Mahasiswa : Jangan Takut Memulai Wirausaha

Memulai usaha bukanlah suatu yang mudah untuk di jalankan. Namun bukan juga hal sulit untuk di jalani. Berwirausaha merupakan suatu usaha untuk mengarahkan kemampuan dalam memanfaatkan peluang berusaha secara mandiri tanpa bergantung semua kepada pemerintah. Wirausaha merupakan salah satu profesi atau pekerjaan yang membutuhkan modal maupun strategi kreatif. Sebagai ajaran yang mengajarkan berhubungan dengan dunia dan akhirat, islam telah menyebutkan bahwa bekerja (berwirausaha) merupakan pekerjaan yang mulia. Dalam beberapa ayat al qur’an dan hadits di temukan penjelasan tentang urgensi (fadila) wirausaha. Seperti ayat dan hadits berikut ini:

Dan Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba…(Al Baqarah ayat 2:275) dan dilanjutkan ayat yang lain yaitu: apabila salat telah di tunaikan, maka bertebarlah di muka bumi, carilah karunia Allah (Al jumuah ayat 10:60).

Dialah yang menjadikan bumi untuk kamu yang mudah untuk di jelajahi, maka jelajahilah di segala penjurunya dan makanlah sebagaian dari rezekinya. Dan hanya kepada-Nya lah kamu di bangkitkan. (Al mulk ayat 15:67).

Ayat-ayat Al qur’an maupun hadits di atas merupakan anjuran bagi manusia agar berusaha yakin melalui pekerjaan wirausaha dengan berbagai macam nya. Wirausaha tidak hanya berkaitan dengan kegiatan perdagangan saja, namun menyangkut aktivitas lain yang berhubungan dengan upaya meraih rezeki secara mandiri, kreatif dan inovatif.

Salah satu hal yang perlu di lakukan mahasiswa dalam melakukan perubahan adalah menjadi pelaku usaha atau pengusaha. Menjadi wirausaha muda merupakan kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa di tengah persaingan kerja yang semakin sulit dan sempitnya lapangan kerja yang tersedia. Berwirausaha perlu dijadikan prioritas utama mahasiswa di samping prioritas keilmuan yang dikuasai dan dikembangkan.  Dalam berwirausaha dibutuhkan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, inovatif dan kreatif.berbagai macam usaha yang dapat dijadikan pilihan dana alternatif. Berwirausaha juga perlu memperhatikan situasi, kondisi yang berkembang guna mengantisipasi dan merumuskan strategi usaha yang efektif.

Kendala berwirausaha bagi mahasiswa menjadi hambatan dalam memulai dan berwirausaha adalah modal. Namun permasalahan modal (finansial) pada dasarnya bisa di atasi dengan berbagai upaya, di antaranya modal keluarga, mengajukan pinjaman ke bank atau Lembaga keuangan, bantuan pihak kampus maupun pemerintah. Kendala berwirausaha sebenarnya ada di sikap mental. Seringkali calon wirausaha muda (mahasiwa) beranggapan bahwa minimnya pengalaman, takut merugi, kurang pede, menejeman waktu dan lain-lain, menajadi alasan untuk tidak berwirausaha. Bagi mereka hanya fokus belajar saja di perguruan tinggi.

Sikap seperti inilah yang membuat dan menjadi kendala menciptakan wirausaha baru. Sebenarnya prospek mahasiswa dalam berwirausaha sangatlah besar dan potensial. Bisa di bayangkan Ketika mahasiswa dalam sebuah PT memiliki relasi yang cukup baik dari kalangan mahasiswa, karyawan/dosen hingga masyarakat sekitar. Hal ini sangat kurang di sadari.

Image mahasiswa sebagai wirausaha nampaknya tidak begitu akrab di telinga civilis akademik maupun masyarakat awam.mahasiswa sudah terlanjur di cap sebagai kaum intelek, terdidik, aktivitas. Gambaran diri mahasiswa sebagai pengusaha masih asing terdengar di masyarakat. Namun secara perlahan image tersebut mulai berubah. Saat ini ada kecenderungan bagaimana menyiapkan mental dan keterampilan mahasiswa (alumni) agar tidak hanya bergantung penuh pada lapangan kerja yang telah ada.

Mencermati hal demikian, pemerintah juga ada di dunia Pendidikan perlu mendorong mahasiswa guna mengembangkan potensi kepemimpinan (leadership), manajerial, intelektual dalam berwirausaha. Berbagai kompetisi seperti bantuan modal, kerja sama, magang , kunjungan seminar dan kegiatan yang berkaitan dengan dunia wirausaha perlu ditekankan guna menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran berwirausaha.

Sebagai insan terdidik, mahasiswa juga perlu memperhatikan dan bertanggung jawab sebagai mahasiswa agar tidak tenggelam dalam zona nyaman sebagai wirausaha. Mahasiswa, sebagai kaum intelek dan agen perubahan, di tuntut tidak hanya sebagai insan yang mandiri dengan keunggulan ilmu yang di kuasainya, namun di tuntut menjadi pelaku perubahan. Bahwa pengenmbangan sikap mental mahsiswa untuk berwirausaha sangatlah penting karena akan dapat merubah pola pikir dan pencari menjadi pencipta pekerjaan sehingga dapat mengurangi permasalahan di negara ini seperti: kemiskinan, pengangguran, pertumbuhan ekonomi rendah, keterbelakangan.

Masa krisis bukan menjadikan alasan kita sebagai mahasiswa untuk tidak bersemangat membangun sebuah wirausaha. Melainkan kita di tantang untuk berinovasi serta beraktifitas sebaik mungkin, memanfaatkan teknologi digital tentunya memaksimalkan peluang yang ada di depan mata kita. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai ide awal untuk membuka usaha yang orientasinya pada keuntungan dan dapat memberikan jalan alternatif kepada masyarakat setelah mengalami krisis. Sebagai contoh sejumlah bisnis wirausaha yang muncul akibat pandemi covid seperti bisnis digital,freelance, jasa ekspedisi, Kesehatan dan lain-lain. Bagi masyarakat kau manak muda merupakan saat yang tepat untuk berwirausaha karena semua faktor penunjang sudah di  mudahkan lewat teknologi saat ini Dengan demikian minat mahasiswa terhadap kewirausahan semakin besar harus mampu dikelola dengan sangat baik ada nya mata kuliah tentang kewirausahan dan program-program yang menyangkut tentang wirausaha mendukung bekal mahasiswa karena di mata kuliah wirausaha mencakup banyak hal seperti kreatifitas, kepemimpinan.

Jadi jangan takut untuk memulai berwirausaha jalanin saja dulu, jatuh bangun sudah biasa dalam dunia berwirausaha. Kalua gagal di coba lagi dan lagi. Untuk mencapai sebuah kesuksesan tidak bisa instan, butuh proses dan perjalan yang Panjang. Selalu berfikiran positif agar kita lebih semangat melakukan nya sebagai seorang wirausaha.

Penulis :  Rizki Putri Retno Winayu (mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



11 Komentar

  1. nama : Dedi Suwiryo
    NIM : 2106010010
    seringkali orang indonesia mulai wirausaha dengan bermodalkan nekat dan karena kebutuhan mendesak seperti tuntutan mertua, istri yang lagi hamil, anak yang sudah semakin besar butuh biaya besar tapi penghasilan belum ada tanpa strategi yang matang atau ilmu yang tepat sehingga membuka usaha mirip dengan usaha tetangga (saya mencoba menghitung pedagang mi ayam yang ada di sepanjang jalan dekat rumah saya... setiap 25 meter ada pedagang mi ayam). pada akhirnya timbul persaingan antar tentangga dengan harga yang murah, dengan mi ayamnya yang porsinya lebih banyak dan lain lain. sehingga salah satunya ada yang bangkrut atau tidak laku hal ini disebabkan karena minim bekal dari sekolah atau pemerintah yang menunjang pembelajaran wirausaha bukan disebabkan rasa takut untuk memulai usaha. juga manajemen dan pengorganisasian antara pengusaha yang belum optimal kasus yang menarik adalah warteg dan warung nasi padang di mana mereka manajemen dan pengorganisasian yang baik sehingga banyak yang nasi padang dan warteg tetap berdiri dan eksis di masa covid

    BalasHapus
  2. Dodi sukanto
    2006010107
    Artikel ini sangat bagus,semakin membuka wacana tentang wira usaha.saya sangat berharap semskin banyak artikel tentang wura usaha seperti ini sebagai bekal saat sudah mulsi terjuan di dunia usaha.

    BalasHapus
  3. Nama : Hasna'Rizqia Achmada
    NIM : 2006010023
    Dapat kita lihat bahwa pada saat ini banyak sekali orang baik dari kalangan mahasiswa, siswa ataupun ibu rumah tangga yang terjun dalam dunia kewirausahaan, entah mereka berwirausaha terkait makanan ataupun pakaian. Tetapi dengan hal tersebut pastinya orang yang berwirausaha itu membutuhkan sebuah modal baik dari modal yang kecil ataupun modal yang besar, itu tergantung dengan apa yang mereka akan berwirausaha..
    Banyak dari kalangan kita yang menjadi hambatan bagi mereka dalam berwirausaha yaitu modal, yang dimana modal ini dapat kita tangani dengan baik serta dapat kita atasi dengan cara kita bisa memilih berwirausaha sesuai dengan budget modal yang kita punya..
    Contohnya saja ketika kita sebagai seorang mahasiswa akan memulai suatu wirausaha apalagi kita masih dalam tahap pemula dalam berwirausaha, kita bisa mengambil suatu usaha yang sesuai dengan budget modal kita, kita bisa membuka suatu usaha seperti membuat bucket ketika acara wisuda dan kita jual, itu merupakan salah satu contoh berwirausaha untuk pemula.
    Jadi, sebagai mahasiswa kita jangan merasa malu untuk berwirausaha karena pada saat ini banyak sekali mahasiswa yang mereka kuliah sambil berwirausaha dan banyak dari sebagian mereka yang sudah sukses dengan usaha yang mereka buat dengan cara kerja keras mereka.
    Denga adanya kita mempunyai usaha sendiri kita juga dapat membantu perekonomian keluarga kita, dan dalam berwirausaha harus mempunyai sifat optimis, kerja keras, yakin dan tidak mudah cepat menyerah.. karena dalam berwirausaha tidak langsung sukses, tetapi kita harus melewati fase fase dalam berwirausaha

    Dan bagi saya, artikel yang ditulis oleh kak Rizki ini sangatlah bagus untuk mahasiswa, karena dengan artikel ini mahasiswa semakin percaya dan termotivasi untuk berwirausaha.

    BalasHapus
  4. Nama : Nur Rohmah
    Nim : 1906010038
    Berwirausaha pada usia muda sangatlah Bagus karena untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri kita berwirausaha juga mengajarkan semua arti kehidupan dimana sedang mengalami proses nya yang kadang naik turun. Bagi yang menjalani Berwirausaha harus memiliki rasa sabar yang amat kuat dan harus yakin pada diri sendiri bahwa saat kemudian kita akan maju. Saat menjalani usaha harus benar-benar disiapkan segala sesuatu nya yang penting persiapan setelah modal adalah persiapan mental. Mental kita harus kuat di saat usaha kita mengalami kesulitan pikiran harus fokus pada tujuan pertama tidak usah memikirkan hal hal yg belum tentu terjadi.

    BalasHapus
  5. Nama: Dika Nur Cahyono
    Nim: 1906010001
    menurut saya terkait artikel ini benar adanya karena didalam wirausaha tidak boleh takut untuk memulai, karena jika kita sudah takut sedari awal maka akan susah untuk memulai dan pada akhirnya malah sama sekali tidak mau terjun kedalam wirausaha. Mahasiswa yang memiliki waktu luang dan memiliki relasi yang banyak dengan mahasiswa lain bisa menjadi peluang bagi mereka untuk membuka usaha meskipun bermodalkan kecil. Didalam artikel ini menjelaskan mahasiswa haruslah bersemangat untuk memulai wirausaha, kita sebagai mahasiswa ditantang untuk menjadi wirausaha muda yang memiliki potensi mengelola usaha besar dimasa yang akan datang. Saya mengutip dari artikel ini bahwa jangan takut untuk memulai, mulailah saja dulu, masalah jatuh bangun dalam berwirausaha adalah hal yang biasa dan apabila ada kesulitan dan menemui kegagalan maka coba lagi, lagi dan lagi sampai sukses dan bisa.

