Wirausaha di kalangan Mahasiswa

Untuk memajukan perekonomian Indonesia baik secara makro maupun mikro. terutama di perekonomian mikro atau kecil baik dari kalangan masyarakat bawah, menengah maupun masyarakat kalangan atas. Contoh untuk dikembangkan di dalam dunia Pendidikan kewirausahaan (KWU) adalah mengarah kepada peran usaha kecil dan menengah (UKM).

Pengertian Kewirausahaan sendiri itu identik baik berbisnis secara sendiri atau mandiri. Kewirausahaan mandiri di bagi dari dua suku kata ialah Wira dan Usaha. Wira mempunyai arti sebagai pejuang, jiwa patriottisme, manusia kreatik dan unggul, berakhlak agung nan indah, dan si pemberani mengambil resiko. Dari Usaha sendiri ialah mempunyai arti perbuata amal, tingkah laku yang berbuat sesuatu dan bekerja. Baik secara etimologi, Kewirausahaan itu sendiri mempunyai arti pejuang atau pahlawan yang berani membuat sesuatu untuk perubahan yang lebih baik.

Menurut pandangan ahli ekonomi, wirausahawan adalah ornga yang mengombinasikan faktor faktor produksi, seperti sumber daya alam, tenaga kerja atau sumber daya manusia, material, dan peralatan lainnya untuuk meingkatkan nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya. Pandangan ahli management wirausahawan adalah seseorang yang mempunyai kemampuan dalam menggunakan dan mengombinasikan berbagai sumber daya, seperti keuangan, bahan baku,tenaga kerja, keterampilan, dan informasi  untuk menghasilkan produk baru.

Pandangan Pelaku Bisnis wirausahawan adalah seseorang yang menciptakan suatu bisnis baru denga maksud untuk memperoleh keuntungan dan pertumbuhan, dengan cara mengidentifikasi peluang dan mengombinasikan berbagai sumber daya yang di perlukan untuk memanfaatkan peluang tersebut. Pandangan Pikolog wirausahawan adalah orang yang memiliki dorongan yag kuat dari dalam dirinya untuk memperoleh suatu tujuan, senang menguji coba atau melakukan eksperimen untuk menunjukan kebebasan dirinya diluar kekuasaan orang lain. Pandangan pemodal wirausahawan adalah orang yang menciptakan kesejahteraan untuk orang lain, menemukan car acara baru untuk menggunakan sumber daya, mengurangi pemborosan, dan membuka lapangan kerja yang disenangi oleh masyarakat.

Untuk mencapai keberhasilan berwirausaha akan tercapai apabila seseorang berpikir kreatif dan inovatif dalam menciptakan sesuatu yang lama dengan cara meperbarui dengan car acara baru. Baik dari berbagai  pandangan dan konsep  yang telah dikemukakan sebelumnya, ada beberapa yaitu enam hakikat penting dari kewirausahaan yaitu yang mencakup hal-hal berikut:

Kewirausahaan adalah sebuah proses kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda

Kewirausahaan adalah nilai yang di wujudka dalam prilaku, yang di jadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses dan hasil.

Kewirausahaan adalah proses penerapan kreatifvitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan atau usaha.

Kewiraushaan adalan nilai yang di perlukan untuk memulai dan mengembangkan usaha.

Kewirausahaan adalah proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru dan berbeda, yang dapat memberikan manfaat serta nilai lebih.

Kewirausahaan adalah usaha untuk menciptakan nilai tambah, dengan jalan mengkombenasikan berbagai sumber daya melalui cara cara baru dan berbeda, untuk memenangkan persaingan.

Usaha kecil dan menengah menjadi tujuan bagi mahasiswa untuk ber wirausaha, baik dari segi model dan pembelajarann di kembangkan dan dilaksanakan mudah di kalangan mahasiswa. Dan membuat mahasiswa yang mempunyai kemauan keras untuk mewujudkan inovatifnya kedalam dunia usaha yang nyata dan dapat mengembangkan secara utuh. Kreatifitas mahasiwa salah satunya dibidang kewirausahaan dapat didefinisikan sebagai kemampuan kreatif dan inovatif untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda, dapat dijadikan sebagai dasar sunber tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan perjuangan untuk menghadapi tantangan hidup dan usaha.

Sebagai wirausaha harus mempunyai sebuah karakter wirausahawan yang dapat di lihat  Dari berbagai aspek kepribadian, seperti watak, sikap, dan prilaku. Wirausahawan mempunyai ciri ciri meliputi 12 komponen penting yang tidak mudah menyerah, bekerja keras, percaya diri, berorientasi, pada hasil, berani mengambil resiko, mempunyai inisiatif dan mempunyai dorongan yang kuat untuk berprestasi, mempunyai kemampuan untuk belajar dari pengalaman, sanggup memotivasi diri sendiri, mempunyai semangat saling bersaing dan berorientasi pada masa depan, dan penuh dengan gagasan.

Dengan berwirausaha mahasiswa menciptakan binis baru dengan mengambil resiko atau ketidakpastian untuk memperoleh laba atau keuntungan, dengan melalui identifikasi peluang dan kesempatan yang ada serta memanfaatkan sumber daya yang diperlukan untuk berwirausaha. Untuk berwirausaha harus memiliki keberanian untuk mewujudkan ide bisnisnya menjadi tindakan nyata yang disertai Bersama kreativitas. Untuk kreativitas yang tinggi, baik wirausahawan yang menjalankan bisnisnya untuk memperbaiki kualitas atau standar hidup dan untuk membantu memenuhi kebutuhan orang lain. Dan seorang wirausahawan pada umumnya memiliki profil atau karakter yaitu:

Hasrat yang untuk bertanggung jawab. Seorang wirausahawan harus memiliki tanggung jawab yang sangat besar terhadap hasil atau usaha yang mereka jalankan, dan seorang wirausahawan harus focus untuk mengendalikan sumber dayanya untuk mencapai tujuan yang telah di rencanakan.

Suka akan resiko yang akan di hadapi yang tidak terlalu besar (kecil dan menegah). Seorang wirausahawan menjalankan bisnisnya dengan memperhitungkan resikonya yang bersedia untuk dipertanggung jawabnya. Dari hal ini seorang wirausahawan untuk menetapkan tujuan yang realistis dan dapat diraih.

Harus menyakini kemampuan untuk sukses. Untuk seorang wirausahawan untuk selalu optimis terhadap kemampunya dalam meraih kesuksesan. Dan seorang wirausahawan tidak disaran mengandalkan pada keberuntungan , dan harus percaya diri terhadap bisnis yang sedang di jalankannya bahwa membuahkan hasil.

Penulis : Farah Faradhila (mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto)




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama