaha.

Samaudri Lillahi (mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto



2 Komentar

Lebih baru Lebih lama