    BalasHapus
  6. a : Umu Naifah
    Nim : 1906010006

    Artikel penulis bagus dan menginspirasi bahwa menjadi pengusaha awal khususnya mahasiswa jangan mudah terpatahkan dengan kata “nyerah” dan jangan terlalu tergiur dengan kata “instan”. Semua butuh proses dan harus dijalani, seperti kata penulis “jangan takut mulai untuk berwirausaha, jatuh bangun sudah biasa, kalau gagal coba lagi dan lagi”. Memang betul sikap mental dalam berwirausaha sangatlah penting, misalnya bagaimana kita menata mental ketika suatu produk tidak ada yang beli, menata mental untuk tidak minder atau malu untuk berjualan, hingga menata mental kalau usaha kita rugi. Berinovasi dan kreatif menjadi bagian dari sikap yang harus ada pada seorang pengusaha jika ingin terus berkembang. Karena di dunia wirausaha kita akan bersaing dengan satu sama lain. Apapun bentuk wirausahanya yang penting halal,jangan takut untuk memulai dan selalu berpikir positif. Orang orang sukses berwirausaha yang kita lihat sekarang, sudah mengalami jatuh bangun berkali-kali, masa yang baru sekali, duakali jatuh mau nyerah? (Hhee reminder)

    BalasHapus
  7. Nama : Rifki Putra Ramadhan
    Nim : 2006010081
    Artikel bagus dan menambah wawasan dan ilmu tentang kewirausahaan

    BalasHapus
  8. Puput Anggraini _200601063
    Jangan takut untuk berwirausaha. Kita harus menckbanya dulu, baru tahu hasilnya.. Jangan takut gagal

    BalasHapus
  9. Nama : Sania Ramadhani
    Nim : 1906010040
    Menurut saya artikel ini bagus untuk memberikan motivasi bagi yang ingin membuka usaha tetapi mereka takut untuk memulai karena hal-hal yang membuat mereka takut dan bingung sebelum memulai. apalagi bagi mahasiswa yang ingin kuliah sambil berwirausaha. Dengan adanya artikel ini mahasiswa bisa berfikir ulang bahwa tidak perlu takut untuk memulai usaha bagaimana dia mendapatkan modal untuk berwirausaha karena semua bisa didapat dengan bantuan keluarga, dan lainnya seperti disebutkan dalam artikel tersebut. Peluang besar pula bagi mahasiswa yang ingin berwirausaha karena di kampus sudah membekali dengan adanya mata kuliah kewirausahaan dimana di jelaskan bagaimana cara untuk berwirausaha dari mulai pemilihan produk sampai dengan branding kemasan dan pemasaran. Menurut saya ini sudah cukup untuk mempersiapkan mahasiswa berwirausaha baik ketika kuliah maupun setelah mereka lulus kuliah

    BalasHapus
  10. N. Al Ngizati Ngama Yasifah_2006040007
    Saya Termotivasi dalam tulisan ini mengingatkan kepada kita semua mulai saat ini kita sebagai mahasiswa seharusnya memulai untuk berwirausaha untuk menjadi pemuda pembisnis yang sukses. Manfaat yang diperoleh juga sangat banyak salah satunya kita bisa mandiri mendapatkan hasil dari keringat sendiri dan bisa menopang kehidupan sehari-hari. Apalagi untuk biaya kuliah yang elit. Perlunya kita berwirausaha apapun itu bentuknya asalkan kita menjadi sosok yang gigih pasti akan ada keberhasilan nya

    BalasHapus
  11. Nama: Dila Fitri Yanti
    NIM: 2219010024
    Waahhh, artikel ini sangat memotivasi saya untuk terus melanjutkan usaha yang pernah saya lakukan, tetapi saya pernah juga gagal karena costumer semakin hari semakin menghilang. Tetapi setelah saya baca artikel nya saya jadi termotivasi karena dalam usaha tidak ada yang selalu berhasil setiap saat pasti ada juga mengalami penurunan dan lewat itu bisa menjadikan kita lebih semangat lagi mencari apa yang kurang dari usaha yang kita bangun. Sehingga membuat kita lebih kreatif lagi untuk mengembangkan usaha yang memang ingin kita kembangkan walaupun harus merasakan penurunan disaat-saat usaha sedang menanjak tinggi terlebih dahulu. Terima kasih untuk artikelnya, saya harap lebih banyak lagi artikel yang memotivasi untuk kita semangat berwirausaha karena saya sangat suka dan senang berwirausaha, sehingga menjadikan kita anak muda yang kreatif dan inovatif. Sekian terima kasih 🙏

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama