Asik Dapet Duit

Uang atau yang biasa disebut duit, kata yang sudah tidak asing bagi manusia bahkan ada sebuah sebutan”uang bukan segalanya tapi segalanya pakai uang”.Menurut Rollin G. Thomas dalam buku Our Modern Banking and Monetary System (1942), uang adalah segala sesuatu yang siap sedia dan diterima secara umum untuk pembayaran barang, jasa, dan harta kekayaan lainnya, serta bisa dipakai pula buat pembayaran utang. Menurut Dennis H. Robertson dalam bukunya, Money (1922), definisi uang ialah segala sesuatu yang umum diterima dalam pembayaran barang-barang.

Dari beberapa pendapat para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa uang adalah alat pembayaran yang dapat digunakan dimana saja dan sangat penting bagi kehidupan manusia.

Berawal dari membutuhkan uang

Seorang akan berfikir bagaimana cara mendapatkan uang untuk kebutuhan sehari hari? Memiliki kemampuan mengolah bahan karena sering menonton you tube akhirnya muncul pemikiran untuk menuangkan ide ide kreatifnya dengan berwirausaha.

Kewirausahaan adalah proses mengidentifikasi, mengembangkaan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi resiko atau ketidakpastian. Namun jangan takut untuk memulai sebuah usaha, Karena dengan kita berani mencoba akan ada dua kemungkian yaitu gagal atau berhasil namun jika kita tidak berani melangkah sudah dikatakan bahwa kita gagal.

Tidak ada dosa bagimu untuk mencari karunia (rezeki hasil perniagaan) dari Tuhanmu. Maka apabila kamu telah bertolak dari 'Arafat, berdzikirlah kepada Allah di Masy'arilharam. Dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah sebagaimana yang ditunjukkan-Nya kepadamu; dan sesungguhnya kamu sebelum itu benar-benar termasuk orang-orang yang sesat. (Q.S. Al-Baqarah : 198).

Motivasi membangun niat

Apa yang akan kubuat? Terus berfikir tentang hal tersebut, memikirkan juga objek yang akan kita tuju. Aapakah akan laku? Pasti hal tersebut cukup membuat bimbang pada setiap orang akan memulai berwirausaha. “jualan bukan hal memalukan dan dapat dilakukan oleh semua orang namun tak semua orang mampu dan bertahan, tidak hanya keuntungan yang akan kita dapat namun juga pahala karena telah meneladani Rasulullah SAW” ujar ayah. Pemikiran mulai terbuka bahwa banyak orang berwirausaha dan sukses dimasa muda. Dari sini motivasi sudah mulai terbangun dan aku memutuskan untuk menjadikan remaja sebagai objek utama karena tingkat keinginan tinggi terpusat pada remaja.

Basreng, jananan ringan dan pedas menarik perhatianku, tidak butuh modal banyak dalam memulai hal itu karena basreng merupakan makanan ringan serta bahan bahannya pun mudah didapatkan.

Mulai berani untuk berusaha

Awal dari mulainya usaha selalu negative thinking tentang bagaimana kedepannya akan berlanjut atau tidak, diawali dengan menggunakan modal seadanya, bisa memproduksi dengan skala yang sangat kecil, menggunakan sistem PO (pre order) agar meminimalisir ketika barang tidak laku selain itu hal utamanya adalah kekurangan modal. Aku memanfaatkan social media sebagai alat akses penjualan yang sangat efektif, aku selalu membuat tampilan semenarik mungkin guna untuk meningkatkan daya tarik konsumen terhadap produk yang kita jual. Kami menggunakan social media seperti instagram, facebook, whats app, terutama tiktok yang sedang digandrungi semua orang dari yang muda sampai tua, setiap harinya aku selalu upload video seperti a day in my life dan lain sebagainya.

Apapun aku lakukan demi sebuah usaha meningkatkan daya tarik setiap orang yang melihatnya, dan timbul keinginan akhirnya memilih untuk membeli produk tersebut, tidak hanya tentang promosi namun aku juga memfasilitasi membayar melalui e-money seperti DANA, OVO, GOPAY, SHOPEEPAY, MOBILE BANKING maupun tunai, dengan berbagai ekspedisi jika ada kostumer luar daerah.

Segala sesuatu sudah aku fikirkan dan persiapkan dengan berbagai kemungkinan yang akan terjadi namun karena keterbatasan modal jadi mungkin belum begitu maksimal.

Perkembangan sebuah usaha

Alhamdulillah akun tik tok ku fyp sehingga memperluas jejaring,antusias terhadap produk semakin tinggi, tidak lupa aku menyediakan beberapa ukuran untuk besreng yang aku jual, dari mulai 50 gram, 75 gram, 100 gram hingga sampai 1000 gram/1 kg. untuk kalian kaum low butget atau yang mau coba coba bagaimana rasanya bisa banget. Seiring berjalannya waktu ada seorang costumer dari luar daerah memesan produkku, ia mengaku sebagai penanggung jawab dari sebuah PT besar didaerah tersebut tanpa lama langsung mengirimkan bukti payment selanjutnya dengan cepat kami proses untuk produksi basrengnya, dengan pesanan yang cukup banyak kami pun semangat karena telah dipercaya, produksi selesai lanjut packing dan langsung diambil kurir untuk segera dikirimkan.

Langit sudah mulai gelap, lelah sudah menghampiri setelah seharian bekerja, sebelum tidur disempatkan untuk menulis laporan keuangan didalam buku, betapa terkejutnya saat mengetahui bahwa kami ditipu oleh costumer yang mengaku dari sebuah PT besar tersebut dengan mengirimkan bukti transfer palsu dan keteledoran kami tidak mengecek terlebih dahulu, sedih pasti tp dengan hal ini kita dapat menjadikan pelajaran agar lebih berhati hati.

Tidak berhenti selalu berdoa kepada Allah SWT, dan benar Allah menjawab doaku dengan perkembangan yang sangat pesat sehingga sekarang sudah bisa memiliki toko offline dengan berbagai produksi basreng kami juga membuka untuk warga sekitar yang memiliki produk dagangan bisa dititpkan ditoko kami, tak berhenti mengucap Alhamdulillah bisa sampai dititik ini.

Penulis : Queen Azzahra (Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Metro)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama